Logo Bluprin Blog

Rumah Kubu Tropis - Arsitektur sebagai Branding

ARCHITECTURE - PROJECTS / 1 year ago / By DDAP Architect
ARCHITECTURE - PROJECTS / By DDAP Architect / 1 year ago

Rumah Kubu Tropis - Arsitektur sebagai Branding

Jika diterjemahkan secara langsung ke dalam bahasa Inggris, ‘Kubu Tropis’ memiliki arti ‘Tropical House’. Terkait dengan konsepnya, tantangan yang dihadapi di dalam proses desain proyek ini adalah bagaimana arsitektur dapat secara langsung menerjemahkan arti dari ‘Kubu Tropis’ itu sendiri ke dalam desain dan memanfaatkan arsitektur juga sebagai bagian dari branding.

Rumah Kubu Tropis

Foto: Eksterior 

Rumah Kubu Tropis

Foto: Teras Kamar

Arsitektur sebagai Branding

Dalam lingkup modern saat ini, Branding menjadi hal yang sangat penting, terutama untuk tujuan marketing. Dalam proyek ‘Kubu Tropis’ ini, branding tidak hanya akan diaplikasi pada digital branding saja, namun juga tercerminkan pada desain arsitektural bangunan. Sesederhana menerjemahkan “Kubu” dan “Tropis” ke dalam desain.

Rumah Kubu Tropis

Foto: Kamar Tidur

Rumah Kubu Tropis

Foto: Lampu Gantung Industrial

Artikel lainnya: Ahouse - Rumah Kontemporer Penarik Perhatian

Kubu = Home

Desain sebuah bangunan memiliki tipologi masing-masing, apakah desain bangunan tersebut terlihat seperti sebuah rumah, pabrik, kantor, sekolah, ataupun mal. Kami percaya bahwa interpretasi dari sebuah rumah bisa dilihat dari masa bangunan secara keseluruhan. Bentuk dari atap pelana dan jendela-jendela menjadi basis dasar dari bentuk sebuah rumah. Bentuk-bentuk ini sudah tertanam di dalam pikiran kita karena ini merupakan bentuk rumah yang kita gambar saat kita masih di usia kanak-kanak.

Rumah Kubu Tropis

Foto: Eksterior

Rumah Kubu Tropis

Foto: Kamar Tidur

Rumah Tropis

Kata tropis memiliki arti yang bermacam-macam. Di Indonesia, tropis itu sendiri dapat dibagi ke dalam beberapa daerah dan setiap tempat memiliki iklim yang berbeda. Desain ‘Kubu Tropis’ sendiri mengacu pada iklim lokasi bangunan itu berada, iklim tropis Bali. Penerapannya dapat dilihat pada teritis atap yang lebar untuk proteksi terhadap hujan, area teras yang semi-kering dan basah, bukaan jendela untuk pencahayaan alami, dan cross-ventilation untuk sirkulasi udara yang baik. Hal-hal tersebut menjadi kualitas dari desain ‘Kubu tropis’.

Rumah Kubu Tropis

Foto: Balkon Kamar

Rumah Kubu Tropis

Foto: Pencahayaan Alami Kamar Mandi 

Tentunya, di sini bisa dilihat bahwa arsitektur juga dapat menjadi sebuah branding dimana logo dari ‘Kubu tropis’ itu sendiri didasarkan pada bentuk dasar dari desain arsitekturnya.

Rumah Kubu Tropis

Foto: Taman Rumah

Project Infomation: KUBU TROPIS LODGE ACCOMODATION


Artikel Menarik Lainnya

TSDS Maker Space, Bengkel TSDS dengan Fasad Natural yang Sejuk

Di belakang area kantor TSDS di The Icon, sebuah massa bangunan seluas 132m2 berdiri beriringan dengan semilir angin, tarian untaian tanaman jalar dan suara gemeresik lebah sibuk menyerbuki bunga-bunga.  Tony Sofian, pemimpin TSDS Interior Architects mendirikan maker space ini untuk mendukung aktivitas berkreasi dari para desainernya. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

105 House, Karat sebagai Tampilan Fasad

105 House adalah sebuah bangunan yang berada di permukiman padat Kota Bandung. Dengan keterbatasan lahan, biaya dan kondisi lingkungan yang padat, bangunan ini menjadi harapan bagi pemilik untuk tinggal dengan nyaman dengan konsep yang sederhana. Luas lahan 105 m2 menjadi tapak didirikannya bangunan seluas 146 m2. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

M Boutique Hostel, Hotel Kapsul dengan Sentuhan Vintage

Deskripsi oleh Garis Miring Studio M Boutique Hostel dibangun mulai tahun 2014 dengan merenovasi dan mengalihfungsikan bangunan yang ada. Proses renovasi banguan ini tanpa mengubah massa dan struktur bangunan yang ada. Renovasi meliputi fasad bangunan serta fungsi-fungsi ruangan yang ada di dalamnya. Perubahan fungsi dari tempat tinggal menjadi banguan dengan fungsi penginapan komersil. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Rumah 3500 Milimeter, Solusi Desain dengan Lahan Terbatas

Rumah 3500 milimeter adalah sebuah rumah tinggal dengan luas lahan 56 m2 dan lebar lahan 3500 millimeter (3,5 meter) yang berlokasi di tengah kota Jakarta Selatan. Rumah dengan luas bangunan 100 m2 ini dibangun sebagai sebuah pencarian jawaban atas cara bertempat tinggal di tengah kota dengan berbagai keterbatasan dan tantangannya seperti biaya, size, waktu, dan peraturan. Abimantra Pradhana, arsitek dan pemilik rumah mendesain khusus untuk keluarga kecilnya yang terdiri dari sepasang suami-istri dan satu anak laki-laki.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago