Jika diterjemahkan secara langsung ke dalam bahasa Inggris, ‘Kubu Tropis’ memiliki arti ‘Tropical House’. Terkait dengan konsepnya, tantangan yang dihadapi di dalam proses desain proyek ini adalah bagaimana arsitektur dapat secara langsung menerjemahkan arti dari ‘Kubu Tropis’ itu sendiri ke dalam desain dan memanfaatkan arsitektur juga sebagai bagian dari branding.

Foto: Eksterior 

Foto: Teras Kamar

Arsitektur sebagai Branding

Dalam lingkup modern saat ini, Branding menjadi hal yang sangat penting, terutama untuk tujuan marketing. Dalam proyek ‘Kubu Tropis’ ini, branding tidak hanya akan diaplikasi pada digital branding saja, namun juga tercerminkan pada desain arsitektural bangunan. Sesederhana menerjemahkan “Kubu” dan “Tropis” ke dalam desain.

Foto: Kamar Tidur

Foto: Lampu Gantung Industrial

Artikel lainnya: Ahouse - Rumah Kontemporer Penarik Perhatian

Kubu = Home

Desain sebuah bangunan memiliki tipologi masing-masing, apakah desain bangunan tersebut terlihat seperti sebuah rumah, pabrik, kantor, sekolah, ataupun mal. Kami percaya bahwa interpretasi dari sebuah rumah bisa dilihat dari masa bangunan secara keseluruhan. Bentuk dari atap pelana dan jendela-jendela menjadi basis dasar dari bentuk sebuah rumah. Bentuk-bentuk ini sudah tertanam di dalam pikiran kita karena ini merupakan bentuk rumah yang kita gambar saat kita masih di usia kanak-kanak.

Foto: Eksterior

Foto: Kamar Tidur

Rumah Tropis

Kata tropis memiliki arti yang bermacam-macam. Di Indonesia, tropis itu sendiri dapat dibagi ke dalam beberapa daerah dan setiap tempat memiliki iklim yang berbeda. Desain ‘Kubu Tropis’ sendiri mengacu pada iklim lokasi bangunan itu berada, iklim tropis Bali. Penerapannya dapat dilihat pada teritis atap yang lebar untuk proteksi terhadap hujan, area teras yang semi-kering dan basah, bukaan jendela untuk pencahayaan alami, dan cross-ventilation untuk sirkulasi udara yang baik. Hal-hal tersebut menjadi kualitas dari desain ‘Kubu tropis’.

Foto: Balkon Kamar

Foto: Pencahayaan Alami Kamar Mandi 

Tentunya, di sini bisa dilihat bahwa arsitektur juga dapat menjadi sebuah branding dimana logo dari ‘Kubu tropis’ itu sendiri didasarkan pada bentuk dasar dari desain arsitekturnya.

Foto: Taman Rumah

Project Infomation: KUBU TROPIS LODGE ACCOMODATION

You May Also Like

Obaja Tour & Travel Office - DP+HS Architects

Proyek Obaja Tour & Travel Office terletak di kawasan yang sangat padat dengan tapak bangunan yang menghadap arah utara dan barat sehingga intensitas cahaya matahari cukup tinggi. Secara fungsi, bangunan ini akan mewadahi aktivitas perusahaan yang bergerak di bidang Travel.

2 January 2018 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Inset House - Delution Architect

Inset House terbentuk dari konsep intersection yang terjadi pada sebuah bangunan rumah tinggal dengan “taman melayang” yang sengaja diselipkan ke muka bangunan untuk memberikan beragam manfaat saat dihuni.

18 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Park 5 Hotel - Bitte

Konsep Park 5 berpedoman pada sebuah gerakan yang dibangun dengan ide sederhana yaitu komunitas. Park 5 mencoba menghadirkan sebuah living space untuk mewadahi aktivitas dalam sebuah komunitas yang menghargai sesama manusia dan juga lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, Park 5 diharapkan dapat menjadi tempat 'bernapas' dan berinteraksi kembali bersama kerabat dan alam, yang dapat menghilangkan penat dari sibuknya aktivitas dan padatnya bangunan di perkotaan.

11 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Char Char Bar & Grill - MINT-DS

Char Char Bar & Grill merupakan restoran yang terletak di Seminyak, Bali dengan luas tapak 1375 m² dan luas bangunan 696 m². Klien proyek ini merupakan sebuah perusahaan kuliner yang telah menghasilkan beberapa restoran yang sangat terkenal baik di Jakarta dan Bali. Satu hal yang ingin dicapai dalam proyek ini adalah kesinambungan konsep antara jenis kuliner yang dihidangkan dengan bentukan yang dihasilkan arsitektur dan desain interiornya. Pada proyek ini, klien menginginkan restoran dengan jenis makanan yang berbeda, yaitu Asia Pasifik, dibanding dengan restoran lainnya yang rata-rata didominasi oleh makanan barat.

4 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin