Logo Bluprin Blog

Rumah Kubu Tropis - Arsitektur sebagai Branding

ARCHITECTURE - PROJECTS / 1 year ago / By DDAP Architect
ARCHITECTURE - PROJECTS / By DDAP Architect / 1 year ago

Rumah Kubu Tropis - Arsitektur sebagai Branding

Jika diterjemahkan secara langsung ke dalam bahasa Inggris, ‘Kubu Tropis’ memiliki arti ‘Tropical House’. Terkait dengan konsepnya, tantangan yang dihadapi di dalam proses desain proyek ini adalah bagaimana arsitektur dapat secara langsung menerjemahkan arti dari ‘Kubu Tropis’ itu sendiri ke dalam desain dan memanfaatkan arsitektur juga sebagai bagian dari branding.

Rumah Kubu Tropis

Foto: Eksterior 

Rumah Kubu Tropis

Foto: Teras Kamar

Arsitektur sebagai Branding

Dalam lingkup modern saat ini, Branding menjadi hal yang sangat penting, terutama untuk tujuan marketing. Dalam proyek ‘Kubu Tropis’ ini, branding tidak hanya akan diaplikasi pada digital branding saja, namun juga tercerminkan pada desain arsitektural bangunan. Sesederhana menerjemahkan “Kubu” dan “Tropis” ke dalam desain.

Rumah Kubu Tropis

Foto: Kamar Tidur

Rumah Kubu Tropis

Foto: Lampu Gantung Industrial

Artikel lainnya: Ahouse - Rumah Kontemporer Penarik Perhatian

Kubu = Home

Desain sebuah bangunan memiliki tipologi masing-masing, apakah desain bangunan tersebut terlihat seperti sebuah rumah, pabrik, kantor, sekolah, ataupun mal. Kami percaya bahwa interpretasi dari sebuah rumah bisa dilihat dari masa bangunan secara keseluruhan. Bentuk dari atap pelana dan jendela-jendela menjadi basis dasar dari bentuk sebuah rumah. Bentuk-bentuk ini sudah tertanam di dalam pikiran kita karena ini merupakan bentuk rumah yang kita gambar saat kita masih di usia kanak-kanak.

Rumah Kubu Tropis

Foto: Eksterior

Rumah Kubu Tropis

Foto: Kamar Tidur

Rumah Tropis

Kata tropis memiliki arti yang bermacam-macam. Di Indonesia, tropis itu sendiri dapat dibagi ke dalam beberapa daerah dan setiap tempat memiliki iklim yang berbeda. Desain ‘Kubu Tropis’ sendiri mengacu pada iklim lokasi bangunan itu berada, iklim tropis Bali. Penerapannya dapat dilihat pada teritis atap yang lebar untuk proteksi terhadap hujan, area teras yang semi-kering dan basah, bukaan jendela untuk pencahayaan alami, dan cross-ventilation untuk sirkulasi udara yang baik. Hal-hal tersebut menjadi kualitas dari desain ‘Kubu tropis’.

Rumah Kubu Tropis

Foto: Balkon Kamar

Rumah Kubu Tropis

Foto: Pencahayaan Alami Kamar Mandi 

Tentunya, di sini bisa dilihat bahwa arsitektur juga dapat menjadi sebuah branding dimana logo dari ‘Kubu tropis’ itu sendiri didasarkan pada bentuk dasar dari desain arsitekturnya.

Rumah Kubu Tropis

Foto: Taman Rumah

Project Infomation: KUBU TROPIS LODGE ACCOMODATION


Artikel Menarik Lainnya

MO House, Mengubah Gaya Hidup Minimalis di Lahan Terbatas

Pertama-tama, MO House fokus pada sebuah tantangan, yaitu untuk membuat rumah yang terjangkau bagi pasangan baru yang ingin mengembangkan keluarga dalam lahan terbatas sambil mengubah gaya hidup. Mande Austriono, arsitek DFORM sekaligus pemilik rumah ingin mengadvokasi gaya hidup minimalis dalam arsitekturnya.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

MP Office, Penerapan Wabi Sabi Style yang Iconic

Project Multi Production Office atau yang biasa disebut MP Office ini bermula saat klien kami mendatangi arsitek dan meminta untuk membuat bangunan kantor yang iconic serta memiliki estetika yang mampu bertahan lama (tidak cepat bosan termakan tren dan waktu). 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Casa de Montana, Hunian Unik dengan Lahan Trapesium dan Dua Sumbu Site

Rumah ini terletak di kaki Gunung Pancar, berhadapan langsung dengan salah satu anak sungainya. Lokasi di hoek memberi keuntungan besar, yaitu view yang tidak terhalang ke arah sungai, juga potensi memaksimalkan sinar matahari untuk penerangan di dalam rumah. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

ETC Hobby House, Tempat Bermain Basket di Rumah Tinggal

Berlokasi di sebuah komplek perumahan, ETC Hobby House adalah bangunan seluas 150 m2 yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan tempat bermain basket pribadi bagi anak-anak si pemilik rumah. Ketiga anaknya tersebut memiliki hobi bermain basket dan teman-teman mereka pun sering berkumpul di situ untuk menghabiskan waktu luang mereka. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago