Logo Bluprin Blog

Rumah Sela - Proporsi Solid Void yang Menciptakan Keseimbangan Ruang

ARCHITECTURE - PROJECTS / 5 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 5 months ago

Rumah Sela - Proporsi Solid Void yang Menciptakan Keseimbangan Ruang


Arsitek Prinsipal:Ar. Muhammad Sagitha, IAI
Tim Arsitek
:Angga Nugraha, Haryoko, Muhammad Bagus Aditya, Wiyoga Nurdiansyah
Lokasi Proyek
:Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Luas Lahan
:232 m2
Tahun Terbangun
:2017
Fotografer
;Muhammad Sagitha & Sefval Mogalana






Deskripsi oleh ArMSchitecture

Hal yang ditonjolkan dalam proyek Rumah Sela  adalah simplicity dan materiality yang memiliki ruang transisi sebagai fungsi ruang yang fleksible, sekaligus memberikan pengalaman ruang sebuah prosesi merasakan gelap dan terang, proporsi tinggi dan rendah. Disebut sebagai Rumah Sela, rumah yang memiliki ruang diantara ruang lainnya. Memiliki keseimbangan pada fasad nya antara solid dan void nya.

Rumah Sela©Muhammad Sagitha

Rumah Sela©Muhammad Sagitha

Artikel Lainnya: MandAnila House - Roster sebagai Fasad Hunian

Kosep interior memberikan keseimbangan dari bentuk arsitektur yang plain. Interior sebagai aksen, material kayu jati yang berkualitas memberikan tekstur dan warna yang sepadan. Salah satu kamar diberikan suasana Jawa dengan pemilihan santai furniture, dari tempat tidur ukiran Jawa yang dimodifikasi dan kursi santai. Salah satu kamar anak dibuat lebih playfull dan bewarna yang didapat dari aksen warna dinding panjat tebing. Lampu-lampu yang dipergunakan dimodifikasi dengan aksen penutup kayu atau dipasang di depan backdrop kayu jati.

Rumah Sela©Sefval Mogalana

Yang menginspirasi bentuk bangunan adalah keseimbangan dari bentuk solid dan void. Tampilan solid yang seimbang dengan void dan juga material screen untuk penetrasi angin. Solid void ini tercermin juga dalam perletakan denah sehingga angin dapat melewati ruangan-ruangan di bagian bawah dengan alami.

Rumah Sela©Sefval Mogalana

Rumah Sela©Sefval Mogalana

Spot perhatian lebih dalam mendesain adalah bagian ruang transisi. Seperti foyer, ruang transisi di bagian dalam yang memberikan ruang fleksible antara living room dan dining room. Ruang tersebut sebagai ruang yang dapat di extend menjadi dimensi ruangan yang sangat luas jika seluruh jendela dikumpulkan dan dibuka dengan sistem top hung foldable window.

Rumah Sela©Sefval Mogalana

Rumah Sela©Sefval Mogalana

Artikel Lainnya: Hikari House - Antar Ruang yang Saling Berhubungan dengan Konsep Terrace House

Special treatment dalam interior bagaimana interior build in dapat bersatu dengan arsitektur. Seperti railing jati yang berfungsi sebagai rak buku dengan detail-detail kecilnya. Dan juga membuat detail rak jati yang dikombinasikan dengan pekerjaan besi sebagai support untuk wash basin. Baik berbentuk kotak dan juga jati yang berbentuk silinder.

Rumah Sela©Sefval Mogalana

Rumah Sela©Sefval Mogalana

Rumah Sela©Muhammad Sagitha

Kayu jati adalah material yang teksturnya tidak dapat tergantikan oleh material lain. Tekstur kayu jati memberikan warna dan aksen dalam pengalaman ruang. Ruang-ruang plain yang berbicara tentang proporsi, gelap dan terang diberikan aksen oleh tekstur kayu.

Rumah Sela©Sefval Mogalana

Untuk mendapatkan bentukan yang simpel perlu effort yang lebih dalam perhitungan struktur dan menjaga dimensinya sesuai dengan design yang diharapkan. Entrance door dengan dimensi double height perlu perhatian khusus. Dan juga dinding-dinding bata sebagai screen untuk penetrasi angin ke ruangan di baliknya.

Rumah Sela©Sefval Mogalana

Rumah Sela©Sefval Mogalana

Bagian ruangan yang diharapkan bisa direvisi adalah satu jendela di bagian pantry bisa digeser dan dimensinya dilebarkan akan memberikan cahaya lebih banyak ke dalam pantry. Dan juga skylight di bagian living room dapat dibuat satu bentuk yang bisa mmeberikan efek bayangan lebih dramatis adri sinar matahari setiap jamnya. 

Rumah Sela©Sefval Mogalana

Lihat foto proyek selengkapnya:
https://www.bluprin.com/project/rumah-sela

Lihat profil ArMSchitecture:
https://www.bluprin.com/armschitecture

Artikel Lainnya: House of Inside and Outside - Bukaan Maksimal dengan View Perbukitan

direktori material bangunan

Artikel Menarik Lainnya

MO House, Mengubah Gaya Hidup Minimalis di Lahan Terbatas

Pertama-tama, MO House fokus pada sebuah tantangan, yaitu untuk membuat rumah yang terjangkau bagi pasangan baru yang ingin mengembangkan keluarga dalam lahan terbatas sambil mengubah gaya hidup. Mande Austriono, arsitek DFORM sekaligus pemilik rumah ingin mengadvokasi gaya hidup minimalis dalam arsitekturnya.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

MP Office, Penerapan Wabi Sabi Style yang Iconic

Project Multi Production Office atau yang biasa disebut MP Office ini bermula saat klien kami mendatangi arsitek dan meminta untuk membuat bangunan kantor yang iconic serta memiliki estetika yang mampu bertahan lama (tidak cepat bosan termakan tren dan waktu). 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Casa de Montana, Hunian Unik dengan Lahan Trapesium dan Dua Sumbu Site

Rumah ini terletak di kaki Gunung Pancar, berhadapan langsung dengan salah satu anak sungainya. Lokasi di hoek memberi keuntungan besar, yaitu view yang tidak terhalang ke arah sungai, juga potensi memaksimalkan sinar matahari untuk penerangan di dalam rumah. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

ETC Hobby House, Tempat Bermain Basket di Rumah Tinggal

Berlokasi di sebuah komplek perumahan, ETC Hobby House adalah bangunan seluas 150 m2 yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan tempat bermain basket pribadi bagi anak-anak si pemilik rumah. Ketiga anaknya tersebut memiliki hobi bermain basket dan teman-teman mereka pun sering berkumpul di situ untuk menghabiskan waktu luang mereka. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago