Logo Bluprin Blog

Rumah 'Vertical Courtyard' Bergaya Bali - DDAP Architect

ARCHITECTURE - PROJECTS / 7 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 7 months ago

Rumah 'Vertical Courtyard' Bergaya Bali - DDAP Architect

Arsitek                     : DDAP Architect

Lokasi Proyek       : Ubud, Bali

Luas Tanah            : 154 m²

Tahun Terbangun : 2017

Fotografer               : Dirga Dirgent

Rumah 'Vertical Courtyard' merupakan rumah tinggal bergaya Bali yang terletak di Ubud. Bangunan memiliki site seluas 154 m2 dan terdiri dari 3 lantai. Lokasi Site ini berada ditengah-tengah permukiman desa Padangtegal dan akses masuk menuju site bisa melalui jalan Hanoman.

Pada rancangan ini menggunakan dua konsep alternatif. Alternatif 1 lebih mengedepankan susunan pola massa bertingkat yang merespon dari segi fungsi. Alternatif 2 beranjak dari kontekstual lingkungan sekitar, susunan pola massa sekitar masih berkontekstual Bali. Pola massa courtyard sebagai natah dan bangunan sebagai paviliun-paviliun atau bale-bale.


Sumber angin berasal dari sisi selatan sehingga lubang courtyard pada sisi tengah ini berfungsi sebagai tunnel angin untuk keseluruhan ruangan.

Lihat profil lengkap DDAP Architect di sini:
https://www.bluprin.com/ddap-architect


Artikel Menarik Lainnya

TSDS Maker Space, Bengkel TSDS dengan Fasad Natural yang Sejuk

Di belakang area kantor TSDS di The Icon, sebuah massa bangunan seluas 132m2 berdiri beriringan dengan semilir angin, tarian untaian tanaman jalar dan suara gemeresik lebah sibuk menyerbuki bunga-bunga.  Tony Sofian, pemimpin TSDS Interior Architects mendirikan maker space ini untuk mendukung aktivitas berkreasi dari para desainernya. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

105 House, Karat sebagai Tampilan Fasad

105 House adalah sebuah bangunan yang berada di permukiman padat Kota Bandung. Dengan keterbatasan lahan, biaya dan kondisi lingkungan yang padat, bangunan ini menjadi harapan bagi pemilik untuk tinggal dengan nyaman dengan konsep yang sederhana. Luas lahan 105 m2 menjadi tapak didirikannya bangunan seluas 146 m2. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

M Boutique Hostel, Hotel Kapsul dengan Sentuhan Vintage

Deskripsi oleh Garis Miring Studio M Boutique Hostel dibangun mulai tahun 2014 dengan merenovasi dan mengalihfungsikan bangunan yang ada. Proses renovasi banguan ini tanpa mengubah massa dan struktur bangunan yang ada. Renovasi meliputi fasad bangunan serta fungsi-fungsi ruangan yang ada di dalamnya. Perubahan fungsi dari tempat tinggal menjadi banguan dengan fungsi penginapan komersil. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Rumah 3500 Milimeter, Solusi Desain dengan Lahan Terbatas

Rumah 3500 milimeter adalah sebuah rumah tinggal dengan luas lahan 56 m2 dan lebar lahan 3500 millimeter (3,5 meter) yang berlokasi di tengah kota Jakarta Selatan. Rumah dengan luas bangunan 100 m2 ini dibangun sebagai sebuah pencarian jawaban atas cara bertempat tinggal di tengah kota dengan berbagai keterbatasan dan tantangannya seperti biaya, size, waktu, dan peraturan. Abimantra Pradhana, arsitek dan pemilik rumah mendesain khusus untuk keluarga kecilnya yang terdiri dari sepasang suami-istri dan satu anak laki-laki.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago