Logo Bluprin Blog

Shera Mendukung FTUI Bangun Kembali Sekolah di Lombok Pasca Bencana

ARCHITECTURE - NEWS / 2 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - NEWS / By Bluprin / 2 months ago

Shera Mendukung FTUI Bangun Kembali Sekolah di Lombok Pasca Bencana

Membangun kembali sarana dan prasarana pasca bencana sangat penting sebagai upaya pemulihan kehidupan sehari-hari masyarakat. Bagi anakanak yang terkena dampak bencana, membangun kembali sekolah sangat dibutuhkan agar mereka tidak kehilangan kesempatan belajar.

Fakultas Teknik UI mendukung inisiasi pembangunan sekolah tanggap bencana yang diprakarsai oleh Departemen Arsitektur dan ILUNI FTUI. "Pemulihan prasarana sekolah akan membantu anak-anak dalam proses belajar, sehingga mereka percaya diri mengejar cita-cita ditengah keadaan sulit pasca bencana. Kami turun tangan membantu dari yang kami mampu sebagai perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi" jelas Dr. Ir. Hendri DS Budiono M. Eng (Dekan Fakultas Teknik UI) dalam sambutannya mengawali proses konstruksi Sekolah Indonesia. (06/10)



Rancangan Sekolah Indonesia dikerjakan oleh Kelompok Keilmuan Perancangan dari Departemen Arsitektur FTUI yang dipimpin oleh Prof. Yandi Andri Yatmo, PhD dan juga melibatkan mahasiswa. Sekolah Indonesia dirancang dengan berbasis komponen yang dapat dikonstruksi secara mudah dan cepat. Sekolah Indonesia terdiri dari unit-unit yang secara fleksibel dapat dikomposisikan secara “plug and play” dan dapat berkembang sesuai kebutuhan dan konteks di setiap lokasi. Sehingga rancangan Sekolah Indonesia diharapkan dapat bersifat cepat tanggap terhadap berbagai kondisi yang membutuhkan di mana pun di seluruh Indonesia. Sekolah Indonesia berupaya mewujudkan kesempatan belajar yang terbaik bagi anak Indonesia. Sehingga insiatif ini tidaklah semata-mata sekedar membangun fisik sekolah, namun membangun ekosistem belajar yang menyenangkan untuk anak Indonesia.

Pembangunan Sekolah Indonesia untuk Lombok, pada tahap awal, pe/mbangunan berlokasi di Desa Kerandangan, Batu Layar, Lombok Barat. Sekolah yang dibangun terdiri dari enam ruang kelas, satu perpustakaan dan satu ruang guru, yang akan mewadahi sekitar 130 siswa TK/RA dan SD/MI.


Gabriel Montadaro bersama-sama dengan Dekan FT UI, Dr. Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng, dan tim project Sekolah Indonesia dari UI yaitu Prof. Yandi Andri Yatmo, S.T., Dip.Arch., M.Arch., PhD., Prof. Dr.-Ing. Nandy Putra, ketua ILUNI FT, Cindar Hari Prabowo, Ketua ILUNI Arsitektur, Budi Wasono, melakukan peletakan batu pertama Sekolah Indonesia di Lombok, NTB, dilakukan pada Sabtu, 6 Oktober 2018 di Dusun Kerandangan, Kecamatan Batulayar, Senggigi, Lombok Barat. Dalam kesempatan ini hadir pula Bapak Muzaki Ketua Yayasan Riyadlul Wardiyah beserta para guru dan siswa sekolah yang akan dibangun.

Sekolah Indonesia membuka kesempatan bagi berbagai pihak untuk berkontribusi dalam berbagai bentuk. Salah satunya seperti yang telah dilakukan oleh PT Shera Building Solution Indonesia, yaitu berupa papan untuk dinding. “Sebagai bentuk dukungan dan kepedulian kami terhadap Sekolah Indonesia, kontribusi yang kami berikan adalah dalam bentuk donasi material bahan bangunan, antara lain akan digunakan untuk pembuatan dinding ruang belajar. Dengan demikian kami berharap anak-anak di Lombok dapat segera kembali bersekolah,” tandas Gabriel.

Artikel Menarik Lainnya

MINIATUR UNDIP 2018: Kembali Adakan Sayembara Nasional dan Forum Diskusi Arsitektur

Semarang, Minggu 25 November 2018 - Telah dilaksanakan penjurian tahap 2 Sayembara Nasional Miniatur Universitas Diponegoro 2018  bertemakan "More Than a Space". Diiringi dengan pameran 15 karya terbaik dan Forum Diskusi Arsitektur "Placemaking in Transient Space" bersama juri-juri sayembara sekaligus pembicara Baskoro Tedjo selaku prinsipal arsitek dari Hepta Desain dan Stephanie Larassati selaku prinsipal arsitek dari At-Lars.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 days ago

Roca Menghadirkan Jumpthegap (talk) untuk Pertama Kalinya di Indonesia

Jakarta, November 2018 – ROCA, brand yang bergerak dalam desain dan produk untuk area kamar mandi, mengadakan jumpthegap®(talk) pada hari Selasa, 27 November 2018, di Hotel Fairmont bagi para arsitek dan desainer interior. Acara pertama bagi ROCA di Indonesia ini menghadirkan beberapa profesional terkemuka di industri arsitektur dan desain, antara lain Nuria Ayala, arsitek dan project manager di OAB Office of Architecture di Barcelona; Ary Indra, arsitek dari Aboday Studio; serta Agatha Carolina, arsitek dari Bitte Design Studio.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

ARTMINGLE: Talk Show and Workshop, Big Life in A Small Space

Jakarta, Sabtu 17 November 2018 – Acara Talk Show dan Workshop Artmingle yang diselenggarakan oleh Jurusan Desain Interior UPH dengan narasumber Abimantra Pradhana pinsipal dari biro arsitek AGo Architects sukses digelar di Kantorkuu, Co-working and Office Space, Jakarta Selatan. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Hospitality Expo 2018 - Ajang Perkenalkan Karya Anak Bangsa ke Kancah Internasional

Jakarta, 24 Oktober 2018 – Pameran HOSPITALITY 2018 adalah pameran yang menghadirkan kolaborasi antara pelaku industri furnitur, kerajinan, desain interior dan peranti hotel yang berperan dalam industri hospitality resmi dibuka hari ini. Pameran ini berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran – Jakarta Pusat, pada tanggal 24-27 Oktober 2018.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago