Logo Bluprin Blog

Suasana Hangat di Kamar Tidur Gaya Rustic

TIPS N IDEA / 6 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 6 months ago

Suasana Hangat di Kamar Tidur Gaya Rustic

Kamar tidur merupakan ruang istirahat bagi pemilik rumah. Di sinilah, rasa nyaman perlu dihadirkan agar istirahat dapat berlangsung dengan baik. Salah satu cara untuk menghadirkan rasa nyaman di kamar tidur adalah dengan menciptakan suasana hangat. Jelas, karena suasana hangat (bukan panas) dapat membuat tidur menjadi nyenyak.

Untuk menciptakan suasana hangat di kamar tidur, tema Rustic adalah jawabannya.Pasalnya, material kayu yang terkenal dapat memberikan kehangatan merupakan material utama yang digunakan untuk tema Rustic. Untuk inspirasinya, mari kita lihat kamar tidur bergaya Ructic di bawah ini.

1. Dominan Material Kayu
Kamar Tidur Rustic Foto: Cervino Apartment ©a+Plan Architect and Interior

Seperti dibahas sebelumnya, material kayu merupakan material utama yang digunakan untuk konsep Rustic. Namun, agar konsep Rustic semakin kuat, gunakan material kayu dengan tekstur yang kasar atau tidak mendapat proses finishing. Seperti inspirasi kamar ini yang tampak guratan kasar dan adanya beberapa bercak-bercak cokelat tua pada material kayu di furnitur lemari. Kemudian, untuk menambah warna, material kayu dengan warna yang lebih tua diterapkan pada lantai dan sebagian dindingnya.

Artikel Lainnya: Desain Pastel Ruang Keluarga

2. Hangat dengan Warna Abu-abu
Kamar Tidur Rustic Foto: Cervino Apartment ©a+Plan Architect and Interior

Warna yang cocok berpadu dengan warna cokelat kayu adalah warna-warna kalem yakni salah satunya warna abu-abu. Penggunaan warna abu-abu pada soft furnishing seperti tirai dan selimut dapat menambah kehangatan di kamar tidur.

3. Pencahayaan Alami
Kamar Tidur Rustic Foto: AM House ©Andramatin

Sinar matahari merupakan sumber pencahayaan dan kehangatan alami yang bagus untuk tubuh. Adanya bukaan besar di samping tempat tidur menjadi ide menarik yang bagus untuk diterapkan di kamar tidur bergaya Rustic. Bias matahari yang masuk terlihat begitu cantik ketika menembus material kayu pada kamar tidur.

Artikel Lainnya: Tipe Kitchen Set manakah untuk Dapur Anda? Berikut 5 Ragam Desainnya!

4. Material Unfinished
Kamar Tidur Rustic Foto: Gunawangsa Industrial ©MGM Interior Design

Tak hanya bermaterialkan kayu, konsep Rustic juga muncul lewat material yang dibiarkan unfinished dan bertekstur kasar. Seperti dinding dari semen dan dari batu bata yang tidak diamplas atau diaci. Adanya besi hitam pada dinding panel televisi menambah gaya Rustic pada inspirasi kamar tidur ini. Konsep tersebut, sudah dipastikan dapat menambah kehangatan di kamar tidur.

5. Pencahayaan Tambahan
Kamar Tidur Rustic Foto: Royal Bali Hotel ©Andyrahman Architects

Selain pencahayaan alami dari jendela, Anda bisa tambahkan lagi pencahayaan buatan dengan menggantung dua lampu di kedua sisi tempat tidur. Headboard dari potongan kayu dan warna kuning dari lampu mampu memberikan kenyamanan di kamar tidur. 

Foto cover: The Non-polished ©an Atelier for Architectural Design

Artikel Lainnya: 5 Tips Menata Ruang Keluarga Minimalis 

Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago