Logo Bluprin Blog

Suasana Hangat di Kamar Tidur Gaya Rustic

TIPS N IDEA / 2 months ago / By Bluprin

Suasana Hangat di Kamar Tidur Gaya Rustic

TIPS N IDEA / By Bluprin - 2 months ago

Kamar tidur merupakan ruang istirahat bagi pemilik rumah. Di sinilah, rasa nyaman perlu dihadirkan agar istirahat dapat berlangsung dengan baik. Salah satu cara untuk menghadirkan rasa nyaman di kamar tidur adalah dengan menciptakan suasana hangat. Jelas, karena suasana hangat (bukan panas) dapat membuat tidur menjadi nyenyak.

Untuk menciptakan suasana hangat di kamar tidur, tema Rustic adalah jawabannya.Pasalnya, material kayu yang terkenal dapat memberikan kehangatan merupakan material utama yang digunakan untuk tema Rustic. Untuk inspirasinya, mari kita lihat kamar tidur bergaya Ructic di bawah ini.

1. Dominan Material Kayu
Kamar Tidur Rustic Foto: Cervino Apartment ©a+Plan Architect and Interior

Seperti dibahas sebelumnya, material kayu merupakan material utama yang digunakan untuk konsep Rustic. Namun, agar konsep Rustic semakin kuat, gunakan material kayu dengan tekstur yang kasar atau tidak mendapat proses finishing. Seperti inspirasi kamar ini yang tampak guratan kasar dan adanya beberapa bercak-bercak cokelat tua pada material kayu di furnitur lemari. Kemudian, untuk menambah warna, material kayu dengan warna yang lebih tua diterapkan pada lantai dan sebagian dindingnya.

Artikel Lainnya: Desain Pastel Ruang Keluarga

2. Hangat dengan Warna Abu-abu
Kamar Tidur Rustic Foto: Cervino Apartment ©a+Plan Architect and Interior

Warna yang cocok berpadu dengan warna cokelat kayu adalah warna-warna kalem yakni salah satunya warna abu-abu. Penggunaan warna abu-abu pada soft furnishing seperti tirai dan selimut dapat menambah kehangatan di kamar tidur.

3. Pencahayaan Alami
Kamar Tidur Rustic Foto: AM House ©Andramatin

Sinar matahari merupakan sumber pencahayaan dan kehangatan alami yang bagus untuk tubuh. Adanya bukaan besar di samping tempat tidur menjadi ide menarik yang bagus untuk diterapkan di kamar tidur bergaya Rustic. Bias matahari yang masuk terlihat begitu cantik ketika menembus material kayu pada kamar tidur.

Artikel Lainnya: Tipe Kitchen Set manakah untuk Dapur Anda? Berikut 5 Ragam Desainnya!

4. Material Unfinished
Kamar Tidur Rustic Foto: Gunawangsa Industrial ©MGM Interior Design

Tak hanya bermaterialkan kayu, konsep Rustic juga muncul lewat material yang dibiarkan unfinished dan bertekstur kasar. Seperti dinding dari semen dan dari batu bata yang tidak diamplas atau diaci. Adanya besi hitam pada dinding panel televisi menambah gaya Rustic pada inspirasi kamar tidur ini. Konsep tersebut, sudah dipastikan dapat menambah kehangatan di kamar tidur.

5. Pencahayaan Tambahan
Kamar Tidur Rustic Foto: Royal Bali Hotel ©Andyrahman Architects

Selain pencahayaan alami dari jendela, Anda bisa tambahkan lagi pencahayaan buatan dengan menggantung dua lampu di kedua sisi tempat tidur. Headboard dari potongan kayu dan warna kuning dari lampu mampu memberikan kenyamanan di kamar tidur. 

Foto cover: The Non-polished ©an Atelier for Architectural Design

Artikel Lainnya: 5 Tips Menata Ruang Keluarga Minimalis 

You May Also Like

Lampu Gantung Minimalis, untuk Rumah Idaman Anda

Dekorasi merupakan alat yang paling tepat digunakan untuk mempercantik ruang. Salah satunya adalah lampu gantung. Mengapa? Karena lampu gantung dapat mengeluarkan cahaya yang mampu memberikan suasana berbeda ke sebuah ruang. Selain itu, materialnya yang terbuat dari kaca atau kristal juga memberikan kesan cantik sekaligus elegan.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 2 days ago

Rumah Semarak dengan Warna Kuning

Warna memiliki peranan yang sangat penting pada sebuah ruang. Ia dapat memberikan kesan yang berbeda-beda mengikuti keinginan pemilik rumah. Jika Anda ingin merasakan suasana ceria di dalam rumah, cobalah menerapkan warna kuning. Warna yang identik dengan musim panas ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghiasi hunian Anda.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

8 Inspirasi Pemakaian Pelapis Lantai Granit di Hunian

Banyak pilihan pelapis lantai yang tersedia di pasaran. Yang paling baru, ada material pelapis lantai yang sering disebut granit tile atau homogeneous tile. Berbeda dengan ubin keramik yang memiliki dua lapisan tanah liat dan glasur granit tile hanya memiliki satu lapisan yang sama dari bagian atas hingga bawahnya atau homogen sehingga pelapis yang satu ini sering juga disebut homogeneous tile. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 3 weeks ago

Ragam Tangki Air dan Cara Memilihnya

Pada rumah tinggal, tangki air atau toren merupakan pusat penampungan air yang menyediakan air bersih untuk segala keperluan di rumah tersebut. Karena itu, tangki air memegang peranan penting.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 3 weeks ago