Logo Bluprin Blog

Sushi Hiro Senopati - AYYA

ARCHITECTURE - PROJECTS / 1 year ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 1 year ago

Sushi Hiro Senopati - AYYA

Arsitek                      : AYYA

Lokasi Proyek          : Senopati, Jakarta Selatan

Luas Tanah              : 450 m2

Tahun Terbangun     : 2017

Fotografer                : William Sutanto

Deskripsi oleh AYYA

Sushi Hiro Senopati merupakan gerai pertama dari Sushi Hiro yang melibatkan arsitektur sebagai bagian dari keseluruhan desain. Dari luas lahan sekitar 450 m2, klien menginginkan sebuah bangunan semi permanen yang hanya terdiri dari satu lantai dengan konstruksi yang mudah dan cepat. Klien menginginkan beberapa kebutuhan ruang yang bersifat primer seperti area dapur dan gudang, area restoran, VIP, serta sushi bar.

Sushi Hiro Senopati AYYA

Untuk memaksimalkan lahan yang tersedia, bangunan dibuat menjadi satu setengah lantai agar seluruh kebutuhan ruang dapat terakomodasi. Dua per tiga area lantai dasar diperuntukkan bagi area resto, sepertiga lainnya dialokasikan bagi area dapur dan servis. Area di atas dapur kemudian difungsikan sebagai area resto tambahan berupa area mezanin.

Sushi Hiro Senopati AYYA

Agar pembangunan dapat diselesaikan dalam waktu 3 bulan, arsitek memutuskan untuk menggunakan struktur baja dan atap ringan. Dinding eksterior seluruhnya menggunakan bata ringan, sementara dinding interior menggunakan gypsum. Pemilihan bahan tersebut dapat mereduksi waktu pembangunan menjadi dua bulan sehingga satu bulan selebihnya dapat dipergunakan untuk fit out interior dan finishing.

Sushi Hiro Senopati AYYA

Dalam pelaksanaan, gambar perencanaan secara prinsip diselesaikan dalam waktu dua minggu agar struktur bangunan dapat berjalan terlebih dahulu. Gambar-gambar pelengkap lainnya berjalan pararel dengan proses pembangunan. Supervisi dilaksanakan dua hari sekali untuk menghindari kesalahan mengingat desain yang direncanakan berupa desain dengan pertemuan-pertemuan detail yang saling terkait.

Sushi Hiro Senopati AYYA

Kehadiran Sushi Hiro Senopati diharapkan menjadi sebuah penetralan desain dari banyaknya ragam arsitektur yang berlomba-lomba menunjukkan keunikannya masing-masing di kawasan komersial sepanjang Jalan Senopati sampai Jalan Suryo di Jakarta Selatan.

Sushi Hiro Senopati AYYA

Bangunan putih sederhana yang terdiri dari kepala, badan, dan kaki selayaknya rumah tinggal menjadi konsep utama dalam perancangan restoran Jepang ini. Dengan bentuk yang tegas, bangunan menjadi ikonis dengan sendirinya tanpa sentuhan elemen-elemen dekoratif. Konsep keseimbangan juga diperlihatkan dari pengolahan bentuk atap, asimetris namun tetap seimbang. Dengan desain dinding-dinding yang tipis dan pemanfaatan warna yang minimal (putih, kelabu muda, dan coklat kayu), arsitek kembali menekankan sifat ringan dalam arsitektur Jepang yang tentunya sesuai dengan tema restoran ini.

Sushi Hiro Senopati AYYA

Alur sirkulasi di arahkan melalui sebuah koridor panjang dan taman kering agar pengguna dapat mengalami sebuah prosesi masuk dan merasakan perubahan proporsi ruang dari ruang sempit menjadi ruang double volume di area resto utama. Gubahan atap yang terbentuk, secara jujur diterjemahkan menjadi elemen pembentuk ruang interior menyerupai rumah tinggal. Seluruh ruangan mendapatkan pencahayaan alami yang merata dengan cara membagi beberapa area dengan poket-poket lanskap dalam bangunan. Poket-poket tersebut juga menghubungkan ruang dalam dengan ruang luar yang juga memiliki poket lanskap.

Sushi Hiro Senopati AYYA

Lihat profil lengkap AYYA di sini:

https://www.bluprin.com/ayya

Showcase your portfolio and let more people know about your company!

Artikel Menarik Lainnya

Casa de Montana, Hunian Unik dengan Lahan Trapesium dan Dua Sumbu Site

Rumah ini terletak di kaki Gunung Pancar, berhadapan langsung dengan salah satu anak sungainya. Lokasi di hoek memberi keuntungan besar, yaitu view yang tidak terhalang ke arah sungai, juga potensi memaksimalkan sinar matahari untuk penerangan di dalam rumah. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 days ago

ETC Hobby House, Tempat Bermain Basket di Rumah Tinggal

Berlokasi di sebuah komplek perumahan, ETC Hobby House adalah bangunan seluas 150 m2 yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan tempat bermain basket pribadi bagi anak-anak si pemilik rumah. Ketiga anaknya tersebut memiliki hobi bermain basket dan teman-teman mereka pun sering berkumpul di situ untuk menghabiskan waktu luang mereka. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

R+K House, Rumah dengan View Lautan Dewata

Brief awal yang diberikan pemilik rumah kepada arsitek adalah untuk tidak menebang 3 pohon mangga yang ada di tanah existing dan menyatukan bangunan lama dengan bangunan baru tanpa membuat ketimpangan. Existing tanah baru tepat dibelakang bangunan lama yang dibangun sekitar pertengahan 90an, dengan view laut dan bandara Ngurah Rai embuat orientasi bangunan jelas untuk merespon pemandangan yang dimiliki.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Anggrek Office, Pola Solid Void Balkon yang Harmonis

Mendesain sebuah kantor yang kemudian dapat dialihfungsikan menjadi rumah tinggal menjadi tantangan bagi arsitek untuk menciptakan ruang yang nyaman untuk bekerja dan tinggal. Rukan tipikal biasanya memiliki site memanjang dengan tangga pada bagian belakang dengan bukaan yang hanya ada pada fasad bangunan. Proyek yang berlokasi pada sebuah lingkungan perumahan di Jakarta Selatan ini berdiri di lahan yang memanjang. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago