Logo Bluprin Blog

Tampak Nyaman, Intip 8 Inspirasi Ruang Keluarga Minimalis

TIPS N IDEA / 2 weeks ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 2 weeks ago

Tampak Nyaman, Intip 8 Inspirasi Ruang Keluarga Minimalis

Ruang keluarga merupakan tempat yang dianggap paling nyaman di rumah. Di ruang keluarga inilah, anggota keluarga lebih banyak berkumpul dan berinteraksi satu sama lain.  Entah orang tua, anak, atau siapa pun juga, mestinya dapat menemukan dirinya ketika kembali ke rumah dan menikmati ruang ternyamannya di ruang keluarga.

Menjadi ruang paling sentral dan paling banyak digunakan saat acara kebersamaan, ruang keluarga harus bisa menampung banyak kegiatan, namun tetap harus memberi rasa nyaman. Ada banyak cara untuk menciptakan kenyamanan itu, baik mengakomodasi setiap kegiatan yang mungkin dilakukan hingga membangun suasana di ruang keluarga.

Di ruang keluarga, suasana yang dapat dihadirkan misalnya suasana ceria, membangkitkan semangat, mengakrabkan, menimbulkan kenangan, atau menguatkan ikatan kekeluargaan. Karena itu, berbagai cara dilakukan oleh para desainer atau pemilik rumah untuk menjadikan ruang keluarganya lebih menarik agar momen berkumpul itu lebih sering terjadi.

Dekorasi atau elemen estetis diperlukan untuk menciptakan ruang keluarga yang nyaman. Selain memenuhi fungsinya, benda-benda tersebut menambah daya tarik ruang keluarga. Misalnya pada ruang keluarga minimalis. Tidak banyak dekorasi yang dihadirkan pada ruang keluarga minimalis. Di ruang keluarga minimalis, biasanya penghuni rumah membentangkan throw, tambahan karpet di bagian bawah, dan beberapa aksesoris lainnya. Warna-warna yang membalut ruang keluarga minimalis biasanya didominasi oleh warna-warna monokrom. Sebagai inspirasi, berikut 8 ruang keluarga minimalis yang dapat Anda tiru idenya. 

1. Ruang Keluarga dengan Sentuhan Industrial

ruang keluarga minimalis ruang keluarga mewah ruang keluarga sederhana ruang keluarga modern

(sumber: Versaform ©Houzz.com)

Ruang keluarga yang satu ini diberi sentuhan industrial berkat pemilihan material dinding, yaitu semen ekspos. Pemilihan warna pada material lantai ruang keluarga minimalis ini juga selaras dengan dinding, yaitu abu-abu. Tidak banyak dekorasi yang dihadirkan pada ruang keluarga minimalis ini. Hanya ada sepeda yang terparkir di depannya, yang justru membeli elemen dekorasi tersendiri. Pemilihan sofa berwarna hijau pada ruang keluarga ini memberi kesan ceria di tengahnya. 

Artikel Lainnya: Apa sih Pentingnya Ventilasi Udara di dalam Rumah?

2. Ruang Keluarga dengan Banyak Pigura

ruang keluarga minimalis ruang keluarga mewah ruang keluarga sederhana ruang keluarga modern

(sumber: www.futuristarchitecture.com)

Pigura merupakan elemen dekorasi yang kerap dihadirkan pada ruang keluarga minimalis. Agar tampak selaras, pilihlah pigura dengan tone warna yang senada dengan keseluruhan warna pada ruang keluarga. Agar ruang keluarga tampak semarak namun tidak terkesan penuh, pilih pigura dengan ukuran yang berbeda-beda. Lalu susun sedemikian rupa untuk memberi dimensi pada ruang keluarga minimalis.

3. Dominasi Putih di Ruang Keluarga

ruang keluarga minimalis ruang keluarga mewah ruang keluarga sederhana ruang keluarga modern

(sumber: http://www.home-designing.com)

Ruang keluarga minimalis memang identik dengan kesederhanaan dan tidak banyak warna serta dekorasi di dalamnya. Seperti pada ruang keluarga yang satu ini. Di dominasi oleh warna putih, ruang keluarga ini tampak bersih dan nyaman. Furnitur yang dihadirkan juga seperlunya. Simpel, cocok untuk para milenial yang lebih suka hidup praktis.

4. Tambahkan Unsur Tanaman di Ruang Keluarga

ruang keluarga minimalis ruang keluarga mewah ruang keluarga sederhana ruang keluarga modern

(sumber : www.thespruce.com)

Agar ruang keluarga tampak asri dan teduh, jangan lupakan tanaman. Selain membuat rileks, tanaman pada ruang keluarga juga menjadi elemen dekorasi tersendiri. Letakkan tanaman di salah satu sudut ruang keluarga. Pilih tanaman khusus untuk dalam ruang yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari. 

5. Personalisasi di Ruang Keluarga

ruang keluarga minimalis ruang keluarga mewah ruang keluarga sederhana ruang keluarga modern

(sumber: www.thespruce.com)

Hadirkan barang dekorasi yang mewakili kepribadian Anda dan keluarga di tengah ruang keluarga. Misalnya, inisial E pada ruang keluarga ini. Agar ruang keluarga tampak semarak, hadirkan juga beberapa dekorasi lainnya, seperti lukisan, makrame, dan indoor plant. 

Artikel Lainnya: Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

6. Hadirkan Sofa Nyaman di Ruang Keluarga

ruang keluarga minimalis ruang keluarga mewah ruang keluarga sederhana ruang keluarga modern

(sumber: www.thespruce.com)

Jangan lupakan sofa pada ruang keluarga. Sofa merupakan furnitur yang memberi kenyamanan dalam bersantai bersama anggota keluarga. Sesuaikan jumlah dudukan pada sofa dengan jumlah anggota keluarga. Tambahan beberapa cushion di atasnya. 

7. Berlimpah Cahaya di Ruang Keluarga

ruang keluarga minimalis ruang keluarga mewah ruang keluarga sederhana ruang keluarga modern

(sumber: Edgewater Contractors Inc ©Houzz.com)

Sirkulasi udara dan cahaya yang baik dapat menambah kenyamanan pada ruang keluarga. Untuk menciptakan ruang keluarga yang nyaman, diperlukan penataan dan dekorasi yang tepat. Tapi tak hanya itu, udara dan pencahayaan yang baik juga menjadi faktor penentu kenyamanan pada ruang keluarga. Ruang keluarga yang satu ini seakan sempurna dari segi pencahayaan dan udara. Posisinya yang bersebelahan dengan taman belakang membuat ruang keluarga ini berlimpah unsur alam.

8. Ruang Keluarga Terbuka

ruang keluarga minimalis ruang keluarga mewah ruang keluarga sederhana ruang keluarga modern

(sumber: Emergent Form Architecture ©Houzz.com)

Ruang keluarga yang satu ini menyatu dengan ruang lainnya tanpa adanya sekat atau dinding masif. Dengan konsep terbuka atau open plan, interaksi antar anggota keluarga dapat terjalin dengan lancar. Agar terlihat selaras, gunakan warna dan model furnitur yang sama antara ruang keluarga dan dapur serta ruang makan. 

Nah itulah inspirasi cara menghadirkan ruang keluarga minimalis. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda!

product bg

Cari jasa arsitek atau desainer

Konsultasi tanpa biaya & rekomendasi terpercaya

Sampaikan kebutuhan bangun / renovasi Anda dan dapatkan daftar profesional pilihan yang tepat sesuai dengan preferensi Anda.

Artikel Menarik Lainnya

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 22 hours ago

10 Cara Kreatif Membagi Space yang Kecil

Ruang huni yang lapang memang menyenangkan. Enak untuk tinggal, asyik pula untuk beraktifitas. Namun begitu, terutama di daerah urban, mendapatkan lahan yang cukup lapang dan affordable tidak mudah. Rumah kecil atau apartemen kemudian menjadi pilihan. Namun ada tantangan dalam menyikapi pengadaan ruangannya. Karena luasan ruangan yang ada mungkin tidak cukup bisa memenuhi setiap kebutuhan dan aktivitas Anda. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

Tips Memilih Furniture Untuk Anak

Memilih furniture anak bisa menjadi hal yang menyenangkan namun juga agak menyulitkan. Keinginan untuk memenuhi keinginan anak bisa jadi salah satu yang membuat Anda kesulitan, di satu sisi pastinya Anda ingin mengikuti keinginan buah hati Anda namun di sisi lain Anda juga harus memilih yang sesuai dengan keamanan si anak.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Sejuk Banget, Ini Dia 9 Desain Rooftop Garden

Memiliki taman di rumah tentu menyenangkan. Selain dapat membuat rumah sejuk, adanya taman juga dapat menjadi oase di tengah kesibukan di dalam maupun luar rumah. Namun, menghadirkan taman baik indoor maupun outdoor seringkali menjadi sulit karena tak adanya lahan. Ini selalu menjadi permasalahan bagi para pemiliki rumah dengan lahan terbatas.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago