Logo Bluprin Blog

Telah Dibuka! Bintaro Design District 2018, Distrik Kreatif di Bintaro

ARCHITECTURE - NEWS / 1 month ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - NEWS / By Bluprin / 1 month ago

Telah Dibuka! Bintaro Design District 2018, Distrik Kreatif di Bintaro

Bintaro, 11 Oktober 2018 – Bintaro Design District (BDD) 2018 berlangsung mulai tanggal 11 Oktober hingga 20 Oktober 2018 merupakan sebuah event yang digagas untuk mengaktivasi Bintaro sebagai kawasan kreatif. Kawasan Bintaro diangankan dapat menjadi pioneer dalam menghidupkan kawasan ini sebagai distrik kreatif seperti distrik Ventura Lambrate di Milan atau kawasan Shoredutch di London.

Foto: Para penggagas ide Bintaro Design District 2018 saat Press Conference ©Bluprin

Ide awal tercetusnya penyelenggaraan Bintaro Design District 2018 yaitu saat Andra Matin (Andra Matin Architect), Budi Pradono (Budi Pradono Architect), Danny Wicaksono (Studio Dasar), dan Hermawan Tanzil (Leboye) ketika tengah berkunjung ke London Design Biennale pada 2016. Selain sebagai penggagas, keempatnya juga bertindak sebagai kurator yang merumuskan tema “Permeable Society”

Tema tersebut dipilih untuk menggambarkan terjadinya perluasan perkembangan pusat eksplorasi desain yang sebelumnya seperti hanya terjadi di Jakarta sebagai pusat kota, khususnya kawasan Jakarta Selatan, ke arah penyangga kota seperti Bintaro dan sekitarnya. 

Bintaro Design DIstrict 2018

Para partisipan BDD 2018 ©Bluprin

Selama 10 hari pelaksanaan Bintaro Design District 2018, akan ada jenis program yang diselenggarakan secara bersamaan di Bintaro dan sekitarnya. Acara tersebut berupa open studio, kunjungan ke proyek-proyek yang ditangani oleh arsitek dan desainer, pameran instalasi, pameran produk, pameran karya dan serangkaian acara bincang-bincang serta workshop desain.

Acara ini diikuti oleh 70 peserta dengan tersebar di 47 titik venue yang berada di Bintaro sekitarnya, termasuk Kemang, BSD City dan Gading Serpong. Jika biasanya suatu acara diselenggarakan di satu venue, BDD 2018 dianggap berbeda karena diselenggarakan di beberapa venue karena setiap partisipan punya standardnya sendiri. 

Bintaro Design DIstrict 2018

1x1 Exhibition di Kopi Manyar, Bintaro ©Bluprin

Setiap studio kreatif menyelenggarakan masing-masing programnya dengan swadaya dan tidak melibatkan pemerintah, asosiasi. Sehingga menjadi lebih independent dan bisa bergerak lebih fleksibel karena tidak ada batasan-batasan yang bisa muncul apabila bekerjasama tetapi saling mendukung. 

Para penggerak berharap kelak Bintaro Design District 2018 dapat disejajarkan dengan beberapa event sejenis yang ada di dunia seperti London Design Festival, Milan Design Week, Copenhagen Design Week, Paris Design Week dan sebagainya. 

Bintaro Design DIstrict 2018

BDD Pass ©Bluprin

Untuk memasuki area Bintaro Design District 2018 dan beberapa programnya, pengunjung diwajibkan membeli handbook berupa BDD pass seharga Rp. 50.000,- untuk semua open house, pameran instalasi, acara talkshow, pameran karya dan produk. BDD pass ini bisa dibeli di Kopi Manyar yang terletak di Jl. Bintaro Tengah Raya No. 14 Bintaro dan Dia.lo.gue di Artspace di Jl. Kemang Sel. No. 99A, Jakarta Selatan.

Pengunjung diharapkan untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi, karena di sekitar Bintaro merupakan permukiman yang dapat mengganggu warga. Terdapat banyak kantong parkir di 2 pasar dan 3 mall serta mudahnya akses transportasi umum. 

Beberapa venue di antaranya yaitu:

1. Preliminary &  A House oleh Budi Pradono Architect

Bintaro Design DIstrict 2018

©Bluprin

2. Plasticology oleh Arcadia x Studio Hand

Bintaro Design DIstrict 2018

©Bluprin

3. Tan Ajer oleh Fusion Arch 

Bintaro Design DIstrict 2018

©Bluprin

4. Art and Sound Experience oleh Handoko Hendroyono, Kris Kwan dan Gardu House

Bintaro Design DIstrict 2018

©Bluprin

Baca Juga: Masih Berlangsung! Inilah Venue Asik di Bintaro Design District 2018 

5. The Interior Journey oleh A2J

Bintaro Design DIstrict 2018

©Bluprin

6. Product Design for Industry oleh Dedato Indonesia

Bintaro Design DIstrict 2018

©Bluprin

7. When I Consider Everything That Grows oleh Putri Taufik

Bintaro Design DIstrict 2018

©Bluprin

8. Yang spesial adalah instalasi oleh arsitek senior Eko Prawoto dari Yogyakarta 

Bintaro Design DIstrict 2018

©Bluprin

Masih banyak lagi yang ditampilkan pada beberapa venue di Bintaro Design District 2018. Akan ada stampel khusus yang dicap di BDD pass setiap pengunjung memasuki setuap venue. Dan bagi pengunjung yang mendapatkan stampel terbanyak akan mendapatkan hadiah menginap gratis di Hotel Katamama, Bali oleh panitia. Wah seru bukan? Ajak teman terdekat, pacar atau keluarga ke acara BDD 2018 ini untuk liburan edukatif kalian.

product bg

Produk & Material Arsitektural

Ribuan produk dan solusi untuk keperluan arsitek & desainer interior

Sekarang lebih mudah untuk memulai proyek Anda dengan fitur pencarian, Ideabook dan Outline Specification.

Artikel Menarik Lainnya

MINIATUR UNDIP 2018: Kembali Adakan Sayembara Nasional dan Forum Diskusi Arsitektur

Semarang, Minggu 25 November 2018 - Telah dilaksanakan penjurian tahap 2 Sayembara Nasional Miniatur Universitas Diponegoro 2018  bertemakan "More Than a Space". Diiringi dengan pameran 15 karya terbaik dan Forum Diskusi Arsitektur "Placemaking in Transient Space" bersama juri-juri sayembara sekaligus pembicara Baskoro Tedjo selaku prinsipal arsitek dari Hepta Desain dan Stephanie Larassati selaku prinsipal arsitek dari At-Lars.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 days ago

Roca Menghadirkan Jumpthegap (talk) untuk Pertama Kalinya di Indonesia

Jakarta, November 2018 – ROCA, brand yang bergerak dalam desain dan produk untuk area kamar mandi, mengadakan jumpthegap®(talk) pada hari Selasa, 27 November 2018, di Hotel Fairmont bagi para arsitek dan desainer interior. Acara pertama bagi ROCA di Indonesia ini menghadirkan beberapa profesional terkemuka di industri arsitektur dan desain, antara lain Nuria Ayala, arsitek dan project manager di OAB Office of Architecture di Barcelona; Ary Indra, arsitek dari Aboday Studio; serta Agatha Carolina, arsitek dari Bitte Design Studio.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

ARTMINGLE: Talk Show and Workshop, Big Life in A Small Space

Jakarta, Sabtu 17 November 2018 – Acara Talk Show dan Workshop Artmingle yang diselenggarakan oleh Jurusan Desain Interior UPH dengan narasumber Abimantra Pradhana pinsipal dari biro arsitek AGo Architects sukses digelar di Kantorkuu, Co-working and Office Space, Jakarta Selatan. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Hospitality Expo 2018 - Ajang Perkenalkan Karya Anak Bangsa ke Kancah Internasional

Jakarta, 24 Oktober 2018 – Pameran HOSPITALITY 2018 adalah pameran yang menghadirkan kolaborasi antara pelaku industri furnitur, kerajinan, desain interior dan peranti hotel yang berperan dalam industri hospitality resmi dibuka hari ini. Pameran ini berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran – Jakarta Pusat, pada tanggal 24-27 Oktober 2018.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago