Logo Bluprin Blog

The Tree of Life, Dominasi Kayu pada Hunian

ARCHITECTURE - PROJECTS / 1 month ago / By Bluprin

The Tree of Life, Dominasi Kayu pada Hunian

ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin - 1 month ago

Nama Prinsipal
:Andy Rahman
Tim Arsitek
:Andy Rahman, Muhammad Ubay, Reni Dwi Rahayu
Lokasi Project
:Surabaya
Luas Bangunan
:300
Luas Area
:383
Tahun Terbangun
:2017
Fotografer
:Mansyur Hasan
Manufaktur
:Propan, Mortar Utama, Osram, Ong Cen Kuang



Deskripsi oleh Andyrahman Architect

Dalam kepercayaan Jawa, pohon memiliki posisi yang sangat penting dalam kehidupan. Pohon dilambangkan sebagai kayon (gunungan), intinya adalah pohon hayat atau “pohon kehidupan”, yang menyimbolkan kehidupan di dunia beserta isinya. Dengan pohon, manusia akan hidup lestari. Tanpa pohon, manusia akan musnah.

©Mansyur Hasan

©Mansyur Hasan

Artikel Lainnya: Panbakers 2 – Interior Bergaya Rustic dengan Modern Vintage dan Sentuhan Luxury

Pohon memang menjadi isu yang cukup sensitif dalam pelestarian lingkungan dan keberlangsungan kehidupan di bumi, menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia, yang menjaga siklus ketersediaan oksigen di muka bumi serta menyediakan kayu sebagai material desain.

Pohon juga menjadi metafora dalam berarsitektur di wilayah tropis, sehingga yang penting pada sebuah rumah adalah naungan/teduhan atap, sedangkan dinding harus diupayakan agar menjadi dinding yang bisa dilalui cahaya dan udara secara leluasa. Rumah ini didesain dengan kesadaran seperti itu juga, sebagai sebuah naungan yang dilingkupi oleh dinding yang berlubang-lubang (roster).

©Mansyur Hasan

©Mansyur Hasan

Pemilik rumah ini adalah seorang pencinta kayu kelas berat, yang memiliki koleksi barang-barang kayu lama yang dikumpulkannya selama puluhan tahun. Penggunaan kayu memang harus bijak, dan memperhatikan sustainability-nya, agar selalu tersedia sebagai material bangunan. Ini juga berkaitan dengan kontinyuitas penanaman pohon di bumi, yang direalisasikan dengan penanaman pohon-pohon di area rumah ini.

©Mansyur Hasan

©Mansyur Hasan

Artikel Lainnya: The Nest – Memaksimalkan Space dengan Meniadakan Kolom di Tengah Ruangan

Karena merupakan makhluk hidup dan memiliki daya hidup, maka pohon ketika diolah menjadi kayu untuk material bangunan, akan memberi rasa “kehangatan” kepada ruang yang terjadi. Biasanya kayu digunakan untuk mengimbangi munculnya material anorganik yang “dingin” dan seperti beton, baja atau kaca.

©Mansyur Hasan

©Mansyur Hasan

Koleksi benda-benda kayu milik klien merupakan heritage yang tak ternilai harganya, yang melestarikan kayu dan sejarahnya kepada generasi penerus. Perabot kayu yang berkualitas tinggi tersebut menjadi bagian integral dalam desain rumah ini, sekaligus memberikan adanya unsur “sejarah”, mulai kayu baru, kayu lama bahkan fosil kayu purba pun ada (untuk wastafel dan meja ruang keluarga).

Desain rumah ini menggunakan tiga jenis kayu utama yang khas Indonesia, yaitu kayu Ulin, kayu Merbau dan kayu Jati. Kayu ulin dipakai untuk lantai dan untuk bagian depan rumah, yang menunjukkan kekuatan material kayu. Kayu merbau untuk lantai, kayu jati dipakai untuk kusen. Sedangkan kayu pinus bekas peti kemas digunakan untuk menyempurnakan hadirnya kayu dalam desain rumah ini.

©Mansyur Hasan

©Mansyur Hasan

Lihat foto proyek selengkapnya:
https://www.bluprin.com/project/the-tree-of-life

Lihat profil Andyrahman Architect:
https://www.bluprin.com/andyrahman-architect

Artikel Lainnya: Bobobox – Hotel Kapsul dengan Kontrol Pod Melalui Aplikasi

You May Also Like

Wiyung House, Pemanfaatan Skylight sebagai Pencahayaan Alami Maksimal

Wiyung House adalah Rumah kediaman Bapak Prihandoyo yang berlokasi di Surabaya, Ibukota Jawa Timur. Awal mula proses desain dimulai dengan desakan agar proses pembangunan rumah ini diselesaikan sesegera mungkin karena kebutuhan untuk pindah kediaman yang sangat mendesak. Alhasil, strategi yang dihasilkan adalah bagaimana menghasilkan desain yang bertumbuh, sehingga ketika pembangunan rumah ini belum selesaipun sudah bisa untuk ditempati.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 days ago

Green Garden House, Susunan yang Geometris pada Massa Bangunan

Green Garden House mulai di desain di tahun 2012. Tahun penting untuk disebutkan karena nominal tahun akan menjadi frame untuk melihat konteks yang terjadi pada rentang masa tersebut.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

CL House, Konsep Pinhole Glass pada Fasad

Rumah yang berlokasi di Jakarta selatan dibangun diatas tanah seluas 425m2, berada di pertigaan jalan yang padat lalu lintas dan bersebrangan dengan area ruko komersil.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

S House, Kayu sebagai Material Utama Sebuah Hunian

Terletak di kota Surabaya, rumah yang berdiri di lahan seluas 190 m2 memiliki fasad bangunan dengan kisi-kisi (louvre) yang disusun vertikal sebagai penanda arsitektur modern. Klien S House ini telah bergelut selama kurang lebih 15 tahun sebagai pengusaha kayu. Hal inilah yang menjadi inspirasi arsitek menjadikan kayu sebagai material utama rumah ini. Penggunaan kayu sebagai bagian dari konsep desain bangunan dapat terlihat pada tampilan bangunan. Trap tangga utama beton cor yang dilapis dengan multipleks, lantai parket kayu pada kamar tidur utama, deck kayu pada lantai teras, foyer dan balkon lantai atas, serta pada hampir semua custom furniturnya. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago