Logo Bluprin Blog

The Tree of Life, Dominasi Kayu pada Hunian

ARCHITECTURE - PROJECTS / 5 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 5 months ago

The Tree of Life, Dominasi Kayu pada Hunian


Nama Prinsipal
:Andy Rahman
Tim Arsitek
:Andy Rahman, Muhammad Ubay, Reni Dwi Rahayu
Lokasi Project
:Surabaya
Luas Bangunan
:300 m2
Luas Area
:383 m2
Tahun Terbangun
:2017
Fotografer
:Mansyur Hasan
Manufaktur
:Propan, Mortar Utama, Osram, Ong Cen Kuang



Deskripsi oleh Andyrahman Architect

Dalam kepercayaan Jawa, pohon memiliki posisi yang sangat penting dalam kehidupan. Pohon dilambangkan sebagai kayon (gunungan), intinya adalah pohon hayat atau “pohon kehidupan”, yang menyimbolkan kehidupan di dunia beserta isinya. Dengan pohon, manusia akan hidup lestari. Tanpa pohon, manusia akan musnah.

©Mansyur Hasan

©Mansyur Hasan

Artikel Lainnya: Panbakers 2 – Interior Bergaya Rustic dengan Modern Vintage dan Sentuhan Luxury

Pohon memang menjadi isu yang cukup sensitif dalam pelestarian lingkungan dan keberlangsungan kehidupan di bumi, menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia, yang menjaga siklus ketersediaan oksigen di muka bumi serta menyediakan kayu sebagai material desain.

Pohon juga menjadi metafora dalam berarsitektur di wilayah tropis, sehingga yang penting pada sebuah rumah adalah naungan/teduhan atap, sedangkan dinding harus diupayakan agar menjadi dinding yang bisa dilalui cahaya dan udara secara leluasa. Rumah ini didesain dengan kesadaran seperti itu juga, sebagai sebuah naungan yang dilingkupi oleh dinding yang berlubang-lubang (roster).

©Mansyur Hasan

©Mansyur Hasan

Pemilik rumah ini adalah seorang pencinta kayu kelas berat, yang memiliki koleksi barang-barang kayu lama yang dikumpulkannya selama puluhan tahun. Penggunaan kayu memang harus bijak, dan memperhatikan sustainability-nya, agar selalu tersedia sebagai material bangunan. Ini juga berkaitan dengan kontinyuitas penanaman pohon di bumi, yang direalisasikan dengan penanaman pohon-pohon di area rumah ini.

©Mansyur Hasan

©Mansyur Hasan

Artikel Lainnya: The Nest – Memaksimalkan Space dengan Meniadakan Kolom di Tengah Ruangan

Karena merupakan makhluk hidup dan memiliki daya hidup, maka pohon ketika diolah menjadi kayu untuk material bangunan, akan memberi rasa “kehangatan” kepada ruang yang terjadi. Biasanya kayu digunakan untuk mengimbangi munculnya material anorganik yang “dingin” dan seperti beton, baja atau kaca.

©Mansyur Hasan

©Mansyur Hasan

Koleksi benda-benda kayu milik klien merupakan heritage yang tak ternilai harganya, yang melestarikan kayu dan sejarahnya kepada generasi penerus. Perabot kayu yang berkualitas tinggi tersebut menjadi bagian integral dalam desain rumah ini, sekaligus memberikan adanya unsur “sejarah”, mulai kayu baru, kayu lama bahkan fosil kayu purba pun ada (untuk wastafel dan meja ruang keluarga).

Desain rumah ini menggunakan tiga jenis kayu utama yang khas Indonesia, yaitu kayu Ulin, kayu Merbau dan kayu Jati. Kayu ulin dipakai untuk lantai dan untuk bagian depan rumah, yang menunjukkan kekuatan material kayu. Kayu merbau untuk lantai, kayu jati dipakai untuk kusen. Sedangkan kayu pinus bekas peti kemas digunakan untuk menyempurnakan hadirnya kayu dalam desain rumah ini.

©Mansyur Hasan

©Mansyur Hasan

Lihat foto proyek selengkapnya:
https://www.bluprin.com/project/the-tree-of-life

Lihat profil Andyrahman Architect:
https://www.bluprin.com/andyrahman-architect

Artikel Lainnya: Bobobox – Hotel Kapsul dengan Kontrol Pod Melalui Aplikasi

Artikel Menarik Lainnya

MO House, Mengubah Gaya Hidup Minimalis di Lahan Terbatas

Pertama-tama, MO House fokus pada sebuah tantangan, yaitu untuk membuat rumah yang terjangkau bagi pasangan baru yang ingin mengembangkan keluarga dalam lahan terbatas sambil mengubah gaya hidup. Mande Austriono, arsitek DFORM sekaligus pemilik rumah ingin mengadvokasi gaya hidup minimalis dalam arsitekturnya.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

MP Office, Penerapan Wabi Sabi Style yang Iconic

Project Multi Production Office atau yang biasa disebut MP Office ini bermula saat klien kami mendatangi arsitek dan meminta untuk membuat bangunan kantor yang iconic serta memiliki estetika yang mampu bertahan lama (tidak cepat bosan termakan tren dan waktu). 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Casa de Montana, Hunian Unik dengan Lahan Trapesium dan Dua Sumbu Site

Rumah ini terletak di kaki Gunung Pancar, berhadapan langsung dengan salah satu anak sungainya. Lokasi di hoek memberi keuntungan besar, yaitu view yang tidak terhalang ke arah sungai, juga potensi memaksimalkan sinar matahari untuk penerangan di dalam rumah. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

ETC Hobby House, Tempat Bermain Basket di Rumah Tinggal

Berlokasi di sebuah komplek perumahan, ETC Hobby House adalah bangunan seluas 150 m2 yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan tempat bermain basket pribadi bagi anak-anak si pemilik rumah. Ketiga anaknya tersebut memiliki hobi bermain basket dan teman-teman mereka pun sering berkumpul di situ untuk menghabiskan waktu luang mereka. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago