Foto: Rumah Puri Surya Jaya ©Andyrahman Architect

Tinggal di negara tropis membuat Anda terbiasa hidup dengan hawa panas. Belum lagi jika tinggal di kota besar, di mana hawa terasa lebih panas karena banyaknya kendaraan dan sedikit pohon. Umumnya masyarakat memilih untuk menggunakan pendingin ruangan (air conditioner/AC) sebagai solusi cepat mendinginkan hawa dalam rumah.

Tapi hal tersebut tentunya membawa konsekuensi tagihan listrik yang tinggi. Adakah cara untuk memiliki rumah yang sejuk dengan meminimalisir penggunaan pendingin ruangan?

Mengoptimalkan Pergerakan Udara dengan Membuat Lubang Angin

Budisari Residence oleh ARCHID design&build - Menggunakan Ventilasi Udara pada Rumah Tinggal

Foto: Budisari Residence ©ARCHID design&build

Banyak orang merancang rumahnya agar tidak memiliki lubang angin dan hanya jendela saja. Hal ini sebenarnya merugikan bagi penghuni rumah karena membatasi pergerakan angin di dalam rumah. Udara bergerak (angin) terjadi paling maksimal jika ruangan dapat dilalui udara dari dua sisi.

Diagram Sirkulasi Udara dalam Bangunan

Foto: Diagram Sirkulasi Udara dalam Bangunan ©autodesk

Di sisi lain, tidak adanya lubang angin juga membahayakan karena meniadakan pertukaran udara dari dalam ke luar rumah. Jika anda takut rumah anda dipenuhi dengan nyamuk dan serangga lainnya, pemasangan kawat nyamuk bisa menjadi solusi.

FULMAR House oleh RDMA - Menggunakan Kisi pada Hunian untuk Sirkulasi Udara yang Baik

Foto: FULMAR House ©RDMA

Artikel Lainnya: Tip Agar Hunian Ramah Penyandang Disabilitas

Menghindari Cahaya Matahari Langsung

Tinggal di daerah tropis dengan cahaya matahari yang selalu ada sepanjang tahun sebenarnya merupakan suatu berkah, Anda tidak perlu memasang pemanas ruangan dan menyalakan lampu terlalu lama. Namun begitu, jika cahaya matahari langsung masuk ke dalam rumah, hal ini dapat membuat rumah menjadi panas dan tidak nyaman.

DAN House oleh RDMA - Atap Rumah dengan Tritisan Atap yang Lebar

Foto: DAN House ©RDMA

Dalam merancang rumah, sebaiknya jendela-jendela dirancang agar tidak berada di sisi timur dan barat dikarenakan di kedua sisi inilah matahari terbit dan terbenam. Tetapi jika lahan yang dimiliki tidak memungkinkan, Anda dapat merancang kanopi untuk mencegah cahaya matahari langsung masuk ke dalam rumah.

Babatan House oleh AIGI Architect + Associates - Rumah Tinggal dengan Kanopi Lebar

Foto: Babatan House ©AIGI Architect + Associates

Menanam Tumbuhan Hijau

Tip yang ini tidak hanya membuat rumah anda menjadi lebih sejuk tapi juga membuat udara di rumah Anda lebih segar. Menanam pohon terbukti membuat suhu udara di sekitar bertambah sejuk 3-40 Celcius.

DJ House oleh Sontang M Siregar - Menanam Pohon untuk Kesejukan Rumah

Foto: DJ House ©Sontang M Siregar

Jika rumah Anda mungil dan tidak memiliki halaman untuk menanam pohon, merawat tanaman dalam pot dan tanaman gantung dapat menjadi solusi. Tanaman gantung juga bisa ditempatkan di depan jendela, mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk langsung ke dalam rumah.

Budisari Residence oleh Archid Design and Build - Memanfaatkan Dinding Rumah untuk Vertical Garden

Foto: Budisari Residence ©ARCHID design&build

Demikian beberapa tip sederhana yang dapat diterapkan di rumah Anda. Rumah semakin sejuk, tagihan listrik pun berkurang. Selamat mencoba!

Artikel Lainnya: Pilih Sofa Kain atau Sofa Kulit? Berikut tipnya!

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

15 Inspirasi Ruang Bergaya Skandinavia

Dalam kurung waktu dua tahun terakhir, gaya Skandinavia begitu populer di dunia desain interior. Penataannya yang terkenal simpel, clean, serta fungsional membuat banyak penghuni jatuh hati dan mengadopsi gaya ini ke dalam huniannya.

19 April 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Tips Membuat Kamar Tidur Anak yang Nyaman

Menghabiskan sebagian besar waktunya di kamar untuk istirahat, bermain dan belajar, maka kenyamanan kamar tidur anak perlu diperhatikan. Selain faktor pencahayaan dan pengudaraan alami, masih banyak faktor lain yang perlu Anda perhatikan untuk menciptakan kamar tidur yang nyaman buat si kecil.

16 April 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Tips Mendekor Kamar Tidur Mungil

Kamar sebagai ruang istirahat menjadi ruang yang favorit para penghuni rumah. Setelah lelah beraktivitas seharian, kamar menjadi ruang yang dituju untuk sejenak melepas letih. Berbaring di ranjang yang empuk dengan suasana yang nyaman menjadi faktor penting untuk istirahat yang menenangkan.

16 April 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Inspirasi Warna pada Ruang Keluarga

Sebagai ruang yang paling sering digunakan untuk kumpul keluarga, warna dinding harus mendapat perhatian lebih. Untuk itu, inilah enam inspirasi warna pada ruang keluarga menurut para desainer interior yang harus Anda simak.

3 April 2018 / INTERIOR / By Bluprin