Logo Bluprin Blog

Tip Menyiasati Hunian Mungil

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Jovita Calista
TIPS N IDEA / By Jovita Calista / 1 year ago

Tip Menyiasati Hunian Mungil

Di era sekarang ini, kebutuhan untuk tinggal di pusat kota adalah hal yang menjadi kebutuhan banyak orang. Kepadatan penduduk yang semakin meningkat menyebabkan lahan untuk membangun hunian menjadi terbatas. Tetapi Anda tidak usah khawatir, rumah yang mungil bisa disiasati agar dapat dihuni dengan nyaman. Berikut tipnya!

Warnai dinding dalam hunian dengan warna-warna cerah dan sedikit pola

Secara psikologis, pola yang terlalu ramai dan warna gelap membuat ruangan terasa sempit. Warna cerah dan polos seperti putih, krem muda, kuning muda, memberi kesan ruangan yang lebih luas.

Lavande Residence oleh Vindo Design

Foto: Lavande Residence ©Vindo Design

Mengoptimalkan penerangan dalam ruangan

Untuk menambah kesan luas dalam ruangan, masukkan banyak cahaya. Cahaya yang paling baik tentunya adalah cahaya matahari natural.

Madison Park Studio Apartment oleh Flux Interior

Foto: Madison Park Studio Apartment ©Flux Interior

Namun begitu, jika anda tidak dapat membuat jendela yang luas, desain lighting yang baik juga dapat mengoptimalkan kesan luas dalam ruangan mungil anda.

Gading Greenhill oleh Studioku.Design.Asia

Foto: Gading Greenhill ©Studioku.Design.Asia

Artikel lainnya: Pilih Sofa Kain atau Sofa Kulit? Berikuttipnya!

Gunakan furnitur build in

Furnitur build in atau furnitur yang disesuaikan dengan bentuk ruang akan lebih menghemat tempat dibandingkan menggunakan furnitur yang dibeli. Rancangan furnitur sebaiknya dibuat sesedarhana mungkin serta dibuat multifungsi, sehingga hunian tidak dipenuhi oleh banyak furnitur.

Studio-Woodland Park Kalibata oleh Ranah Project

Foto: Studio-Woodland Park Kalibata ©Ranah Project

Furnitur untuk menyimpan barang (lemari atau kabinet) sebaiknya tertutup dan menggunakan warna senada/warna cerah lainnya yang sesuai dengan ruangan sehingga barang-barang tersimpan dengan rapi dan furnitur terlihat menyatu dengan ruangan.

OS Apartment oleh Koerie Design

Foto: OS Apartment ©Koerie Design

Memantulkan ruangan dengan cermin

Penggunaan cermin sudah lama dikenal sebagai cara untuk menyiasati ruangan sempit. Memasang cermin besar di satu sisi dinding dapat memberi kesan luas karena cermin memantulkan ruangan anda.

Casa Grande oleh SVE Interior

Foto: Casa Grande ©SVE Interior

Jika ruangan dipenuhi dengan furnitur seperti lemari atau kabinet, penggunaan cermin untuk memberi kesan luas bisa juga diaplikasikan pada penutup furnitur.

Grawisa Residence oleh Lucid Interior

Foto: Grawisa Residence ©Lucid Interior

Demikianlah berbagai tip rancangan agar hunian mungil anda dapat lebih tertata dan terasa lega. Semoga bermanfaat!

Artikel lainnya: Ingin menggunakan jasa arsitek? Ini tahapannya!

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago