Logo Bluprin Blog

Tip Menyiasati Hunian Mungil

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Jovita Calista
TIPS N IDEA / By Jovita Calista / 1 year ago

Tip Menyiasati Hunian Mungil

Di era sekarang ini, kebutuhan untuk tinggal di pusat kota adalah hal yang menjadi kebutuhan banyak orang. Kepadatan penduduk yang semakin meningkat menyebabkan lahan untuk membangun hunian menjadi terbatas. Tetapi Anda tidak usah khawatir, rumah yang mungil bisa disiasati agar dapat dihuni dengan nyaman. Berikut tipnya!

Warnai dinding dalam hunian dengan warna-warna cerah dan sedikit pola

Secara psikologis, pola yang terlalu ramai dan warna gelap membuat ruangan terasa sempit. Warna cerah dan polos seperti putih, krem muda, kuning muda, memberi kesan ruangan yang lebih luas.

Lavande Residence oleh Vindo Design

Foto: Lavande Residence ©Vindo Design

Mengoptimalkan penerangan dalam ruangan

Untuk menambah kesan luas dalam ruangan, masukkan banyak cahaya. Cahaya yang paling baik tentunya adalah cahaya matahari natural.

Madison Park Studio Apartment oleh Flux Interior

Foto: Madison Park Studio Apartment ©Flux Interior

Namun begitu, jika anda tidak dapat membuat jendela yang luas, desain lighting yang baik juga dapat mengoptimalkan kesan luas dalam ruangan mungil anda.

Gading Greenhill oleh Studioku.Design.Asia

Foto: Gading Greenhill ©Studioku.Design.Asia

Artikel lainnya: Pilih Sofa Kain atau Sofa Kulit? Berikuttipnya!

Gunakan furnitur build in

Furnitur build in atau furnitur yang disesuaikan dengan bentuk ruang akan lebih menghemat tempat dibandingkan menggunakan furnitur yang dibeli. Rancangan furnitur sebaiknya dibuat sesedarhana mungkin serta dibuat multifungsi, sehingga hunian tidak dipenuhi oleh banyak furnitur.

Studio-Woodland Park Kalibata oleh Ranah Project

Foto: Studio-Woodland Park Kalibata ©Ranah Project

Furnitur untuk menyimpan barang (lemari atau kabinet) sebaiknya tertutup dan menggunakan warna senada/warna cerah lainnya yang sesuai dengan ruangan sehingga barang-barang tersimpan dengan rapi dan furnitur terlihat menyatu dengan ruangan.

OS Apartment oleh Koerie Design

Foto: OS Apartment ©Koerie Design

Memantulkan ruangan dengan cermin

Penggunaan cermin sudah lama dikenal sebagai cara untuk menyiasati ruangan sempit. Memasang cermin besar di satu sisi dinding dapat memberi kesan luas karena cermin memantulkan ruangan anda.

Casa Grande oleh SVE Interior

Foto: Casa Grande ©SVE Interior

Jika ruangan dipenuhi dengan furnitur seperti lemari atau kabinet, penggunaan cermin untuk memberi kesan luas bisa juga diaplikasikan pada penutup furnitur.

Grawisa Residence oleh Lucid Interior

Foto: Grawisa Residence ©Lucid Interior

Demikianlah berbagai tip rancangan agar hunian mungil anda dapat lebih tertata dan terasa lega. Semoga bermanfaat!

Artikel lainnya: Ingin menggunakan jasa arsitek? Ini tahapannya!

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 2 days ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 3 days ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago