Di era sekarang ini, kebutuhan untuk tinggal di pusat kota adalah hal yang menjadi kebutuhan banyak orang. Kepadatan penduduk yang semakin meningkat menyebabkan lahan untuk membangun hunian menjadi terbatas. Tetapi Anda tidak usah khawatir, rumah yang mungil bisa disiasati agar dapat dihuni dengan nyaman. Berikut tipnya!

Warnai dinding dalam hunian dengan warna-warna cerah dan sedikit pola

Secara psikologis, pola yang terlalu ramai dan warna gelap membuat ruangan terasa sempit. Warna cerah dan polos seperti putih, krem muda, kuning muda, memberi kesan ruangan yang lebih luas.

Lavande Residence oleh Vindo Design

Foto: Lavande Residence ©Vindo Design

Mengoptimalkan penerangan dalam ruangan

Untuk menambah kesan luas dalam ruangan, masukkan banyak cahaya. Cahaya yang paling baik tentunya adalah cahaya matahari natural.

Madison Park Studio Apartment oleh Flux Interior

Foto: Madison Park Studio Apartment ©Flux Interior

Namun begitu, jika anda tidak dapat membuat jendela yang luas, desain lighting yang baik juga dapat mengoptimalkan kesan luas dalam ruangan mungil anda.

Gading Greenhill oleh Studioku.Design.Asia

Foto: Gading Greenhill ©Studioku.Design.Asia

Artikel lainnya: Pilih Sofa Kain atau Sofa Kulit? Berikuttipnya!

Gunakan furnitur build in

Furnitur build in atau furnitur yang disesuaikan dengan bentuk ruang akan lebih menghemat tempat dibandingkan menggunakan furnitur yang dibeli. Rancangan furnitur sebaiknya dibuat sesedarhana mungkin serta dibuat multifungsi, sehingga hunian tidak dipenuhi oleh banyak furnitur.

Studio-Woodland Park Kalibata oleh Ranah Project

Foto: Studio-Woodland Park Kalibata ©Ranah Project

Furnitur untuk menyimpan barang (lemari atau kabinet) sebaiknya tertutup dan menggunakan warna senada/warna cerah lainnya yang sesuai dengan ruangan sehingga barang-barang tersimpan dengan rapi dan furnitur terlihat menyatu dengan ruangan.

OS Apartment oleh Koerie Design

Foto: OS Apartment ©Koerie Design

Memantulkan ruangan dengan cermin

Penggunaan cermin sudah lama dikenal sebagai cara untuk menyiasati ruangan sempit. Memasang cermin besar di satu sisi dinding dapat memberi kesan luas karena cermin memantulkan ruangan anda.

Casa Grande oleh SVE Interior

Foto: Casa Grande ©SVE Interior

Jika ruangan dipenuhi dengan furnitur seperti lemari atau kabinet, penggunaan cermin untuk memberi kesan luas bisa juga diaplikasikan pada penutup furnitur.

Grawisa Residence oleh Lucid Interior

Foto: Grawisa Residence ©Lucid Interior

Demikianlah berbagai tip rancangan agar hunian mungil anda dapat lebih tertata dan terasa lega. Semoga bermanfaat!

Artikel lainnya: Ingin menggunakan jasa arsitek? Ini tahapannya!

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

15 Inspirasi Dekorasi dan Desain Kamar Tidur Minimalis [Tren Terbaru]

Desain kamar tidur minimalis dan mewah memang sedang dicari banyak orang. Di samping kesannya yang nyaman sangat mudah untuk diaplikasikan ke rumah sendiri. Berikut inspirasi desain kamar tidur terbaru dan sedang tren pada kalangan dunia!

22 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

6 Cara Tata Rumah Demi Sambut Imlek

Jumat (16/02/2018) mendatang akan menjadi hari yang istimewa bagi etnis Tionghoa. Pasalnya, mereka akan merayakan Tahun Baru Imlek (tahun 2569 Imlek). Berdasarkan siklus tahunan, Imlek tahun ini menjadi tanda berakhirnya tahun ayam api yang kemudian digantikan dengan Anjing Tanah (Brown Earth Dog).

14 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Kamar Tidur Nyaman untuk Istirahat yang Tenang

Kenyamanan dari suasana kamar tidur merupakan tempat yang sangat dibutuhkan bagi kita, apalagi selepas seharian melakukan aktivitas yang padat, memang paling menyenangkan bila ketemu kasur dan istirahat sejenak melepas lelah. Coba lihat kamar tidur Anda. Apakah sudah cukup nyaman dan mampu memberikan Anda waktu istirahat yang menenangkan?

29 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Poin Penting Gaya Eklektik pada Hunian

Rumah adalah tempat kembali semua orang dari segala aktivitas yang melelahkan. Untuk itu, rasa nyaman harus hadir dari sebuah hunian. Salah satu cara menciptakan rasa nyaman di rumah adalah dengan menghadirkan konsep hunian favorit Anda. Dengan begitu, rumah pun seolah menjadi oasis di tengah kelelahan yang melanda Anda.

9 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin