Logo Bluprin Blog

Tip Rancangan Hunian dengan Kolam

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Jovita Calista
TIPS N IDEA / By Jovita Calista / 1 year ago

Tip Rancangan Hunian dengan Kolam

Foto: S+I House ©DP+HS Architects

Banyak orang menginginkan rumahnya didekorasi dengan kolam. Ada yang menempatkan kolam untuk mendapatkan fengsui yang baik. Ada juga yang merancang kolam untuk alasan kesehatan karena air membawa suasana relaks dan juga menjaga temperatur ruangan untuk tetap sejuk.

Umumnya, orang-orang berpikir elemen air hanya ditempatkan dalam bentuk kolam di teras atau halaman rumah. Berikut ini adalah beberapa variasi menarik penempatan kolam bagi rumah Anda.

Kolam Sebagai Pendamping Ruang Tidur

Jika Anda memiliki kamar tidur yang menghadap ke halaman, kolam dapat diletakkan bersisian dengan kamar tidur anda. Bukaan seperti pintu atau jendela yang besar dapat dirancang ke arah halaman, langsung bersisian dengan kolam.

Diminished House oleh Wahana Architects

Foto: Diminished House ©Wahana Architects

Peletakan seperti ini memberikan suasana relaks bagi ruang tidur yang disediakan untuk beristirahat. Air juga memantulkan cahaya matahari, membuat ruangan menjadi lebih terang.

Diminished House oleh Wahana Architects

Foto: Diminished House ©Wahana Architects

Air Sebagai Bagian dari Interior Rumah

Jika biasanya kolam diletakkan di luar, Anda dapat mencoba membuat variasi dengan meletakannya di dalam ruangan.

Artikel lainnya: Inspirasi Desain Kolam Renang

Farila Guest House oleh AIGI Architect + Associates

Foto: Farila Guest House ©AIGI Architect + Associates

Penempatan kolam di dalam rumah perlu dipadu dengan aliran udara yang lancar dan asupan cahaya matahari yang cukup. Hal ini diperlukan agar uap air tidak berkumpul dalam ruang dan membuat ruangan menjadi lembab. Cahaya matahari yang cukup juga diperlukan agar ruangan tidak berjamur.

PS-26 Green Office oleh Wahana Architects

Foto: PS-26 Green Office ©Wahana Architects

Air Sebagai Penyatu Ruang Luar dan Dalam Rumah

Ide unik lainnya dapat berupa kolam yang dijadikan penyatu ruangan luar dan dalam rumah. Rancangan seperti ini dapat dibuat untuk menyiasati rumah yang berukuran tidak terlalu besar yang area luarnya tidak cukup luas menampung area kolam sehingga sebagian area kolam menjorok ke dalam rumah.

The Relaxation House oleh architectree
Foto: The Relaxation House ©architectree

Dengan rancangan seperti ini, kolam dapat dirancang lebih luas. Kolam dapat dimanfaatkan tidak hanya sebagai dekorasi rumah, tetapi juga sebagai tempat berolahraga.

The Relaxation House oleh architectree

Foto: The Relaxation House ©architectree

Nah, itu dia tip merancang hunian dengan kolam yang dapat diterapkan di hunian Anda. Untuk hasil desain yang lebih maksimal dan detail, temukan jasa arsitek yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya Anda. Selamat mencoba!

Artikel lainnya: Tips Pembuatan Kolam Renang di Rumah

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 21 hours ago

10 Cara Kreatif Membagi Space yang Kecil

Ruang huni yang lapang memang menyenangkan. Enak untuk tinggal, asyik pula untuk beraktifitas. Namun begitu, terutama di daerah urban, mendapatkan lahan yang cukup lapang dan affordable tidak mudah. Rumah kecil atau apartemen kemudian menjadi pilihan. Namun ada tantangan dalam menyikapi pengadaan ruangannya. Karena luasan ruangan yang ada mungkin tidak cukup bisa memenuhi setiap kebutuhan dan aktivitas Anda. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

Tips Memilih Furniture Untuk Anak

Memilih furniture anak bisa menjadi hal yang menyenangkan namun juga agak menyulitkan. Keinginan untuk memenuhi keinginan anak bisa jadi salah satu yang membuat Anda kesulitan, di satu sisi pastinya Anda ingin mengikuti keinginan buah hati Anda namun di sisi lain Anda juga harus memilih yang sesuai dengan keamanan si anak.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Sejuk Banget, Ini Dia 9 Desain Rooftop Garden

Memiliki taman di rumah tentu menyenangkan. Selain dapat membuat rumah sejuk, adanya taman juga dapat menjadi oase di tengah kesibukan di dalam maupun luar rumah. Namun, menghadirkan taman baik indoor maupun outdoor seringkali menjadi sulit karena tak adanya lahan. Ini selalu menjadi permasalahan bagi para pemiliki rumah dengan lahan terbatas.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago