Logo Bluprin Blog

Tipe Kitchen Set manakah untuk Dapur Anda? Berikut 5 Ragam Desainnya!

TIPS N IDEA / 4 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 4 months ago

Tipe Kitchen Set manakah untuk Dapur Anda? Berikut 5 Ragam Desainnya!

Kitchen set yang menawan dan nyaman tentunya dambaan bagi setiap wanita. Ruang dapur yang leluasa dan semua perabotan dapur harus bisa tertata dengan rapi. Bila sebuah dapur terdesain dengan baik dan tertata rapi, maka aktivitas memasak pun akan sangat menyenangkan dan dapat menciptakan suasana rumah yang semakin hangat dalam setiap hidangan makanan yang disajikan bersama anggota keluarga.

Dapur, khususnya dapur kering, juga kini bukan lagi sebuah ruang yang hanya digunakan untuk aktifitas memasak, namun menjadi area aktfitas lainnya bagi keluarga. Sehingga desain kitchen set menjadi penting dalam menentukan tata ruang dapur dan area penyimpanan bumbu atau perabotan masak. Berikut ini adalah tipe kitchen set yang bisa jadi referensi terbaik untuk anda:

1. Dapur Tipe  Linear

Tipe jenis ini dikenal dengan tipe satu baris atau single-line yang dapat diterapkan pada area atau ruang  dapur yang memanjang berbentuk persegi panjang. Kelebihan tipe kitchen single-line, yakni bentuknya yang hemat tempat sehingga tidak memerlukan banyak ruang. Agar aktivitas tetap dapat dilakukan secara maksimal, hal yang harus diperhatikan adalah lebar counter dapur yang sebaiknya tidak lebih kecil dari 60 cm.

Kitchen Set Foto: Skema Dimensi Dapur Tipe Linear ©Bluprin

Artikel Lainnya: 5 Tips Menata Ruang Keluarga Minimalis

Konsekuensi untuk tipe ini adalah tidak bisanya beraktivitas memasak memakai peralatan yang kompleks, apabila ruang dapur Anda tidak terlalu besar sehingga ruang gerak menjadi terbatas.

Kitchen Set Foto: #414 Singapore ©HelloEmbryo

Kitchen Set Foto: McNair Towers (1) ©Design NEU Pte Ltd

2. Dapur Tipe  Linear 2 Sisi

Dapur tipe linear 2 sisi hampir sama dengan tipe linear, yang membedakan adalah adanya meja yang saling berhadapan sebagai tempat penyimpanan sehingga terbentuklah layout seperti koridor. Area kerja juga harus diperhatikan agar tidak terlalu sempit. Area yang ideal yaitu minimal 120 cm dan minimal lebar counter 60 cm.

Kitchen Set Foto: Skema Dimensi Dapur Tipe Linear 2 Sisi ©Bluprin

Dapur tipe seperti ini cukuplah efisien untuk diterapkan di apartment. Area penyimpanan di seberang area kerja memasak juga bisa digunakan sebagai tempat menunggu saat masakan tiba dengan penambahan beberapa kursi. Tipe ini cocok digunakan untuk ruangan yang berbentuk persegi panjang.

Kitchen Set Foto: RD Residence Singapore ©HelloEmbryo

Kitchen Set Foto: Casa Grande ©SVE Interior

3. Dapur Tipe letter L

Desain dapur tipe letter L dipakai bertujuan untuk memanfaatkan sisi pojok rumah atau apartmen. Dapur tipe ini paling fungsional karena memanfaatkan ruang secara maksimal. Untuk Anda yang menyenangi aktivitas memasak secara kompleks, lebih tepat memakai tipe ini sebab alur kegiatan lebih memudahkan pekerjaan. Tipe jenis ini relatif sangat nyaman dipakai di ruang dapur sempit

Kitchen Set Foto: Skema Dimensi Dapur Tipe Letter L ©Bluprin

Area kerja minimal 120 cm agar gerak tubuh dalam memasak dapat maksimal. Bagian sisi kiri counter bisa digunakan sebagai area cuci dan bagian sisi kanan bisa digunakan sebagai peletakan kompor. Tipe ini cocok digunakan untuk ruangan yang berbentuk persegi.

Kitchen Set Foto: Comfort & Sleek ©Moire Living

Kitchen Set Foto: Kitchen Set ©VIKU FURNITURE

Artikel Lainnya: 15 Inspirasi Pelapis Lantai

4. Dapur Tipe Letter U

Dapur tipe letter U merupakan tipe yang digunakan untuk ruang dapur yang cukuplah lebar. Karena kitchen set berbentuk U, area simpan juga menjadi lebih banyak. Hal yang perlu diperhatikan adalah jarak jangan terlalu lebar sehingga membuat kita tidak efisien dalam memasak dan cepat lelah. Peletakan kitchen set juga  harus diperhatikan karena apabila letak kompor dan letak area cuci terlalu jauh menjadi tidak efektif.

Kitchen Set Foto: Skema Dimensi Dapur Tipe Letter U ©Bluprin 

Jarak area sirkulasi yang ideal untuk dapur tipe letter U minimal 120 cm dan lebar meja minimal 60 cm. Untuk tips, letakkan area cuci di paling ujung meja agar semua peralatan dapur menjadi satu deret dan tidak dipisahkan oleh area cuci.

Kitchen Set Foto: Rumah Grand Menteng ©Stefhanie Christy

Kitchen Set Foto: Harapan Indah House’s Kitchen ©VIRR Studio

5. Dapur Tipe Meja Island

Dapur tipe ini adalah salah satu yang paling favorit dan banyak diminati. Hal ini dikarenakan letak meja island yang menjadi fokus di tengah ruangan. Jenis ini sangat cocok bila Anda butuh tempat penyimpanan yang banyak, namun tentunya diperlukan ruang dapur yang lebih luas pula untuk penempatan meja island ini.

Kitchen Set Foto: Skema Dimensi Dapur Tipe Meja Island ©Bluprin

Karena di bagian tengah dapur ada meja, jadi harus diberikan jarak area sirkulasi minimal 120 cm antara pinggir meja kitchen island dan pinggir kabinet dapur. Jarak menjadikan gerak lebih leluasa dalam beraktivitas. Biasanya meja yang diletakkan di tengah digunakan sebagai meja makan dengan ditambahkannya beberapa kursi. Jadi dapur tipe meja island ini memiliki fungsi ganda, dan mempermudah meletakkan makanan yang siap saji ke meja tersebut.

Kitchen Set Foto: TT Residence ©INERRE Interior

Kitchen Set Foto: The Peak ©SVE Interior

Itulah 5 tipe kitchen set yang bisa diterapkan di dapur Anda agar kegiatan memasak lebih efisien. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda!

Foto cover: Season City Jakarta Apartment ©La.casa Interior

Artikel Lainnya: 10 Ide Penyimpanan Barang di Rumah 


Artikel Menarik Lainnya

Shera Mendukung FTUI Bangun Kembali Sekolah di Lombok Pasca Bencana

Membangun kembali sarana dan prasarana pasca bencana sangat penting sebagai upaya pemulihan kehidupan masyarakat di Lombok. Shera dan Fakultas Teknik UI mendukung inisiasi sekolah tanggap bencana.

Sponsored Article

Ragam Fungsi dan Estetika Desain Eksterior yang Menarik Hati

“Architecture is a visual art, and the buildings speak for themselves.”  Sebuah kutipan dari seorang arsitek Amerika, Julia Morgan. Desain yang baik adalah desain yang berbicara tanpa perlu banyak penjelasan dan intepretasi. Dalam arsitektur, desain eksterior merupakan hal yang krusial. Mengapa? Karena merupakan tampilan terluar yang representatif bagi hunian ataupun kantor tempat Anda bekerja. Hal pertama yang dilihat bagi siapapun yang datang atau melihat sebuah bangunan.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

10 Inspirasi Fasad Rumah Sejuk untuk 2019

Fasad (facade) pada dasarnya adalah bagian muka dari sebuah bangunan. Oleh karena itu, fasad bisa berarti bagian muka bangunan samping, belakang, atau depan. Walau begitu, seiring dengan perkembangan waktu, fasad lebih sering diartikan sebagai bagian depan dari sebuah bangunan. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

10 Inspirasi Penyimpanan Mainan Anak di Rumah

Tak dipungkiri bahwa anak-anak memang identik dengan mainan. Kebanyakan orang tua juga senang membeli mainan anak yang disuka oleh si kecil. Namun, banyaknya mainan anak yang dimiliki acapkali membawa masalah karena kamar anak menjadi sangat berantakan terlebih jika tidak ada tempat penyimpanan mainan di dalam kamar anak. Tak jarang, mainan anak pun tersebar ke ruangan lain yang membuat Anda semakin pusing dengan kekacauan ini.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Jangan Asal Pilih Keramik Lantai Rumah, Pertimbangkan Fungsi Ruangnya Dulu, Ya!

Sampai saat ini, keramik lantai masih menjadi primadona di antara kelompok material pelapis lantai. Pasalnya harganya yang relatif terjangkau sepadan dengan karakternya yang anti “rewel”. Selain perawatannya yang mudah, berbagai produsen keramik lantai berlomba-lomba menciptakan inovasi keramik lantai yang kaya akan ragam tekstur, motif, dan bentuk, sehingga bisa disesuaikan dengan segala fungsi ruang, khususnya dalam sebuah hunian.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago