Logo Bluprin Blog

Tips Agar Rumah Berplafon Rendah Tetap Terasa Adem

TIPS N IDEA / 3 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 3 months ago

Tips Agar Rumah Berplafon Rendah Tetap Terasa Adem

Tinggi rendah plafon memengaruhi panas ruang di dalam rumah. Plafon yang rendah akan mengurangi kelancaran sirkulasi udara di dalam rumah. Pemecahannya harus disertai dengan memperbaiki ventilasi udara di dalam rumah, khususnya di area atap dan sekitarnya.


Idealnya, jarak antara lantai dengan plafon adalah 3,2 m - 3,4 m. Lebih dari angka ini, maka rumah akan semakin baik dihuni. Ini dikarenakan hawa panas yang bersumber dari atap, lalu masuk ke plafon, dan kemudian turun ke dalam ruang, akan semakin tereduksi dengan jarak yang panjang.


Namun, kenyataan di lapangan saat ini adalah beberapa rumah yang dibangun pengembang memiliki ketinggian plafon sekitar 2,6 m - 3 m. Hal ini tak bisa dihindari ketika rumah dibeli dari pengembang dan pengembang mengaplikasikan plafon yang rendah. Lantas, apa yang harus dilakukan agar ruang di dalam rumah tetap adem walau rumah berplafon rendah?


1. Melapisi dengan Aluminium Foil

Foto: Tiara Residence ©BAMA Architect

Artikel Lainnya: 6 Cara Percantik Lantai Kayu

Aluminium foil adalah pelapis anti panas yang berfungsi sebagai isolasi atap. Material ini dipercaya dapat memantulkan panas hingga 97%. Namun, seberapa besar efektivitas bahan itu tergantung dari jenis dan tebalnya.

Pemasangan aluminium terbilang praktis jika atap belum terpasang, karena bahan ini cukup dijepit di antara reng dan kaso. Jika konstruksi rangka atap sudah jadi, caranya adalah lepas genting, pasang aluminium foil di kaso lama, lalu jepit dengan kaso baru. Akan tetapi, teknik ini hanya bisa dilakukan pada rangka atap kayu, bukan baja ringan.

2. Pakai Turbin Ventilator di Atap

Untuk menyempurnakan sirkulasi di plafon, Anda juga harus memperhatikan sirkulasi di atapnya. Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat sirkulasi di atap. Pertama, menambah turbin ventilator di atap. Fungsi turbin ventilator ini untuk menghisap udara panas dan debu, sekaligus berfungsi sebagai alat sirkulasi udara. Cara lain, gantilah beberapa genting di rumah Anda dengan genting sirkulasi.

3. Menggunakan Cat Antipanas

Foto: Makassar Residence ©Ballak Interior


Artikel Lainnya: 5 Trik Pemisah Antar Ruang Selain dengan Dinding


Cat pelapis antipanas ini memilik fungsi utama menolak panas matahari pada permukaan bangunan sehingga membantu menjaga suhu ruangan dalam bangunan.Cat pelapis antipanas ini bisa diaplikasikan di dinding, atap beton (dak), genting lembaran, dan genting kepingan (genting keramik, beton, dan tradisional). Dengan menggunakan cat ini, suhu permukaan bangunan di klaim dapat turun 100C - 150C. Cara aplikasinya sama seperti mengecat.


4. Melubangi Area Sekitar Plafon

Foto: Interior Project ©INERRE Interior

Anda bisa membobok dinding tepat di area bawah plafon sebagai lubang sirkulasi di setiap ruang. Jarak dari plafon ke lubang bobokan ini idealnya 20 - 30 cm, dengan ukuran lubang minimal 10 cm x 40 cm. Jarak dan ukuran ini mampu mendorong hawa panas ke atas ruang dan akhirnya ke luar ruangan. Tempatkan lubang di antara 2 dinding yang berhadapan namun tidak sejajar. Namun, siasat ini jarang dilakukan orang karena repot harus membongkar dinding.

Itulah empat tips membuat adem walaupun pada plafon yang rendah sekaligus di rumah Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda! 

Foto cover: Kelapa Gading Residence ©Fine Team Studio

Artikel Lainnya: 7 Tips Aman Beli Rumah Bekas


Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 2 days ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 3 days ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago