Logo Bluprin Blog

Tips Ciptakan Hunian dengan Nuansa Coffee Shop

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 1 year ago

Tips Ciptakan Hunian dengan Nuansa Coffee Shop

Seiring dengan meningkatnya gaya hidup kaum urban, bisnis kedai kopi kian menjamur di berbagai sudut perkotaan. Sebagai daya tarik konsumen, kedai kopi biasanya didesain semenarik mungkin agar konsumen yang datang betah berlama-lama di kedai kopinya. Dari desain interiornya yang khas dan memberikan rasa nyaman, ditambah alunan musik yang semakin menambah kenyamanan kedai kopi.

Bila Anda merupakan pecinta kopi dan ingin menyulap hunian Anda layaknya sebuah coffee shop, simak tips berikut ini.

1. Dominasi Vintage

Siapkan sebuah ruangan yang akan Anda sulap dengan suasana kedai kopi, bisa ruang makan atau ruang baca. Anda juga bisa menyiapkan salah satu sudut ruangan di rumah Anda yang ingin disulap layaknya kedai kopi.

Domiansi- Vintaga untuk Menciptakan Suasana Kedai Kopi pada Hunian

Foto: ©pinimg

Biasanya, kedai kopi identik dengan dominasi barang-barang vintage. Bla Anda memiliki barang-barang bekas yang tak terpakai, jangan buang begitu saja. Manfaatkanlah kembali. Misalnya, tong bekas, kayu bekas, atau barang lainnya. Barang bekas tersebut bisa menjadi dekroasi yang menambah nuansa kedai kopi di rumah Anda.

Artikel lainnya: Mendekorasi Rumah Berdasarkan Zodiak

Dekorasi Vintage untuk Ciptakan Kesan Kedai Kopi pada Hunian

Foto: ©k-img

2. Pilih Cat

Gunakan Cat Monokrom pada Dinding Rumah untuk Suasana pada Kedai Kopi

Foto: ©pinimg

Bila ruangan sudah terpilih, cat ruangan tersebut dengan warna yang identik dengan coffee shop. Misalnya, warna krem pada dinding atau warna-warna monokrom yang membuat Anda betah berlama-lama di ruangan ini.

Pilih Warna Monokrom untuk Dinding Rumah agar Hunian Terasa Seperti Kedai Kopi

Foto: ©pinimg

3. Pemilihan Furnitur

Penggunaan Furnitur dengan Gaya Futuristik untuk Ciptakan Suasana Kedai Kopi dalam Hunian

Foto: ©dhgate

Kedai kopi biasanya identik dengan furnitur yang unik dan futuristik. Anda bisa mengganti lampu biasa menjadi lampu gantung yang didesain futuristik berbentuk prisma. Untuk furniur, gunakan furnitur yang berkaki ramping namun tetap nyaman saat diduduki. Gunakan pencahayaan yang remang dan tidak terlalu terang agar menambah kesan homey

Artikel lainnya: Pilih Sofa Kain atau Sofa Kulit? Berikut tipnya!

Lampu Gantung dengan Desain Futuristik Cocok untuk Menghidupkan Suasana Kedai Kopi dalam Hunian

Foto: ©alicdn

Furnitur dengan Warna Netral dan Alami Memperkuat Kesan Kedai Kopi dalam Hunian

Foto: ©californiahomedesign

4. Perbanyak Ambalan

Perbanyak Furnitur seperti Rak untuk Menyimpan Gelas seperti pada Kedai Kopi

Foto: ©homensdacasa

Di kedai kopi yang sesungguhnya, biasanya banyak terdapat rak atau ambalan yang digunakan sebagai tempat botol-botol atau gelas. Manfaatkan dinding di rumah Anda untuk ditempel ambalan yang berfungsi sebagi penyimpanan gelas-gelas. Agar tak monoton, hias pajangan mug dengan ejaan C-O-F-F-E-E.

Artikel lainnya: Rumus Cepat Terapkan Fengshui pada Hunian

Penggunaan Rak untuk Penyimpanan Gelas pada Hunian

Foto: ©pinimg

5. Tambahkan Mural

Salah satu yang bisa menjadi identitas setiap coffee shop adalah desain pada dinding yang dibuat unik, misalnya dengan mural atau gravity. Hias dinding pada rumah Anda dengan mural, namun jangan terlalu besar agar ruangan tidak terkesan sempit.

Mural pada Dinding Khas Kedai Kopi dapat diterapkan pada Hunian untuk Menciptakan Suasana Kedai Kopi

Foto: ©freshome

Dengan mengikuti kelima tips di atas, salah satu ruang di rumah Anda pun tampak homey seperti kedai kopi pada umumnya. Selamat mencoba!

Cover Foto: ©californiahomedesign

Artikel lainnya: MINT Design Studio – Arsitektur yang Berkarakter

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago