Logo Bluprin Blog

Tips Ciptakan Rumah Ramah Lingkungan

TIPS N IDEA / 6 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 6 months ago

Tips Ciptakan Rumah Ramah Lingkungan

Tak bisa dipungkiri bahwa kondisi lingkungan sekarang semakin memburuk. Pemanasan global dan perubahan iklim yang tidak menentu menjadi dampaknya. Untuk mengurangi dampak tersebut perlu mendapatkan campur tangan dari manusia-nya. Salah satunya melalui penerapan rumah ramah lingkungan.

Untuk menciptakan rumah ramah lingkungan dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana. Berikut keenam caranya.

1. Perbanyak Bukaan
Foto: S House ©Simple Projects Architecture 

Rumah ramah lingkungan harus memiliki ciri-ciri dari rumah sehat yakni mendapatkan pencahayaan dan pengudaraan alami. Banyaknya bukaan dalam rumah tidak hanya memudahkan sinar matahari masuk, tetapi juga memudahkan udara sejuk masuk ke dalam hunian. Dengan begitu, Anda tak lagi perlu menyalakan lampu saat siang atau penyejuk udara di ruangan.

Artikel Lainnya: Mengenal 9 Tipe Window Blinds dan Tirai Jendela untuk Rumah Anda

2. Terapkan Ventilasi Silang
Foto: Sujiva Living ©Somia Design

Selain memperhatikan jumlah bukaan, Anda juga perlu memperhatikan posisi dari tiap jendelanya. Ventilasi silang atau cross ventilation adalah dua bukaan berupa jendela atau pintu yang letaknya saling berhadapan di dalam satu ruangan. Adanya ventilasi silang memungkinkan perputaran udara terjadi terus menerus sehingga meminamalisir udara kotor dalam ruang. Dengan penggunaan ventilasi silang, pemilik rumah dapat menghemat biaya pemakaian pendingin ruang yang menjadi ciri dari rumah ramah lingkungan.

3. Tidak Adanya Sekat
Foto: S House ©Simple Projects Architecture 

Cara lain agar rumah tidak menggunakan pendingin ruangan adalah dengan tidak adanya sekat. Sebab, sekat dapat memotong sirkulasi udara di dalam ruang. Oleh sebab itu, hindari penggunaan sekat dalam ruang agar sirkulasi udara berlangsung merata dan tidak ada ruang yang pengap di dalamnya. Salah satu ciri rumah ramah lingkungan adalah rumah yang selalu mendapatkan udara sejuk di dalamnya.

4. Penggunaan Material Bekas
Foto: Abia Villa ©HMP Architects

Pemanfaatan material bekas berarti Anda sudah satu langkah dalam menerapkan rumah ramah lingkungan. Anda bisa gunakan tangga bekas sebagai area storage baik di ruang tamu maupun kamar mandi.

Artikel Lainnya: Suasana Hangat di Kamar Tidur Gaya Rustic

5. Gunakan Material Tahan Lama
Foto: House in Citra Garden ©Andyrahman Architect

Perhatikan betul material yang Anda gunakan. Untuk bagian eksterior, pilihlah material yang tahan terhadap air dan matahari. Di bagian interior juga perhatikan material yang tahan terhadap serangan hama. Penggunaan material yang minim perawatan semisal pengecatan ulang, dapat menjadi salah satu cara untuk meminimalkan kerusakaan lingkungan.

6. Hadirkan Konsep Hijau
Foto: Selasar House ©Andyrahman Architect

Tanaman merupakan faktor penting untuk rumah ramah lingkungan. Jika Anda memiliki lahan lebih, Anda bisa membuatnya menjadi taman, baik outdoor maupun indoor. Namun, jika tidak memungkinkan menghadirkan taman, Anda masih bisa menciptakan suasana hijau di rumah dengan konsep taman vertikal. Tidak membutuhkan area lebih, dinding kosong dari rumah bisa dibuat menjadi taman vertikal.

Itulah beberapa tips untuk menciptakan rumah ramah lingkungan yang bisa Anda terapkan di rumah Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda!

Artikel Lainnya: Desain Pastel Ruang Keluarga


Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago