Logo Bluprin Blog

Tips Ciptakan Rumah Ramah Lingkungan

TIPS N IDEA / 4 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 4 months ago

Tips Ciptakan Rumah Ramah Lingkungan

Tak bisa dipungkiri bahwa kondisi lingkungan sekarang semakin memburuk. Pemanasan global dan perubahan iklim yang tidak menentu menjadi dampaknya. Untuk mengurangi dampak tersebut perlu mendapatkan campur tangan dari manusia-nya. Salah satunya melalui penerapan rumah ramah lingkungan.

Untuk menciptakan rumah ramah lingkungan dapat dilakukan dengan cara-cara sederhana. Berikut keenam caranya.

1. Perbanyak Bukaan
Foto: S House ©Simple Projects Architecture 

Rumah ramah lingkungan harus memiliki ciri-ciri dari rumah sehat yakni mendapatkan pencahayaan dan pengudaraan alami. Banyaknya bukaan dalam rumah tidak hanya memudahkan sinar matahari masuk, tetapi juga memudahkan udara sejuk masuk ke dalam hunian. Dengan begitu, Anda tak lagi perlu menyalakan lampu saat siang atau penyejuk udara di ruangan.

Artikel Lainnya: Mengenal 9 Tipe Window Blinds dan Tirai Jendela untuk Rumah Anda

2. Terapkan Ventilasi Silang
Foto: Sujiva Living ©Somia Design

Selain memperhatikan jumlah bukaan, Anda juga perlu memperhatikan posisi dari tiap jendelanya. Ventilasi silang atau cross ventilation adalah dua bukaan berupa jendela atau pintu yang letaknya saling berhadapan di dalam satu ruangan. Adanya ventilasi silang memungkinkan perputaran udara terjadi terus menerus sehingga meminamalisir udara kotor dalam ruang. Dengan penggunaan ventilasi silang, pemilik rumah dapat menghemat biaya pemakaian pendingin ruang yang menjadi ciri dari rumah ramah lingkungan.

3. Tidak Adanya Sekat
Foto: S House ©Simple Projects Architecture 

Cara lain agar rumah tidak menggunakan pendingin ruangan adalah dengan tidak adanya sekat. Sebab, sekat dapat memotong sirkulasi udara di dalam ruang. Oleh sebab itu, hindari penggunaan sekat dalam ruang agar sirkulasi udara berlangsung merata dan tidak ada ruang yang pengap di dalamnya. Salah satu ciri rumah ramah lingkungan adalah rumah yang selalu mendapatkan udara sejuk di dalamnya.

4. Penggunaan Material Bekas
Foto: Abia Villa ©HMP Architects

Pemanfaatan material bekas berarti Anda sudah satu langkah dalam menerapkan rumah ramah lingkungan. Anda bisa gunakan tangga bekas sebagai area storage baik di ruang tamu maupun kamar mandi.

Artikel Lainnya: Suasana Hangat di Kamar Tidur Gaya Rustic

5. Gunakan Material Tahan Lama
Foto: House in Citra Garden ©Andyrahman Architect

Perhatikan betul material yang Anda gunakan. Untuk bagian eksterior, pilihlah material yang tahan terhadap air dan matahari. Di bagian interior juga perhatikan material yang tahan terhadap serangan hama. Penggunaan material yang minim perawatan semisal pengecatan ulang, dapat menjadi salah satu cara untuk meminimalkan kerusakaan lingkungan.

6. Hadirkan Konsep Hijau
Foto: Selasar House ©Andyrahman Architect

Tanaman merupakan faktor penting untuk rumah ramah lingkungan. Jika Anda memiliki lahan lebih, Anda bisa membuatnya menjadi taman, baik outdoor maupun indoor. Namun, jika tidak memungkinkan menghadirkan taman, Anda masih bisa menciptakan suasana hijau di rumah dengan konsep taman vertikal. Tidak membutuhkan area lebih, dinding kosong dari rumah bisa dibuat menjadi taman vertikal.

Itulah beberapa tips untuk menciptakan rumah ramah lingkungan yang bisa Anda terapkan di rumah Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda!

Artikel Lainnya: Desain Pastel Ruang Keluarga


Artikel Menarik Lainnya

12 Kain Interior yang Harus Anda Ketahui

Pada mulanya, kain interior hanya berfungsi sebagai penutup atau penghalau terik matahari. Kain difungsikan untuk meningkatkan privasi Anda, seperti menjadi tirai atau gorden. Namun dalam perkembangannya, kemudian kain juga menjadi bahan penambah kesan estetik. Kain untuk membuat rumah menjadi lebih keren. Dan kain bukan hanya untuk gorden atau tirai saja. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 5 days ago

5 Inspirasi Rumah Mewah Minimalis yang Kekinian

Ada banyak konsep atau tema rumah yang bisa diterapkan pada hunian Anda. Salah satunya ialah rumah mewah minimalis. Konsep rumah mewah minimalis biasanya dipilih untuk hunian yang ukurannya luas. Pemilik rumah memilih konsep rumah mewah minimalis karena tampilannya dianggap memberi kesan yang wah dan tak lekang oleh waktu. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Membuat Tampilan Jadi Cantik, Inilah Beragam Inspirasi dari Solid Surface

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat furnitur atau perabotan dalam rumah. Namun, beberapa tahun terakhir ini, hadir material yang marak sekali digunakan sebagai top table pada meja dapur (meja island). Ya, namanya solid surface. Dilihat dari tampilannya, solid surface memiliki kemiripan dengan granit dan marmer. Maka tak heran bila material solid surface dikatakan sebagai tiruan dari kedua material tersebut.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Inspirasi Decking Kayu untuk Mempercantik Rumah Anda

Kalau di dalam rumah ada flooring kayu atau parket, maka di luar rumah ada decking kayu. Karena pemasangannya di luar ruangan, decking kayu ini seringkali juga disebut decking outdoor. Orang Barat menggunakan decking kayu sebagai agar garden mereka tampak stylish  saat barbeque party, dinner, atau nge-teh sore hari. Jenis lantai outdoor ini juga digunakan sebagai decking kolam renang. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago