Logo Bluprin Blog

Tips dan Trik Merancang Pencahayaan Ruang

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Jovita Calista
TIPS N IDEA / By Jovita Calista / 1 year ago

Tips dan Trik Merancang Pencahayaan Ruang

Memperindah ruang dalam dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kebanyakan orang memperindah rumahnya dengan memadupadankan furnitur, ada juga yang memilih aneka warna cat dan pelapis dinding, tapi tahukah Anda bahwa ada satu hal yang sangat mempengaruhi suasana ruangan secara keseluruhan? Hal itu adalah pencahayaan ruangan.

Kebanyakan dari kita mungkin memahami bahwa pencahayaan ruangan cukup dilakukan dengan memasang lampu pada langit-langit atau lampu ornamental seperti di sisi tempat tidur. Apabila Anda ingin membuat suasana ruang yang berbeda dengan pencahayaan yang lebih menarik, artikel ini akan membahas beberapa tips bagaimana Anda dapat merancang pencahayaan ruang Anda!

Merancang Drop Ceiling

Langit-langit ruangan atau ceiling dapat dirancang agar memiliki ketinggian yang berbeda. Nah, selisih dari ketinggian langit-langit atau yang disebut sebagai drop ceiling ini dapat dimanfaatkan untuk menempatkan lampu Anda.

tips dan trik merancang pencahayaan ruang-pada furnitur atria apartment

Foto: Atria Apartment ©PT Ergonomi Cipta Karya

Menyembunyikan lampu dalam drop ceiling berguna agar cahaya tidak memancar langsung ke ruangan. Rancangan seperti ini cocok bagi Anda yang menginginkan ruang tamu yang agak tenang ataupun untuk pencahayaan kamar tidur.

tips dan trik merancang pencahayaan ruang-pada furnitur 11A Residence

Foto: 11A Residence ©Sontani+Partners

Menempatkan Pencahayaan pada Furnitur

Furnitur Anda dapat dirancang agar memiliki fungsi tambahan untuk menempatkan sumber cahaya. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan merancang headboard tempat tidur Anda menjadi sumber cahaya redup untuk menemani Anda sebelum tidur.

tips dan trik merancang pencahayaan ruang-pada furnitur Margonda Residence

Foto: Margonda Residence ©Studio Ranah

Begitu pula dengan kabinet dapur Anda. Kabinet dapur dapat dirancang sebagai tempat perletakan lampu. Selain menambah keindahan ruangan, sumber cahaya ini dapat membantu Anda dalam kegiatan memasak dan mempersiapkan makanan!

tips dan trik merancang pencahayaan ruang pada furnitur G Vienna Residence

Foto: G-Vienna Residence ©Acasa Studio

Menempatkan Pencahayaan pada Dinding

Dinding rumah Anda pun dapat menjadi tempat sumber cahaya berada. Jika Anda bosan dengan dinding yang datar, Anda dapat mencoba merancangnya dengan trik yang sama seperti merancang langit-langit: membuat kedalaman yang berbeda pada dinding Anda dan memanfaatkan perbedaan kedalaman itu untuk meletakkan sumber cahaya.

tips dan trik merancang pencahayaan ruang pada dinding Verde Apartment

Foto: Verde Apartment ©L Space Interior

Pada ruang tidur, penempatan cahaya tidak langsung pada dinding seperti ini memberikan cahaya temaram untuk menerangi kamar and sebelum tidur. Selain itu, penempatan pencahayaan seperti ini juga bisa menjadi opsi untuk mempercantik ruangan Anda.

tips dan trik merancang pencahayaan ruang pada dinding Permata Mediterania Residence

Foto: Permata Mediterania Residence ©Fine Team Studio

Berikut beberapa contoh tip dan trik bagaimana Anda dapat membuat variasi dalam perancangan sumber cahaya di ruangan Anda. Anda dapat mencobanya sendiri atau membuat rancangan yang lebih harmonis dengan para perancang interior dan lighting yang ada di website ini! 

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago