Logo Bluprin Blog

Tips Memasang Pencahayaan di Dapur

TIPS N IDEA / 8 months ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 8 months ago

Tips Memasang Pencahayaan di Dapur

Dapur merupakan ruang paling sibuk dari sebuah hunian. Dari pagi hingga malam, ruangan ini selalu ramai oleh anggota keluarga yang ingin memasak dan menikmati makanan. Melihat pentingnya ruang tersebut, maka pencahayaan menjadi salah satu faktor yang harus dipikirkan dengan baik. Pencahayaan yang baik di dapur dapat membantu Anda dalam melakukan tugas-tugas di dapur. Lebihnya lagi dapat menambah karakter ke sebuah ruang sekaligus memberikan mood yang nyaman.

Memasang pencahayaan bukan perkara mudah. Seseorang seringkali dibingungkan oleh pilihan lampu yang tepat untuk menyiapkan, memasak dan makan bersama keluarga. Untuk memudahkan Anda, berikut kami sajikan beberapa hal penting ketika merencanakan pencahayaan yang efektif di dapur. Check itu out!

  • Memasang Task Lighting


Foto: Backsplash berwarna putih dan pencahayaan dari lampu di kabinet membuat area mamasak ini lebih terlihat lebih terang sehingga menimalisir terjadinya kesalahan di dapur

Prioritas pertama dari pencahayaan di dapur adalah dapat memberikan penerangan yang cukup untuk pekerjaan dapur. Hal ini bisa diraih dengan memasang task lighting dari lampu LED strip lights yang diletakkan di bawah dan di atas kabinet. Pencahayaan ini tidak menyilaukan atau membuat ruangan menjadi panas, melainkan mampu menciptakan cahaya ruangan menjadi lebih optimal. Namun, pastikan tidak tercipta bayangan di meja persiapan makanan agar pekerjaan dapur dapat berjalan maksimal.

  • Tambahkan Pencahayaan di Sekitar


Foto: Seperti di dapur ini, Anda bisa tambahkan tiga lampu gantung di atas meja makan agar acara makan malam Anda dan keluarga makin akrab dan hangat

Jika ruang makan Anda berada dekat dengan dapur, Anda bisa pasang lampu gantung tepat di atas meja makan. Tidak saja dapat menyorot makanan dengan jelas, suasana makan Anda bersama keluarga pun makan akrab dan hangat berkat cahaya lampu yang menyinari daerah sekitar.

  • Sorot Fitur Terbaik


Foto: Dinding belakang kabinet yang terbuat dari marmer bermotif garis-garis hitam panjang ini dijadikan ole pemilik rumah sebagai focal point. Lampu temaram dipasang untuk semakin menonjolkkan kesan dramatis

Desain di dapur Anda pasti memiliki fitur-fitur dengan aksen yang bagus. Jangan sia-siakan aksen tersebut. Gunakan lampu untuk menarik perhatian pada fitur tersebut. Bila yang menjadi aksen utama dari dapur Anda adalah bagian backsplash, maka pasang lampu sorot tepat di antara atas backsplash dan bawah kabinet. Anda juga bisa memasang lampu di rak kabinet kaca atau rak terbuka untuk menonjolkan display Anda. 

  • Pilih Desain yang Serupa


Foto: Warna kayu dan putih mendominasi area ini. Tidak jauh berbeda dengan ruang lainnya dalam hunian yang menerapkan kedua warna tersebut

Ada banyak sekali desain dari bentuk lampu. Ketika memilih desain lampu untuk dapur atau meja makan, pastikan pilih yang senada dengan gaya pada ruangan lainnya di hunian Anda. Memilih gaya yang serupa dapat mengalirkan “rasa” yang sama di antara ruang-ruang. Jadi, tidak ada yang bentrok atau beda gaya sendiri.

  • Pilih Ukuran yang Tepat


Foto: Kedua lampu gantung di atas meja makan ini berada di posisi yang tepat sehingga tidak mengganggu aktivitas di ruang makan, melainkan bekerja optimal menerangi area tersebut

Ketika desainnya sudah baik, maka ukuran dari lampunya pun juga menjadi penting. Pilihlah yang sesuai dengan ukuran dari dapur Anda. Jika terlalu besar dapat “menghancurkan” tampilan furnitur lain yang ada di dapur. Jika terlalu kecil, kemungkinan tidak akan terlihat dan seolah tengelam di tengah furnitur yang lain. Penting juga untuk memasang lampu gantung dengan ketinggian yang tepat agar tidak mengenai kepala. Secara umum, tinggi lampu berada di 80 cm di atas meja.

  • Memiliki Kontrol Terhadap Pencahayaan


Foto: Meski berdesain Skandinavia dengan warna putih yang dominan, pencahayaan di dapur ini tetap tampil maksimal. Jika ingin suasana yang lebih hangat, Anda dapat mengubah pencahayaannya menggunakan dimmer

Sistem kontrol pencahyaan memungkinkan Anda untuk mengubah penerangan sesuai kebutuhan dan mengubah mood pada ruang. Dengan dimmer, misalnya, Anda dapat mengubah dari pencahayaan terang untuk memasak menjadi lebih hangat ketika waktu makan tiba. 


Artikel Menarik Lainnya

Shera Mendukung FTUI Bangun Kembali Sekolah di Lombok Pasca Bencana

Membangun kembali sarana dan prasarana pasca bencana sangat penting sebagai upaya pemulihan kehidupan masyarakat di Lombok. Shera dan Fakultas Teknik UI mendukung inisiasi sekolah tanggap bencana.

Sponsored Article

Ragam Fungsi dan Estetika Desain Eksterior yang Menarik Hati

“Architecture is a visual art, and the buildings speak for themselves.”  Sebuah kutipan dari seorang arsitek Amerika, Julia Morgan. Desain yang baik adalah desain yang berbicara tanpa perlu banyak penjelasan dan intepretasi. Dalam arsitektur, desain eksterior merupakan hal yang krusial. Mengapa? Karena merupakan tampilan terluar yang representatif bagi hunian ataupun kantor tempat Anda bekerja. Hal pertama yang dilihat bagi siapapun yang datang atau melihat sebuah bangunan.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

10 Inspirasi Fasad Rumah Sejuk untuk 2019

Fasad (facade) pada dasarnya adalah bagian muka dari sebuah bangunan. Oleh karena itu, fasad bisa berarti bagian muka bangunan samping, belakang, atau depan. Walau begitu, seiring dengan perkembangan waktu, fasad lebih sering diartikan sebagai bagian depan dari sebuah bangunan. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

10 Inspirasi Penyimpanan Mainan Anak di Rumah

Tak dipungkiri bahwa anak-anak memang identik dengan mainan. Kebanyakan orang tua juga senang membeli mainan anak yang disuka oleh si kecil. Namun, banyaknya mainan anak yang dimiliki acapkali membawa masalah karena kamar anak menjadi sangat berantakan terlebih jika tidak ada tempat penyimpanan mainan di dalam kamar anak. Tak jarang, mainan anak pun tersebar ke ruangan lain yang membuat Anda semakin pusing dengan kekacauan ini.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Jangan Asal Pilih Keramik Lantai Rumah, Pertimbangkan Fungsi Ruangnya Dulu, Ya!

Sampai saat ini, keramik lantai masih menjadi primadona di antara kelompok material pelapis lantai. Pasalnya harganya yang relatif terjangkau sepadan dengan karakternya yang anti “rewel”. Selain perawatannya yang mudah, berbagai produsen keramik lantai berlomba-lomba menciptakan inovasi keramik lantai yang kaya akan ragam tekstur, motif, dan bentuk, sehingga bisa disesuaikan dengan segala fungsi ruang, khususnya dalam sebuah hunian.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago