Logo Bluprin Blog

Tips Menggabungkan Ruang Keluarga dan Ruang Tamu

ARCHITECTURE - HIGHLIGHT / 1 year ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - HIGHLIGHT / By Bluprin / 1 year ago

Tips Menggabungkan Ruang Keluarga dan Ruang Tamu

Foto: Tambahkan beberapa artwork pada dinding agar ruang tampak tak monoton. Lavande Residence ©Vindo Design

Banyak cara mengakali hunian mungil agar terasa nyaman. Salah satunya adalah menggabungkan dua fungsi dalam satu ruang. Misalnya menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga. Karena terbatasnya luas lahan, Anda bisa menggabungkan fungsi keduanya menjadi satu ruang. Agar sanak keluarga yang datang bisa berkumpul dengan santai, ruang ini pun harus didesain senyaman mungkin.

Tambahkan banyak cushion agar kenyamanan di ruang keluarga bertambah

Foto: Tambahkan banyak cushion agar kenyamanan di ruang keluarga bertambah. Puri Media Residence ©Diagram Studio

Menggabungkan dua ruang seperti ini, bisa dibilang susah-susah gampang. Apalagi ruang keluarga sendiri biasanya menampung beragam kegiatan. Jadi, apa saja yang perlu diperhatikan untuk menggabungkan dua ruang ini?

Tambahkan TV agar kegiatan mengobrol dengan keluarga terasa menyenangkan

Foto: Tambahkan TV agar kegiatan mengobrol dengan keluarga terasa menyenangkan. Industrial Pop ©Vindo Design

Cermati Kebutuhan

Pertama, coba tanyakan pada diri sendiri, apakah kita benar-benar membutuhkan ruang tamu? Jika jawabannya "ya", ingat-ingat berapa banyak tamu yang biasa datang dan siapa mereka. Hal ini penting dilakukan sebelum membuat ruang keluarga dan ruang tamu sekaligus.

Anda juga bisa menambahkan karpet di bawahnya dengan warna yang senada dengan warna sofanya

Foto: Anda juga bisa menambahkan karpet di bawahnya dengan warna yang senada dengan warna sofanya. Kuningan House ©Fabelio Design and Build

Pasalnya banyak orang terjebak dengan anggapan bahwa rumah harus memiliki ruang tamu, padahal si empunya rumah jarang sekali menerima tamu di rumah. Kalau memang tidak diperlukan, mengapa harus repot membuatnya?

Pakai Single Chair

Banyak sedikitnya tamu yang biasa datang akan memengaruhi penempatan furnitur, terutama tempat duduk. Kalau memang tak banyak tamu yang biasanya datang, tak perlu menempatkan sofa berukuran besar. Cukup tempatkan sofa dua dudukan, lalu tambahkan dua buah single chair di sana. Cara ini lebih praktis dan hemat tempat, karena single chair bisa dipindahkan ke ruang lain jika memang sedang tidak digunakan.

Tambahkan beberapa single chair untuk menampung tamu yang datang

Foto: Tambahkan beberapa single chair untuk menampung tamu yang datang. Scandinavian House ©La.casa Interior

Furnitur Multifungsi

Poin berikutnya yang perlu jadi perhatian ialah tempatkan furnitur-furnitur multifungsi. Mengingat lahan yang dimiliki tidak luas, cara ini membantu ruang tetap fungsional dan rapi. Misalnya, daripada menempatkan sofa berukuran besar, ganti saja dengan bench panjang yang dirancang sekaligus sebagai "peti" penyimpanan. Jadi, bagian atasnya bisa dibuka-tutup.

Bila ruangan mungil, buatlah ruang penyimpanan yang banyak untuk menampung benda-benda koleksi. Ruang pun terlihat rapi

Foto: Bila ruangan mungil, buatlah ruang penyimpanan yang banyak untuk menampung benda-benda koleksi. Ruang pun terlihat rapi. Living Room Mrs. Ninu ©iCAD Interior

Tempatkan meja dengan laci di sisi kanan dan kirinya. Anda bisa menyimpan tumpukan koran dan majalah di sana. Bisa juga menyimpan taplak meja dan sarung bantal. Hindari menempatkan buffet sebagai tempat televisi, ganti saja dengan rak-rak ambalan. Selain sebagai tempat televisi, rancang agar rak ambalan bisa juga untuk meletakkan beberapa buku dan benda koleksi. Dengan demikian, tidak akan benda berceceran, karena semua ada tempatnya. Tamu pun merasa nyaman saat berkunjung.

Karena digunakan juga sebagai ruang keluarga, gunakan furnitur yang nyaman untuk anggota keluarga Anda

Foto: Karena digunakan juga sebagai ruang keluarga, gunakan furnitur yang nyaman untuk anggota keluarga Anda. Trillium Apartment ©BW Design Consultant 

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

YAX 2018 Exhibition Highlights

Yogyakarta – 5 s.d 28 Mei 2018, Young Architect Exhibition 2018 atau disingkat YAX 2018 mengambil tema ‘Liberating Space: Negasi Ruang Kebas’. Pameran ini diinisiai oleh Yogyakarta Young Architect Forum (YYAF) dengan CDS dan Videshiiya Studio, beserta JP Studio yang pada kesempatan ini berkesempatan menjadi penyelenggara pameran.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 months ago

Nongkrong Bareng Arsitek (NBA) - Achmad Tardiyana

Pekanbaru - Jumat, 20 April 2018, Nongkrong Bareng Arstektur (NBA) Pekanbaru menghadirkan salah satu principal dari Urbane Indonesia yaitu Achmad D. Tardiyana atau yang sering disapa dengan Mas Apep. Senior arsitek yang menyelesaikan pendidikan sarjana di Program Studi Arsitektur ITB dan mendapat gelar MMUD di University of South Wales, Sydney Australia ini menjadi pembicara di acara NBA-Pekanbaru yang diselenggarakan di L'Cheese Factory. Beliau mempresentasikan karyanya bersamma Urbane Indonesia di antaranya yaitu Rasuna Epicentrum, Rektorat Universitas Tarumanagara, The Grand Mosque of The West Sumatera, Tsunami Museum of Banda Aceh, Nipah Mall Makasar dan IISP Jakarta. Adapun diskusi tentang kota, baginya kota yang baik walaupun padat tetap harus bisa menaungi kegiatan dan penghuni di dalamnya agar bisa bereksistensi.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 6 months ago

Tipe Arsitek Manakah Anda?

Arsitektur merupakan sebuah bidang ilmu yang luas dan mencakup berbagai aspek, sehingga daya tarik arsitektur bagi praktisi, akademisi, maupun mahasiswa arsitektur juga berbeda-beda. Luasnya ruang lingkup arsitektur mengakibatkan para pelaku yang bergelut dalam bidang ini memiliki latar belakang, motivasi, karakteristik, keahlian, maupun selera yang beragam.

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 10 months ago

Tips Sukses Job Interview di Biro Arsitektur

Bagi fresh graduates dari Jurusan Arsitektur atau orang yang baru pertama kali akan menjalani tahap wawancara di biro arsitektur, tentu pernah memikirkan bagaimana wawancara akan terlaksana. Selain prosedur standar seperti perkenalan dan tanya jawab, terdapat beberapa keunikan yang dapat Anda temui dalam tahap wawancara di biro arsitektur. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal ini, mari simak ulasan berikut!

ARCHITECTURE | By IAAW Studio - 11 months ago