Logo Bluprin Blog

Tips Pembuatan Kolam Renang di Rumah

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Ratna Puspa Dewi
TIPS N IDEA / By Ratna Puspa Dewi / 1 year ago

Tips Pembuatan Kolam Renang di Rumah

Memiliki kolam renang di belakang rumah memang menambah nilai prestisius bagi rumah anda. Halaman belakang menjadi terlihat mewah dan sangat atraktif. Namun memiliki kolam renang tidak harus berlebihan dan bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan luas area yang ada.

Jika anda berniat membuat kolam renang sederhana di belakang rumah, mungkin anda harus melihat referensi berikut berupa beberapa desain kolam renang sederhana yang memiliki kesan tersendiri bagi keseluruhan rumah.

Foto: Tropical Industrial House

Ukuran dan Layout

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah ukuran kolam renang dan ketersediaan lahan kosong di rumah. Bila memang lahan yang tersedia tidak terlalu besar, tidak masalah bila kolam renangnya kecil. Karena yang terpenting adalah bagaimana anda menyiasatinya.

Foto: Breathing House ©ATELIER RIRI

Selain itu, anda juga harus menyesuaikan layout kolam renang dengan konsep dan tema rumah. Karena layout berpengaruh pada faktor utama membuat kolam renang, jadi buatlah perencanaan secara matang.

Kedalaman Air

Tidak hanya keindahan luar dari kolam renang, keadaan fisik dari kolam renang juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah kedalaman air. Untuk kolam renang dewasa, tingkat kedalaman airnya 1,2 meter hingga dua meter. Anda dapat menggabungkan keduanya dengan membuat ramp (kemiringan) sebagai pemisah kedalamannya. Bila anda memiliki anak-anak dirumah, tingkat kedalaman air yang disarankan sekitar 0,5 meter.

Foto: Jatipadang House ©SPARK ARCHITECTS

Filterisasi

Rencanakan sistem filterisasi dari awal sebelum membuat kolam renang karena terdapat beberapa tipe filterisasi yang dapat dipilih. Filter yang digunakan nantinya akan berpengaruh pada konstruksi bangunan, dan struktur kolam renang itu sendiri.

Foto: House 1 ©Tamara Wibowo Architects

Sirkulasi Air

Air dan sistem sirkulasi juga memiliki efek tersendiri. Buatlah overflow atau tumpahan air dipinggir kolam renang, untuk menambah suasana nyaman dan rileks. Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan batu candi yang disusun bertumpuk untuk pinggiran overflow-nya.

Foto: Villa Pecatu Bali ©Wahana Architects

Anda juga harus memperhatikan keadaan air kolam renang ketika sehabis dipakai. Apakah sedikit keruh karena minyak dari lotion atau cairan lainnya.

Ketinggian dan Permukaan Lantai

Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tingkat ketinggian permukaan lantai. Usahakan ketinggian kolam renang tidak lebih tinggi dari pool deck. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan keluarga.


Foto: Diminished House ©Wahana Architects

Teras Kolam /Pool Deck

Area sekitar kolam renang sama pentingnya dengan struktur fisik kolam renang itu sendiri. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah teras atau pool deck. Ada banyak ide bagi anda dalam membuat pool deck.

Foto: Denpasar Residence ©Arya Cipta Graha 

Beberapa diantaranya seperti dek kayu, lantai dengan batuan alam, stepping stone yang disusun artistik atau bahkan teras yang menyatu langsung dengan bangunan rumah.

Foto: Tanjung Mas House ©Inspiratio Indonesia

Ada dua hal penting terkait pool deck ini. Pertama, teras yang dibuat haruslah anti selip dan tidak licin demi menjaga keselamatan dan kenyamanan anda dan keluarga. Kedua, kebersihan dari pool deck. Anda dapat menggunakan mesin power washer agar pool deck selalu terlihat bersih dan mengkilap. Karena kebersihan teras kolam renang juga mempengaruhi kenyamanan keluarga anda, bukan?

Foto: Villa Anak ©Skylight Architecture

Vegetasi
Setelah menentukan layout dan teras kolam renang, kini saatnya anda menentukan vegetasi yang dapat mempercantik kolam renang anda. Jika anda menginginkan suasana alam yang natural, berikan sentuhan alami dengan menanam pepohonan atau tanaman rambat untuk mendampingi kolam renang tropis anda. Namun jika anda ingin menanam pohon lain, tidak masalah selama masih sesuai dengan konsep dan tema rumah anda.

Foto: Bens House ©GeTs Architects

Nah setelah anda membaca tips-tips diatas, sekarang saatnya tentukan desain kolam renang seperti apa yang Anda inginkan. Untuk hasil yang maksimal, konsultasikan kebutuhan Anda dengan Arsitek Rumah Terpercaya di Bluprin. Selamat Mencoba!


Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago