Logo Bluprin Blog

Tips Praktis Menata Meja Makan Saat Lebaran

TIPS N IDEA / 1 month ago / By Bluprin

Tips Praktis Menata Meja Makan Saat Lebaran

TIPS N IDEA / By Bluprin - 1 month ago

Salah satu kegiatan rutin yang berlangsung ketika Hari Raya Idul Fitri tiba adalah menyantap makanan khas Lebaran bersama keluarga. Oleh karena itu, ruang makan menjadi salah satu ruangan yang patut Anda dandani, tentunya dengan tatanan yang sesuai dengan kebutuhan keluarga masing-masing.

Mendekorasi meja makan saat Lebaran pun tidak melulu membutuhkan biaya yang mahal dan dekorasi serba baru. Untuk menciptakan meja makan yang cantik dan menarik saat di hari Lebaran, berikut beberapa tips dari Bluprin bagaimana menata meja makan dengan cara yang praktis. 

  1. Jika Anda memiliki meja makan cantik atau sudah cukup menarik sebaiknya tidak perlu lagi ditambahkan taplak, sehingga tekstur dan desainnya tetap tereksplorasi. Namun, seandainya diperlukan, Anda bisa memilih taplak meja yang berukuran kecil dengan warna yang lebih mencolok dan tidak menutupi keseluruhan meja, hanya dijadikan sebagai pemanis. Pilih desain taplak yang sesuai dengan bentuk meja makan Anda, apakah bulat, persegi panjang, atau kotak biasa. Setelah itu, Anda dapat memilih material kain serta motif yang sesuai dengan konsep ruang makan yang telah ditentukan sebelumnya. Kain batik, taplak rajutan atau brokat, serta motif-motif diagonal, chevron, polkadot bisa jadi pilihan yang menarik.
    meja makan lebaranFoto: Rumah Pasar Rebo ©Imania Design

    Artikel Lainnya: 5 Tips Menata Ruang Tamu Untuk Lebaran

    meja makan lebaran Foto: TJ's Minimalist Modern ©EXACON
  2. Gunakan center point di tengah meja makan untuk memberikan titik fokus penglihatan. Misalnya, dapat berupa vas bunga atau lilin, atau kombinasi keduanya. Namun demikan, perlu diperhatikan pengguanaan lilin atau vas bunga jangan sampai terlalu tinggi sehingga menganggu kontak pandangan antar tamu. 
    meja makan lebaran Foto: Rumah Arjuna ©ARADIGMA

    Foto: Rhea & Daniel's Villa ©Home by Fabelio
  3. Perhatikan standar baku yang telah berlaku untuk penggunaan piranti makan. Piranti makan yang Anda gunakan harus disesuaikan dengan makanan yang akan dihidangkan. Misalnya, jika Anda menghadirkan makanan berupa sup, tentu harus disertakan mangkok dan sendok sup, atau jika Anda menghadirkan makanan utama berupa nasi sediakan sendok dan garpu. Piring serta mangkuk saji, piring makan, gelas, sendok dan garpu bisa Anda tata sedemikian rupa layaknya table setting acara makan formal. Pilihlah alat makan yang terbaik, apalagi jika tamu yang Anda ajak makan bersama begitu spesial. Pada bagian atas atau samping piring, Anda juga bisa menambahkan napkin alias serbet makan yang telah dilipat cantik atau dihiasi dengan napkin ring
    meja makan lebaranFoto: Dining Room Decorating Ideas ©Jennifer Decorates

    Artikel Lainnya: 
    Tipe Kitchen Set manakah untuk Dapur Anda? Berikut 5 Ragam Desainnya!

    meja makan lebaranFoto: Dining Room Decorating Ideas ©Jennifer Decorates
  4. Jangan takut untuk berkreasi dengan berbagai gaya. Anda bisa memilih dekorasi modern atau dekorasi klasik untuk menata meja makan Anda. Penerapan klasik misalnya bisa diterapkan pada piranti makanan. Sedangkan dalam pemilihan warna bisa saja Anda menghadirkan warna klasik Lebaran yang mengikuti adat ketimuran, yakni hijau-kuning dengan filosofi berasal dari makanan opor dan ketupat. Menyerasikan warna serta motif dekorasi seperti taplak, tirai, karpet dapat membuat ruang makan tampil lebih meriah dan manis. Misalnya Anda telah memilih nuansa hijau dan putih sebagai warna dominan pada ruang makan. Selain tiga hal tersebut, Anda juga bisa mengganti cover jok kursi makan Anda dengan warna yang senada.
    meja makan lebaran©Idealhome.co.uk
  5. Faktor pencahayaan pada ruang makan juga perlu diperhatikan sebab cahaya yang dihasilkan pada lampu mampu membangun suasana yang ingin dihadirkan. Khususnya pada malam hari. Bukan hanya penerangan lampu yang terletak di atas plafon, Anda dapat menambah penerangan dengan intensitas cahaya tertentu. Warna lampu yang biasanya berwarna putih juga bisa Anda ganti dengan warna kuning yang lebih hangat. Jika aktivitas jamuan makan Hari Raya berlangsung siang hari, maksimalkan pula pencahayaan alami dengan membuka jendela dan bukaan lainnya. Lilin yang berada di tengah meja pun bisa Anda nyalakan, selain untuk pencahayaan ia juga berfungsi sebagai pengusir lalat.
    meja makan lebaranFoto: Mr. J House ©Simon+Dhoni Studio

  6. meja makan lebaran Foto: Dining Room Decorating Ideas ©Jennifer Decorates

Itulah 5 tips menata meja makan yang bisa diterapkan di Hari Lebaran agar ruang makan Anda terlihat menarik. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda!

Foto cover: E-94 ©AND.designfirm

Artikel Lainnya: 5 Tips Menata Ruang Keluarga Minimalis


You May Also Like

Lantai Kayu atau Lantai Parket? Kenali Tipe dan Perbedaannya untuk Rumah Anda

Lantai kayu dengan lantai parket itu banyak jenisnya dan juga cara pemasangannya berbeda. Kenali beragam tipe serta perbedaan antara keduanya disini.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

Desain Dapur Berbiaya Murah, Berikut Pilihan Materialnya!

Banyak orang berpikir bahwa membuat dapur menghabiskan biaya yang super besar. Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa membangun dapur membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Banyak material yang digunakan di dalam ruang yang satu ini. Material yang dipilih pun tak bisa asal sebab melalui komponen-komponen inilah kenyamanan Anda di dapur dapat ditentukan.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Kiat Agar Apartemen Sempit Terasa Lega

Ukuran apartemen yang umumnya hanya sekitar 36 m2 memang mendatangkan beberapa problem pada penghuninya. Ukuran yang terbatas tersebut membuat penghuni merasa bingung bagaimana cara agar mereka tetap hidup nyaman tanpa harus mengorbankan kebutuhan mendasar mereka.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago

Tips Ciptakan Rumah Ramah Lingkungan

Tak bisa dipungkiri bahwa kondisi lingkungan sekarang semakin memburuk. Pemanasan global dan perubahan iklim yang tidak menentu menjadi dampaknya. Untuk mengurangi dampak tersebut perlu mendapatkan campur tangan dari manusia-nya. Salah satunya melalui penerapan rumah ramah lingkungan.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 2 weeks ago