Logo Bluprin Blog

Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

TIPS N IDEA / 3 weeks ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 3 weeks ago

Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

Sekat berfungsi membagi ruang. Umumnya, lembaran sekat solid, atau bahkan tembok, digunakan sebagai partisi ruang. Kesannya mainstream dan formal. Mungkin bagi yang memiliki ruang terbatas, kesan itu akan bertampah dengan rasa sumpek. 

Desainer interior AS awal abad 20, Elsie de Wolfe, kemudian mendesain kisi-kisi rumah yang sangat artistik. Walau masih dalam bentuk treillage, atau kisi-kisi yang ditampelkan pada dinding. Sebagai bentuk ekstrim-nya, mungkin Anda akan menemukan bentuk kisi-kisi kontemporer gaya Kengo Kuma di abad 21 ini. Kisi-kisi sudah tidak menempel pada dinding, namun sudah menjadi dinding itu sendiri.

Apapun, kisi-kisi sepertinya akan menjadi trend yang menggantikan sekat solid dalam beberapa waktu mendatang. Ingin mencari ide kisi-kisi rumah? Berikut ini kami sajikan 15 desain kisi-kisi rumah rumah yang kami harap bisa mengispirasi Anda.

1. Kisi-kisi Rumah Kayu Kontemporer untuk Ruangan yang Lega dan Artsy

Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

sumber: AFFECT-T ©arcdaily.com

Tidak suka kisi-kisi rumah yang biasa saja? Coba saja inspirasi dari biro arsitek Affect-T dari Hongkong ini. Apartemen Jardine’s Lookout Flat tampak kontemporer dan artsy dengan kisi-kisi rumah kontemporer seperti ilustrasi. Bahannya dari kayu dan dipahat dengan bantuan mesin CNC.

Artikel Lainnya: Tampil Iconic, Beberapa Decorative Lighting ini Siap Mempercantik Rumah Anda

2. Kisi-kisi Rumah Multifungsi yang Segar

Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

sumber: Estudio Ji Arquitectos ©arcdaily.com

Kisi-kisi rumah tidak hanya membagi ruangan dan menambah privasi saja. Anda bisa berimprovisasi dengan menambahkan bangku atau rak seperti inspirasi dari Estudio Ji Arquitectos dari Spanyol ini. Terkesan ringan dan segar bukan?

3. Inspirasi Kisi-kisi Rumah yang Ikonik gaya Jepang Kontemporer

Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

sumber: Kengo Kuma & Associates ©domusweb.it 

Bicara tentang kisi-kisi rumah atau bangunan kontemporer yang sedap, tentu saja nama arsitek top Kengo Kuma tidak boleh dilewatkan. Inspirasi kisi-kisi bangunan SunnyHills di Minami-Aoyama, Jepang, ini bisa menjadi inspirasi paling ikonik bagi Anda.  

4. Kisi-kisi Bambu untuk Ruangan yang Sejuk 

Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

sumber: Zhaoyang Architects ©arcdaily.com

Paduan antara rangka logam dan bambu bisa menjadi ide kisi-kisi rumah pengganti kisi-kisi solid. Kesannya ringan dan airy. Karya Zhaoyang Architects untuk sebuah restoran di Dali, Yunan, china, cocok untuk mengawali project Anda. 

5. Kesan Lega dengan Kisi-kisi Rumah Minimalis

Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

sumber: Studio Verve Architects ©arcdaily.com

Ruang yang terasa sempit bisa Anda legakan dengan mengganti salah satu dindingnya dengan kisi-kisi kayu. Anda bisa menggunakan inspirasi dari Studio Verve Architects untuk sebuah flat di Bow Quarter, London. Kisi-kisi rumah yang manis ini dibuat dari kayu Ipe Brasil yang sedang trend. 

Artikel Lainnya: Memberikan Rasa Tenang, Ini Inspirasi Desain Hunian untuk Introvert

6. Dinding Alam dengan Kisi-kisi Kayu Terbuka 

Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

sumber: dezeen.com

Ingin membuka satu bagian rumah agar lebih lega dan segar? Coba inspirasi dari bangunan bar Wine Ayutthaya, Thailand ini. Kisi-kisi rumah terbuka ini dirancang oleh  Bangkok Project Studio. Bahannya dari plywood yang diperkuat dengan resin. Untuk melindungi dari air, lembaran PVC bening (bisa dibuka/tutup) digunakan sebagai penutup luar.  

7. Facade Elegan dari Kisi-kisi Kayu

Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

sumber: dezeen.com

Kisi-kisi rumah juga bisa menjadi facade yang menarik dan elegan. Inspirasi dari arsitek Chili, Francisca Pulido dan Isaac Broid (untuk sebuah rumah di Mexico City) ini bisa menjadi inspirasi. Kisi-kisi heksagonal tersebut menjadi semacam filter bagi bagian depan rumah yang berdinding kaca. 

8. Kisi-Kisi Rumah Berpola untuk Kesan Ringan dan Modern

Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

sumber: dezeen.com

Sebagai alternatif tembok pembatas, coba memakai kisi-kisi untuk kesan yang ringan dan modern. Inspirasi kisi-kisi rumah pada gambar berasal dari rancangan Pitsou Kedem Architects untuk kisi-kisi lantai dua sebuah flat di Tel Aviv. Bahannya dibuat dari kuningan hitam. Polanya simpel namun elegan. 

9. Kisi-kisi Rumah Sebagai Cover Tangga yang Elegan

Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

sumber: Andrew Snow Photography ©houzz.com

Bingung menyamarkan tangga rumah yang terlalu menyolok? Coba beri cover kisi-kisi rumah minimalis dari kayu seperti pada ilustrasi. Anda mendapatkan kesan elegan sekaligus kesan lega. Tertarik? 

10. Kisi-kisi Rumah bertema Borderless untuk Ruang yang lebih Lega

Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

sumber: dezeen.com

Inspirasi kisi-kisi dari Kooo Architects ini bisa menjadi inspirasi jika Anda ingin memperluas ruang usaha Anda sekaligus menyatu dengan alam. Kisi-kisi kayu untuk dinding dan langit-langit cafe Xie Xie di Hangzhou ini membuat kafe yang sebelumnya terkesan minimalis dan dingin menjadi hangat dan segar. 

11. Kisi-kisi tipe Sliding 

Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

sumber: Reinach Mendonça Arquitetos Associados ©archdaily.com

Inspirasi kisi-kisi rumah dari arsitek Reinach Mendonça Arquitetos Associados dari Brazil ini bisa menjadi gagasan jika Anda ingin mencari sebuah pintu sekaligus partisi yang unik. Anda mendapatkan kisi-kisi rumah yangbisa digeser (tipe sliding) yang tidak menghambat view luar namun juga tetap menjaga privasi Anda.

Artikel Lainnya: Futuristik, Inilah 6 Gereja dengan Desain-nya yang Membuat Kagum

12. Kisi-kisi Rumah untuk Aksen Cahaya yang Impresif

Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

sumber: OBRA BLANCA ©archdaily.com

Selain memberi kesan lapang dan segar, kisi-kisi Rumah juga bisa memberi tambahan kesan artistik. Kisi-kisi rumah Anda akan membuat permainan cahaya yang impresif bagi rumah Anda. Inspirasi dari arsitek  Obra Blanca untuk sebuah rumah di Alvarado, Mexico, ini bisa menjadi inspirasi.

13. Kisi-kisi sebagai Pengganti Dinding Solid

Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

sumber: RAW/deAbajoGarcia ©archdaily.com

Bangunan besar atau kecil memang cocok menggunakan kisi-kisi. Inspirasi ini adalah bangunan community center di Reinosa, Cantabria, Spanyol. Gedung gede rancangan  RAW/deAbajoGarcia tidak terlihat masif berkat penerapan kisi-kisi minimalis pada dinding luarnya.

14. Kisi-kisi Rumah Berpola untuk Fasad yang Eksotik

Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

sumber: Play-Time ©Manuel Herz Architects

Kisi-kisi fasad dari  Rural Senegal Hospital hasil rancangan arsitek Manuel Herz ini bisa menjadi inspirasi Anda untuk mengganti kisi-kisi solid muka rumah Anda menjadi fasad yang  eksotik.

15. Desain Kisi-kisi Kontemporer yang Meredam Suara

Tren Kisi-kisi yang Gantikan Sekat Solid Rumah Anda

sumber: Play-Time ©Manuel Herz Architects

Desain kisi-kisi kontemporer karya A+ Architecture (Perancis) untuk gedung Théâtre Jean-Claude Carrière di Montpellier (juga Perancis) ini bukan hanya asyik dan impresif. Namun bentuk kisi yang belah ketupat tersebut juga memiliki fungsi untuk meredam suara dan gema yang tidak diinginkan. Cocok untuk sebuah gedung pertunjukan.

Tertarik menambahkan kisi-kisi rumah pada kediaman Anda? Atau Anda sudah terpikir ingin mengganti penyekat solid rumah Anda menjadi seperti salah satu inspirasi kisi-kisi pada artikel singkat ini? Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menemukan ribuan inspirasi desain lainnya dan desain interior terpercaya di Bluprin. Selamat bereksplorasi untuk mendekor rumah Anda!

Artikel Lainnya: 12 Tips Pemilihan Wallpaper Dinding Rumah

product bg

List arsitek dan desainer interior

Ratusan profesional siap membantu proyek bangun / renovasi anda

Temukan ide, inspirasi, dan gambar yang bisa kamu simpan di ideabook, moodboard, atau outline specification.

Artikel Menarik Lainnya

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 21 hours ago

10 Cara Kreatif Membagi Space yang Kecil

Ruang huni yang lapang memang menyenangkan. Enak untuk tinggal, asyik pula untuk beraktifitas. Namun begitu, terutama di daerah urban, mendapatkan lahan yang cukup lapang dan affordable tidak mudah. Rumah kecil atau apartemen kemudian menjadi pilihan. Namun ada tantangan dalam menyikapi pengadaan ruangannya. Karena luasan ruangan yang ada mungkin tidak cukup bisa memenuhi setiap kebutuhan dan aktivitas Anda. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

Tips Memilih Furniture Untuk Anak

Memilih furniture anak bisa menjadi hal yang menyenangkan namun juga agak menyulitkan. Keinginan untuk memenuhi keinginan anak bisa jadi salah satu yang membuat Anda kesulitan, di satu sisi pastinya Anda ingin mengikuti keinginan buah hati Anda namun di sisi lain Anda juga harus memilih yang sesuai dengan keamanan si anak.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Sejuk Banget, Ini Dia 9 Desain Rooftop Garden

Memiliki taman di rumah tentu menyenangkan. Selain dapat membuat rumah sejuk, adanya taman juga dapat menjadi oase di tengah kesibukan di dalam maupun luar rumah. Namun, menghadirkan taman baik indoor maupun outdoor seringkali menjadi sulit karena tak adanya lahan. Ini selalu menjadi permasalahan bagi para pemiliki rumah dengan lahan terbatas.

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago