Logo Bluprin Blog

Trik Menyiasati Kamar Mandi Mungil

TIPS N IDEA / 2 years ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 2 years ago

Trik Menyiasati Kamar Mandi Mungil

Keterbatasan lahan tidak hanya terjadi pada ukuran ruang tamu atau kamar tidur, tetapi bisa juga pada ukuran kamar mandi yang tidak terlalu luas. Namun, memiliki kamar mandi mungil bukan berarti Anda tak bisa menikmati kenyamanan saat beraktivitas di dalamnya. Dengan desain dan penataan yang tepat, kamar mandi mungil bisa tampak lebih lega dan nyaman.

Posisi Perangkat Saniter

Atur posisi saniter dengan baik agar alur ruang menjadi lebih lega. Sebaiknya, jangan menempatkan kloset tepat di depan pintu. Selain alasan keindahan visual, tampilannya membuat ruang terlihat lebih sesak pada saat pintu dibuka. Lebih baik hal pertama yang tampak saat membuka pintu kamar mandi adalah wastafel atau dinding polos. Dengan begitu kamar mandi terkesan lebih luas.

Kamar Mandi Mungil

Foto: freshome

Kamar Mandi Mungil 1

Foto: aldeas

Pilih Warna Cerah untuk Dinding

Penerangan yang cukup membantu menampilkan kesan luas pada kamar mandi mungil. Jika tidak memungkinkan menghadirkan bukaan untuk masuknya pencahayaan alami, gunakan lampu berwarna putih untuk menerangi kamar mandi. Berikutnya, pilihlah warna dinding berwarna cerah seperti putih, biru muda, atau krem. Anda juga bisa mengaplikasikan wallpaper bermotif pada setengah bagian dinding namun pilih motif yang simpel agar ruangan tidak terkesan penuh.

Kamar Mandi Mungil 2

Foto: bathroomideasdesignsdecors

Kamar Mandi Mungil 3

Foto: Freshome

Artikel lainnya: Memilih Hunian Idaman – Rumah atau Apartemen?

Gunakan Kaca Cermin

Cermin merupakan salah satu elemen yang paling ampuh menciptakan kesan luas pada ruang sempit. Efek pantul yang dihasilkan membuat ruangan terkesan lebih luas. Oleh sebab itu, gunakan kaca cermin di sudut-sudut tertentu seperti di atas wastafel.

Kamar Mandi Mungil 4

Foto: freshome

Kamar Mandi Mungil 5

Foto: sunter_icon ©koerie_design

Gunakan Shower

Selain dapat menghemat pemakaian air, penggunaan shower juga tidak menghabiskan space di kamar mandi karena instalasinya yang ditanam di dinding. Perhatikan jalur pemipaan air bersih yang tersambung ke shower agar air yang mengalir deras dan tidak tersumbat. Selain itu, hindari elemen masif seperti partisi kaca untuk membatasi area shower. Shower curtain dapat menjadi alternatif untuk Anda.

Kamar Mandi Mungil 6

Foto: shoestringstylist

Kamar Mandi Mungil 7

Foto: familyfocushomes

Simpan yang Tidak Terpakai

Tanpa disadari, kamar mandi Anda sebenarnya menjadi sempit karena aksesoris yang tidak perlu. Segera singkirkan barang-barang yang tak terpakai sehingga memungkinkan Anda bergerak bebas di sekitar ruangan.

Kamar Mandi Mungil 8

Foto: decobizz

Kamar Mandi Mungil 9

Foto: tinybathroomideas

Artikel lainnya: Inspirasi Tangga Rumah Minimalis


Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago