Keterbatasan lahan tidak hanya terjadi pada ukuran ruang tamu atau kamar tidur, tetapi bisa juga pada ukuran kamar mandi yang tidak terlalu luas. Namun, memiliki kamar mandi mungil bukan berarti Anda tak bisa menikmati kenyamanan saat beraktivitas di dalamnya. Dengan desain dan penataan yang tepat, kamar mandi mungil bisa tampak lebih lega dan nyaman.

Posisi Perangkat Saniter

Atur posisi saniter dengan baik agar alur ruang menjadi lebih lega. Sebaiknya, jangan menempatkan kloset tepat di depan pintu. Selain alasan keindahan visual, tampilannya membuat ruang terlihat lebih sesak pada saat pintu dibuka. Lebih baik hal pertama yang tampak saat membuka pintu kamar mandi adalah wastafel atau dinding polos. Dengan begitu kamar mandi terkesan lebih luas.

Kamar Mandi Mungil

Foto: freshome

Kamar Mandi Mungil 1

Foto: aldeas

Pilih Warna Cerah untuk Dinding

Penerangan yang cukup membantu menampilkan kesan luas pada kamar mandi mungil. Jika tidak memungkinkan menghadirkan bukaan untuk masuknya pencahayaan alami, gunakan lampu berwarna putih untuk menerangi kamar mandi. Berikutnya, pilihlah warna dinding berwarna cerah seperti putih, biru muda, atau krem. Anda juga bisa mengaplikasikan wallpaper bermotif pada setengah bagian dinding namun pilih motif yang simpel agar ruangan tidak terkesan penuh.

Kamar Mandi Mungil 2

Foto: bathroomideasdesignsdecors

Kamar Mandi Mungil 3

Foto: Freshome

Artikel lainnya: Memilih Hunian Idaman – Rumah atau Apartemen?

Gunakan Kaca Cermin

Cermin merupakan salah satu elemen yang paling ampuh menciptakan kesan luas pada ruang sempit. Efek pantul yang dihasilkan membuat ruangan terkesan lebih luas. Oleh sebab itu, gunakan kaca cermin di sudut-sudut tertentu seperti di atas wastafel.

Kamar Mandi Mungil 4

Foto: freshome

Kamar Mandi Mungil 5

Foto: sunter_icon ©koerie_design

Gunakan Shower

Selain dapat menghemat pemakaian air, penggunaan shower juga tidak menghabiskan space di kamar mandi karena instalasinya yang ditanam di dinding. Perhatikan jalur pemipaan air bersih yang tersambung ke shower agar air yang mengalir deras dan tidak tersumbat. Selain itu, hindari elemen masif seperti partisi kaca untuk membatasi area shower. Shower curtain dapat menjadi alternatif untuk Anda.

Kamar Mandi Mungil 6

Foto: shoestringstylist

Kamar Mandi Mungil 7

Foto: familyfocushomes

Simpan yang Tidak Terpakai

Tanpa disadari, kamar mandi Anda sebenarnya menjadi sempit karena aksesoris yang tidak perlu. Segera singkirkan barang-barang yang tak terpakai sehingga memungkinkan Anda bergerak bebas di sekitar ruangan.

Kamar Mandi Mungil 8

Foto: decobizz

Kamar Mandi Mungil 9

Foto: tinybathroomideas

Artikel lainnya: Inspirasi Tangga Rumah Minimalis

You May Also Like

6 Cara Tata Rumah Demi Sambut Imlek

Jumat (16/02/2018) mendatang akan menjadi hari yang istimewa bagi etnis Tionghoa. Pasalnya, mereka akan merayakan Tahun Baru Imlek (tahun 2569 Imlek). Berdasarkan siklus tahunan, Imlek tahun ini menjadi tanda berakhirnya tahun ayam api yang kemudian digantikan dengan Anjing Tanah (Brown Earth Dog).

14 February 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Kamar Tidur Nyaman untuk Istirahat yang Tenang

Kenyamanan dari suasana kamar tidur merupakan tempat yang sangat dibutuhkan bagi kita, apalagi selepas seharian melakukan aktivitas yang padat, memang paling menyenangkan bila ketemu kasur dan istirahat sejenak melepas lelah. Coba lihat kamar tidur Anda. Apakah sudah cukup nyaman dan mampu memberikan Anda waktu istirahat yang menenangkan?

29 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Poin Penting Gaya Eklektik pada Hunian

Rumah adalah tempat kembali semua orang dari segala aktivitas yang melelahkan. Untuk itu, rasa nyaman harus hadir dari sebuah hunian. Salah satu cara menciptakan rasa nyaman di rumah adalah dengan menghadirkan konsep hunian favorit Anda. Dengan begitu, rumah pun seolah menjadi oasis di tengah kelelahan yang melanda Anda.

9 January 2018 / INTERIOR / By Bluprin

Renovasi Backsplash Dapur dengan Motif Tegel

Dulu, backsplash atau dinding dapur dibiarkan polos begitu saja, hanya berupa dinding biasa yang dilapis dengan cat. Cipratan minyak, uap air yang keluar dari proses memasak, lama kelamaan membuat dinding ini jadi kotor. Karena cat bukan bahan yang mudah dibersihkan, dinding dapur pun jadi terlihat menghitam.

5 October 2017 / INTERIOR / By Bluprin