Logo Bluprin Blog

Ubah Dapur Jadi Kekinian

TIPS N IDEA / 1 year ago / By Bluprin
TIPS N IDEA / By Bluprin / 1 year ago

Ubah Dapur Jadi Kekinian

Foto: RD Residence Singapore ©Helloembryo

Dapur kini bukan hanya sekadar tempat mengolah santapan. Dapur kini adalah bagian dari gaya hidup yang mesti dibuat semenarik dan setrendi mungkin. Bicara soal dapur trendi tentu tidak bisa lepas dari material dan pernik dekorasinya. Dari yang mahal hingga bahan alternatif yang lebih terjangkau, semua bisa Anda pilih untuk membuat dapur jadi trendi. Area dapur yang dihias pun beragam. Mulai dari dinding, meja, hingga kabinet dapur menjadi “sasaran” sentuhan dekorasi dapur trendi.

Kuningan House oleh Fabelio Design and Build

Foto: Kuningan House ©Fabelio Design and Build

Backsplash

Dinding dapur atau backsplash jadi bagian yang paling sering didekorasi. Soal pilihan material pilihan yang disarankan tetap yang mudah dibersihkan misalnya keramik. Tampilan keramik inilah yang kemudian bisa membuat dapur tampil trendi.

Berbagai motif keramik tersedia di pasaran, untuk backsplash Anda bisa pilih keramik bermotif vintage. Warna-warni dan pola cantik dari keramik ini tentu akan membuat dapur makin semarak. Selain keramik adapula ubin yang terbuat dari semen yakni ubin tegel. Motif ubin tegel juga berwarna-warni dengan ukuran ubin yang lebih kecil daripada keramik bermotif.

CER 26 & 27 oleh Rupakara Akarsana Kalyan

Foto: CER 26 & 27 ©Rupakara Akarsana Kalyan

Kalau tak suka dengan warna yang terlalu ramai, Anda bisa pilih keramik polos berukuran 10x20. Keramik berukuran mungil ini biasa disebut subway tile dan sudah sering dipakai sebagai backsplash sejak lama. Menariknya, keramik ini kembali digemari dan jadi salah satu material pilihan untuk dapur trendi. Ada dua pilihan warna subway tile, yakni hitam dan putih.

Artikel lainnya: Inspirasi Desain Dapur Minimalis

Table top

Pemilihan material table top juga perlu untuk dapur yang kekinian. Banyak bahan bisa digunakan untuk table top, yaitu granit, solid surface, dan homogeneous tile. Untuk memilihnya, semua tergantung selera, kebutuhan dan tentunya bujet yang Anda miliki. Granit dan solid surface misalnya, bahan ini tampilannya cantik dan awet tapi harganya terbilang tinggi dibanding homogeneous tile.

Capitol Park oleh DIAGRAM STUDIO

Foto: Capitol Park ©DIAGRAM STUDIO

Cahaya

Pencahayaan di dapur juga berperan penting untuk membuat dapur tampil kekinian. Apalagi dengan banyaknya pernik dekorasi yang hadir di dapur, lampu akan membuat tampilan pernik jadi makin “wah”. Anda bisa menggunakan lampu sorot di beberapa titik untuk menyinari

pajangan dapur. Lampu tersebunyi atau hidden lamp juga bisa jadi pilihan untuk diaplikasikan disela-sela kabinet. Permainan cahaya lampu ini akan menghadirkan kesan elegan dari dapur Anda.

D'gracias Kitchen Show oleh Dtarchitekt

Foto: D'gracias Kitchen Show ©Dtarchitekt

Artikel lainnya: Inspirasi Teras Rumah Masa Kini

Aksesori

Mesti kecil, aksesori juga berperan penting membuat dapur tampil trendi. Pasang ambalan sederhana pada dapur untuk meletakkan bumbu maupun pernik dekorasi. Aksesori lainnya seperti gantungan untuk meletakkan peralatan memasak dan handle berbagai bentuk patut Anda coba untuk membuat dapur jadi kekinian.

HQQ house oleh Amarta Studio

Foto: HQQ house ©Amarta Studio

Dekorasi

Sentuhan akhir dalam menciptakan dapur trendi tentu dekorasi. Ada beberapa unsur dekorasi yang bisa Anda coba, yakni hiasan berupa kata-kata yang tertulis di dinding dapur atau yang disebut tipografi. Kemudian Anda juga bisa menambahkan tanaman sebagai penghias baik tanaman asli maupun artifisial.

Modern Pantry oleh Vindo Design

Foto: Modern Pantry ©Vindo Design

Yang terakhir adalah warna dan bahan finishing dapur. Saat ini warna lembut dan warna netral misalnya putih banyak diminati untuk dapur. Tapi Anda jangan takut mengeksplorasi pilihan warna dan bahan lainnya, karena sentuhan selera pribadi juga perlu untuk membuat dapur tampil trendi. Jadi, selamat mencoba!

Artikel lainnya: Kiat Hemat Memberi Suasana Baru Pada Rumah


Artikel Menarik Lainnya

Gunakan Pencahayaan Alami, Hemat Energi di Rumah Sendiri

Sudah bukan rahasia lagi, pasokan energi yang dimiliki bumi tengah menurun drastis. Semakin banyak manusia yang menghuni bumi, semakin banyak pula energi yang mereka konsumsi untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari. Bahkan, tanpa disadari, hal ini disebabkan pula oleh kebiasaan sepele yang sering kita lakukan. Salah satunya, menyalakan lampu secara berlebihan, bahkan di siang hari sekalipun. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 day ago

9 Inspirasi Desain Penggunaan Kaca di Hunian

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan bahwa kaca pernah dipajaki. Setidaknya itulah yang terjadi di Inggris. Pajak ini diperkenalkan pada 1746, dan bertahan hingga seratus tahun, sampai pada 1845. Pajak dihitung berdasarkan berat kaca (kaca saat itu berat-berat). Ini pun ditambah pajak jendela yang memungkinkan pemerintah memungut pajak berdasarkan jumlah jendela dari sebuah rumah. Setelah kaca dibebaskan dari pajak, industri kaca pun subur. Desain kaca untuk gedung dan desain kaca rumah, termasuk desain kaca jendela,  pun mulai berkembang.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 4 days ago

Cerdas, Inilah Inspirasi Manis Tirai Bambu dan Tirai Kayu

Jika rumah telah rampung dibangun, furnitur telah berada di tempat yang Anda inginkan, maka saatnya untuk melakukan window treatments. Jendela mungkin menjadi satu item yang sering terlupakan saat membenahi interior. Namun itulah, maksudnya window treatments, yang harus Anda lakukan untuk membuat rumah tambah manis secara komprehensif. 

TIPS N IDEA | By Bluprin - 6 days ago

Mural Kece yang Siap Menggantikan Tembok Polos Anda

Satu alternatif untuk menghias dinding adalah mural. Mural dinding atau wall mural. Mirip-mirip wallpaper, namun beda. Mural lebih kontemporer dan bisa di-custom sesuai keinginan pemesan. Dengan kata lain, desain mural bisa dicetak sesuai keinginan Anda, sehingga bisa ukuran dan komposisinya bisa sangat sesuai dengan dinding ruangan Anda.  

TIPS N IDEA | By Bluprin - 1 week ago