Logo Bluprin Blog

WARUNG NAKO: Warung Nasi dan Kopi berkonsep Urban Desain

ARCHITECTURE - PROJECTS / 6 months ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 6 months ago

WARUNG NAKO: Warung Nasi dan Kopi berkonsep Urban Desain


Arsitek
:Robert Wanasida
Lokasi Proyek
:Bogor
Luas Bangunan
:600 m²
Tahun Terbangun
:2018
Fotografer
:Mottomo



Deskripsi oleh Gagasreka Urban Arsitektura


Terletak di Kota Bogor, Warung NASI dan KOPI atau yang biasa disebut Warung NAKO ini merupakan perpaduan antara dua jenis makanan tersebut. Berkonsep urban desain dengan arsitektur tropis sebagai adaptasi bangunan WARTEG lokal Indonesia.


Warung NAKO ©Mottomo


Adanya ribuan louver atau yang biasa disebut jendela NAKO inilah yang menjadi ide dari nama dari tempat ini. Nako inilah yang menjadi ornamen utama dari konsep yang sustainable.


Artikel Lainnya: RUCKERPARK: The Future of Indonesian Coffee Space


Warung NAKO ©Mottomo


Warung NAKO ©Mottomo


Pembagian zoning interior disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing area. Main entrance pada bangunan tengah menjadi lobby utama yang memiliki akses melalui dua tangga. Tangga inilah yang sengaja dibuat menjadi point of interest bangunan. Menuju ke lantai 2 terdapat dua bagian, yaitu area VIP pada bangunan sayap kiri dan smoking area pada bangunan sayap kanan.

 Warung NAKO ©Mottomo


Warung NAKO ©Mottomo


Selain itu di lantai dasar sayap kiri bangunan menuju ke area warung kopi yang masih satu bangunan tetapi beda kasir dengan warung nasi. Semua area mempunyai masing-masing bahan material interior yang berbeda tetapi tetap mempunyai benang merah dalam style design.

 

Warung NAKO ©Mottomo


Warung NAKO ©Mottomo


Penggunaan material yang kuat dari bahan lokal seperti ubin kunci, terasso, acian halus, terracotta sebagai konsep yang konsisten terhadap konsep restauran keseluruhan.


Lihat foto proyek selengkapnya: 

https://www.bluprin.com/project/nako

Lihat profil Gagasreka Urban Arsitektura:
https://www.bluprin.com/gagasreka-urban-arsitektura

Artikel Lainnya: Rumah Navapark - Luxurious to The Finest Design



 

Artikel Menarik Lainnya

Casa de Montana, Hunian Unik dengan Lahan Trapesium dan Dua Sumbu Site

Rumah ini terletak di kaki Gunung Pancar, berhadapan langsung dengan salah satu anak sungainya. Lokasi di hoek memberi keuntungan besar, yaitu view yang tidak terhalang ke arah sungai, juga potensi memaksimalkan sinar matahari untuk penerangan di dalam rumah. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 days ago

ETC Hobby House, Tempat Bermain Basket di Rumah Tinggal

Berlokasi di sebuah komplek perumahan, ETC Hobby House adalah bangunan seluas 150 m2 yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan tempat bermain basket pribadi bagi anak-anak si pemilik rumah. Ketiga anaknya tersebut memiliki hobi bermain basket dan teman-teman mereka pun sering berkumpul di situ untuk menghabiskan waktu luang mereka. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

R+K House, Rumah dengan View Lautan Dewata

Brief awal yang diberikan pemilik rumah kepada arsitek adalah untuk tidak menebang 3 pohon mangga yang ada di tanah existing dan menyatukan bangunan lama dengan bangunan baru tanpa membuat ketimpangan. Existing tanah baru tepat dibelakang bangunan lama yang dibangun sekitar pertengahan 90an, dengan view laut dan bandara Ngurah Rai embuat orientasi bangunan jelas untuk merespon pemandangan yang dimiliki.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Anggrek Office, Pola Solid Void Balkon yang Harmonis

Mendesain sebuah kantor yang kemudian dapat dialihfungsikan menjadi rumah tinggal menjadi tantangan bagi arsitek untuk menciptakan ruang yang nyaman untuk bekerja dan tinggal. Rukan tipikal biasanya memiliki site memanjang dengan tangga pada bagian belakang dengan bukaan yang hanya ada pada fasad bangunan. Proyek yang berlokasi pada sebuah lingkungan perumahan di Jakarta Selatan ini berdiri di lahan yang memanjang. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago