Berlokasi tepatnya di Yen Akat Road Bangkok Krung Thep National Capital Port Thailand, model rumah minimalis ‘YAK01’ merupakan rumah seri Asia yang memiliki desain modern dan trendi. Rumah ini didesain secara spesifik untuk keluarga kecil modern. Berdiri di atas tanah seluas 560 meter persegi, rumah ini terdiri dari 500 meter persegi ruang internal dan sisanya digunakan untuk ruang terbuka. Seperti apakah rumah ‘YAK01’ yang didesain oleh Ayutt and Associates ini? Berikut ulasannya.

Model Rumah Minimalis

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 1

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 2

Foto: ©Piyawut Srisakul

Menyiasati Keterbatasan Tanah

Dengan tanah yang terbilang tidak begitu luas, klien menginginkan ‘YAK01’ menjadi sebuah rumah yang modern dengan area hijau yang besar, namun memiliki naungan dari matahari dan perlindungan dari hujan. Nah untuk itu, arsiteknya yaitu pihak Ayutt and Associates, mengakalinya dengan cantilever system sehingga hampir setengah dari rumah berada di atas lantai dasar. Dengan metode ini, maka akan banyak ruang yang dibebaskan untuk taman. Rumah 'YAK01' dirancang dalam bentuk L untuk meningkatkan usable space dan ruang hijau pada rumah. Kemudian, untuk memaksimalkan ruang hijau, satu sisi dinding dari rumah 'YAK01' ini kemudian didesain berdekatan dengan batas plot tanah.

Model Rumah Minimalis 3

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 4

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 5

Foto: ©Piyawut Srisakul

Cahaya Sinar Matahari dan Ruang Terbuka

Untuk menerima pencahayaan alami, sebagian besar dinding kaca di tempatkan pada di bagian utara rumah. Kenapa utara? Sebab di Thailand, sinar matahari di arah Utara merupakan yang tidak begitu intens dibandingkan dari arah lain. Guna bisa melakukan kegiatan berkebun, maka YAK01 House memberikan 50% lahan sebagai ruang terbuka yang dapat terlihat dari setiap sudut. Guna menarik udara dingin ke dalam rumah, maka sang arsitek memposisikan kolam renang secara paralel dengan bangunan. Namun, yang jadi masalah adalah bagaimana cara menjaga bangunan dingin selama siang hari dan juga menyediakan ventilasi silang untuk setiap kamar. Hal ini disiasati dengan menjadikan kamar mandi, ruang servis, gudang, dan tangga sebagai zona buffer untuk menyerap panas sinar matahari.

Model Rumah Minimalis 6

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 7

Foto: ©Piyawut Srisakul

Jadikan YAK01 House Berkesan Trendi

Pada dinding kamar tidur utama dan kamar mandi master, Ayutt Mahasom, sang arsitek, menerapkan bilah vertikal dengan aluminium silver. Hal ini dimaksudkan untuk membuat YAK01 House jadi berkesan trendi. Selain itu, sang arsitek juga menjadikan rumah terlihat seperti sebuah kotak perak mengambang di selembar granit hitam. Tidak hanya menjadikan rumah berkesan trendi, bilah vertikal ini juga dirancang untuk isolasi penghalang udara guna mendinginkan ruang kamar tidur utama.

Model Rumah Minimalis 8

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 9

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 10

Foto: ©Piyawut Srisakul

Tata Letak YAK01 House

Tata letak YAK01 House ini sendiri diterapkan dengan memodifikasi keinginan klien. Jadi, dari sini sang arsitek kemudian menyediakan ventilasi alami dan daerah lansekap luar. Lantai dasar diatur sedemikian rupa dengan menyesuaikannya pada konsep rumah tradisional Kingdom of Thailand, dimana halaman tengah difungsikan sebagai vestibule penghubung sebelum masuk ke ruang tamu utama. Kehadirkan tangga tertutup dalam sebuah kotak kaca yang mengapung menjadi fitur utama pada bagian pintu masuk. Ruang tamu utama sendiri ditempatkan di tengah sebagai paviliun mengambang sehingga keluarga bisa menikmati taman luar ruangan.

Model Rumah Minimalis 11

Model Rumah Minimalis 12

Sumber Foto: http://archdaily.com/

You May Also Like

Obaja Tour & Travel Office - DP+HS Architects

Proyek Obaja Tour & Travel Office terletak di kawasan yang sangat padat dengan tapak bangunan yang menghadap arah utara dan barat sehingga intensitas cahaya matahari cukup tinggi. Secara fungsi, bangunan ini akan mewadahi aktivitas perusahaan yang bergerak di bidang Travel.

2 January 2018 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Inset House - Delution Architect

Inset House terbentuk dari konsep intersection yang terjadi pada sebuah bangunan rumah tinggal dengan “taman melayang” yang sengaja diselipkan ke muka bangunan untuk memberikan beragam manfaat saat dihuni.

18 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Park 5 Hotel - Bitte

Konsep Park 5 berpedoman pada sebuah gerakan yang dibangun dengan ide sederhana yaitu komunitas. Park 5 mencoba menghadirkan sebuah living space untuk mewadahi aktivitas dalam sebuah komunitas yang menghargai sesama manusia dan juga lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, Park 5 diharapkan dapat menjadi tempat 'bernapas' dan berinteraksi kembali bersama kerabat dan alam, yang dapat menghilangkan penat dari sibuknya aktivitas dan padatnya bangunan di perkotaan.

11 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin

Char Char Bar & Grill - MINT-DS

Char Char Bar & Grill merupakan restoran yang terletak di Seminyak, Bali dengan luas tapak 1375 m² dan luas bangunan 696 m². Klien proyek ini merupakan sebuah perusahaan kuliner yang telah menghasilkan beberapa restoran yang sangat terkenal baik di Jakarta dan Bali. Satu hal yang ingin dicapai dalam proyek ini adalah kesinambungan konsep antara jenis kuliner yang dihidangkan dengan bentukan yang dihasilkan arsitektur dan desain interiornya. Pada proyek ini, klien menginginkan restoran dengan jenis makanan yang berbeda, yaitu Asia Pasifik, dibanding dengan restoran lainnya yang rata-rata didominasi oleh makanan barat.

4 December 2017 / ARCHITECTURE / By Bluprin