Logo Bluprin Blog

YAK01-House: Model Rumah Minimalis di Bangkok, Thailand

ARCHITECTURE - PROJECTS / 2 years ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - PROJECTS / By Bluprin / 2 years ago

YAK01-House: Model Rumah Minimalis di Bangkok, Thailand

Berlokasi tepatnya di Yen Akat Road Bangkok Krung Thep National Capital Port Thailand, model rumah minimalis ‘YAK01’ merupakan rumah seri Asia yang memiliki desain modern dan trendi. Rumah ini didesain secara spesifik untuk keluarga kecil modern. Berdiri di atas tanah seluas 560 meter persegi, rumah ini terdiri dari 500 meter persegi ruang internal dan sisanya digunakan untuk ruang terbuka. Seperti apakah rumah ‘YAK01’ yang didesain oleh Ayutt and Associates ini? Berikut ulasannya.

Model Rumah Minimalis

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 1

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 2

Foto: ©Piyawut Srisakul

Menyiasati Keterbatasan Tanah

Dengan tanah yang terbilang tidak begitu luas, klien menginginkan ‘YAK01’ menjadi sebuah rumah yang modern dengan area hijau yang besar, namun memiliki naungan dari matahari dan perlindungan dari hujan. Nah untuk itu, arsiteknya yaitu pihak Ayutt and Associates, mengakalinya dengan cantilever system sehingga hampir setengah dari rumah berada di atas lantai dasar. Dengan metode ini, maka akan banyak ruang yang dibebaskan untuk taman. Rumah 'YAK01' dirancang dalam bentuk L untuk meningkatkan usable space dan ruang hijau pada rumah. Kemudian, untuk memaksimalkan ruang hijau, satu sisi dinding dari rumah 'YAK01' ini kemudian didesain berdekatan dengan batas plot tanah.

Model Rumah Minimalis 3

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 4

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 5

Foto: ©Piyawut Srisakul

Cahaya Sinar Matahari dan Ruang Terbuka

Untuk menerima pencahayaan alami, sebagian besar dinding kaca di tempatkan pada di bagian utara rumah. Kenapa utara? Sebab di Thailand, sinar matahari di arah Utara merupakan yang tidak begitu intens dibandingkan dari arah lain. Guna bisa melakukan kegiatan berkebun, maka YAK01 House memberikan 50% lahan sebagai ruang terbuka yang dapat terlihat dari setiap sudut. Guna menarik udara dingin ke dalam rumah, maka sang arsitek memposisikan kolam renang secara paralel dengan bangunan. Namun, yang jadi masalah adalah bagaimana cara menjaga bangunan dingin selama siang hari dan juga menyediakan ventilasi silang untuk setiap kamar. Hal ini disiasati dengan menjadikan kamar mandi, ruang servis, gudang, dan tangga sebagai zona buffer untuk menyerap panas sinar matahari.

Model Rumah Minimalis 6

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 7

Foto: ©Piyawut Srisakul

Jadikan YAK01 House Berkesan Trendi

Pada dinding kamar tidur utama dan kamar mandi master, Ayutt Mahasom, sang arsitek, menerapkan bilah vertikal dengan aluminium silver. Hal ini dimaksudkan untuk membuat YAK01 House jadi berkesan trendi. Selain itu, sang arsitek juga menjadikan rumah terlihat seperti sebuah kotak perak mengambang di selembar granit hitam. Tidak hanya menjadikan rumah berkesan trendi, bilah vertikal ini juga dirancang untuk isolasi penghalang udara guna mendinginkan ruang kamar tidur utama.

Model Rumah Minimalis 8

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 9

Foto: ©Piyawut Srisakul

Model Rumah Minimalis 10

Foto: ©Piyawut Srisakul

Tata Letak YAK01 House

Tata letak YAK01 House ini sendiri diterapkan dengan memodifikasi keinginan klien. Jadi, dari sini sang arsitek kemudian menyediakan ventilasi alami dan daerah lansekap luar. Lantai dasar diatur sedemikian rupa dengan menyesuaikannya pada konsep rumah tradisional Kingdom of Thailand, dimana halaman tengah difungsikan sebagai vestibule penghubung sebelum masuk ke ruang tamu utama. Kehadirkan tangga tertutup dalam sebuah kotak kaca yang mengapung menjadi fitur utama pada bagian pintu masuk. Ruang tamu utama sendiri ditempatkan di tengah sebagai paviliun mengambang sehingga keluarga bisa menikmati taman luar ruangan.

Model Rumah Minimalis 11

Model Rumah Minimalis 12

Sumber Foto: http://archdaily.com/


Artikel Menarik Lainnya

TSDS Maker Space, Bengkel TSDS dengan Fasad Natural yang Sejuk

Di belakang area kantor TSDS di The Icon, sebuah massa bangunan seluas 132m2 berdiri beriringan dengan semilir angin, tarian untaian tanaman jalar dan suara gemeresik lebah sibuk menyerbuki bunga-bunga.  Tony Sofian, pemimpin TSDS Interior Architects mendirikan maker space ini untuk mendukung aktivitas berkreasi dari para desainernya. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

105 House, Karat sebagai Tampilan Fasad

105 House adalah sebuah bangunan yang berada di permukiman padat Kota Bandung. Dengan keterbatasan lahan, biaya dan kondisi lingkungan yang padat, bangunan ini menjadi harapan bagi pemilik untuk tinggal dengan nyaman dengan konsep yang sederhana. Luas lahan 105 m2 menjadi tapak didirikannya bangunan seluas 146 m2. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 week ago

M Boutique Hostel, Hotel Kapsul dengan Sentuhan Vintage

Deskripsi oleh Garis Miring Studio M Boutique Hostel dibangun mulai tahun 2014 dengan merenovasi dan mengalihfungsikan bangunan yang ada. Proses renovasi banguan ini tanpa mengubah massa dan struktur bangunan yang ada. Renovasi meliputi fasad bangunan serta fungsi-fungsi ruangan yang ada di dalamnya. Perubahan fungsi dari tempat tinggal menjadi banguan dengan fungsi penginapan komersil. 

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago

Rumah 3500 Milimeter, Solusi Desain dengan Lahan Terbatas

Rumah 3500 milimeter adalah sebuah rumah tinggal dengan luas lahan 56 m2 dan lebar lahan 3500 millimeter (3,5 meter) yang berlokasi di tengah kota Jakarta Selatan. Rumah dengan luas bangunan 100 m2 ini dibangun sebagai sebuah pencarian jawaban atas cara bertempat tinggal di tengah kota dengan berbagai keterbatasan dan tantangannya seperti biaya, size, waktu, dan peraturan. Abimantra Pradhana, arsitek dan pemilik rumah mendesain khusus untuk keluarga kecilnya yang terdiri dari sepasang suami-istri dan satu anak laki-laki.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 3 weeks ago