Logo Bluprin Blog

YSI Membangun Rumah Pendidikan Ramah Disabilitas Bersama Architects??? Life

ARCHITECTURE - NEWS / 1 year ago / By Bluprin
ARCHITECTURE - NEWS / By Bluprin / 1 year ago

YSI Membangun Rumah Pendidikan Ramah Disabilitas Bersama Architects??? Life

Pada tanggal 14 Desember 2017, Yayasan Sayap Ibu (YSI) Cabang Provinsi Banten bersama Architects’ Life Ren+Riri mengadakan charity gathering untuk memaparkan program pembangunan rumah pendidikan anak penyandang disabilitas. Menurut Riset Kesehatan Dasar 2013, jumlah penduduk disabilitas usia di atas 15 tahun di Indonesia adalah sebanyak 11%. Dari jumlah tersebut serta belum adanya fasilitas yang dapat menampung mereka menjadi latar belakang YSI Cabang Banten untuk mendirikan rumah bagi mereka.

YSI Membangun Rumah Pendidikan Ramah Disabilitas Bersama Architects’ Life

Foto: Ibu Renowati Hardjosubroto selaku Ketua Umum Yayasan Sayap Ibu Cabang Provinsi Banten menjelaskan tentang latar belakang program ekspansi bangunan rumah pendidikan yang akan dikerjakan.

Saat ini, YSI Cabang Banten yang berlokasi di Tangerang Selatan dapat menampung 35 anak penyandang disabilitas majemuk. Namun, yang menjadi permasalahan adalah belum adanya standar keamanan dan kenyamanan serta ruang yang cukup untuk menampung jumlah penyandang disabilitas di daerah tersebut. Maka itu, YSI berencana untuk melakukan ekspansi pada lahan yang sama dan memperhatikan keamanan dan kenyamanan bagi anak-anak penyandang disabilitas tersebut.

Untuk memenuhi keamanan dan kenyamanan penyandang disabilitas majemuk yang belum memiliki standar, Ren Katili dan Riri Yakub secara sukarela merancang ekspansi yang menjadi program YSI. Ren dan Riri kemudian merujuk pada beberapa standar rumah sakit, standar aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, serta merancang beberapa detail desain yang dapat meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi mereka.

YSI Membangun Rumah Pendidikan Ramah Disabilitas Bersama Architects’ Life

Foto: Ren Katili menceritakan latar belakang tentang bagaimana mereka memutuskan untuk membantu merancang rumah pendidikan ramah anak penyandang disabilitas untuk YSI Cabang Banten.

Rumah pendidikan dirancang secara modular sehingga dapat dibangun dan terus dikembangkan sesuai dengan kesediaan dana dan lahan. Rumah ini juga dirancang untuk memenuhi kebutuhan tinggal anak-anak penyandang disabilitas sekaligus menjadi tempat pembinaan bagi mereka agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik.

YSI Membangun Rumah Pendidikan Ramah Disabilitas Bersama Architects’ Life

Foto: Riri Yakub menjelaskan konsep desain rumah pendidikan yang dirancang untuk mengutamakan keamanan dan kenyamanan anak-anak penyandang disabilitas majemuk.

Rancangan ini diharapkan dapat terus dikembangkan dengan adanya kolaborasi dari profesi yang bersinggungan dengan kondisi penyandang disabilitas majemuk seperti dokter, psikolog, dan lainnya. Pengembangan rancangan, bila selesai nantinya, juga diharapkan menjadi pilot dan percontohan untuk rumah-rumah yang menampung anak-anak penyandang disabilitas majemuk di daerah lain di Indonesia. Bahkan, bila memungkinkan dapat menjadi acuan atau kajian lanjutan untuk penyusunan standar keamanan dan kenyamanan bangunan bagi penyandang disabilitas majemuk.

#tanyabluprin tanpa biaya!

Artikel Menarik Lainnya

Pesan dari Waerebo: Kelahiran Kembali Arsitektur Nusantara

Bintaro, 18 Agustus 2018 – Yori Antar bersama PT Han Awal & Partners Architects serta Rumah Asuh meluuncurkan buku Pesan Pesan dari Waerebo: Kelahiran Kembali Arsitektur Nusantara di Kantor PT Han Awal & Partners Architects di kawasan Bintaro.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 2 weeks ago

Himpunan Desainer Interior Indonesia adakan Seminar Disruption dan Kongres XV HDII

Jakarta, 17 Desember 2018 – Acara Seminar yang bertemakan Disruption diselenggarakan oleh HDII (Himpunan Desain Interior Indonesia) di The Djakarta Theatre. Seminar ini dibuka untuk umum dan mengundang pembicara dari para pelaku industri kreatif Indonesia, di antaranya Selly Cahyani Putri – Associate Director of Media Business for Neilsen Indonesia, Jonathan Aditya dan Johanes Adika – Founder Ars, Narpati Adityasa – Strategic Planning Lead Hybrid:H (Hakuhodo), Desiyanti – Video Producer Lead Tokopedia. Pada esok harinya tanggal 18 Desember 2018 juga akan diadakan Kongres XV HDII untuk para anggota HDII.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 4 weeks ago

MINIATUR UNDIP 2018: Kembali Adakan Sayembara Nasional dan Forum Diskusi Arsitektur

Semarang, Minggu 25 November 2018 - Telah dilaksanakan penjurian tahap 2 Sayembara Nasional Miniatur Universitas Diponegoro 2018  bertemakan "More Than a Space". Diiringi dengan pameran 15 karya terbaik dan Forum Diskusi Arsitektur "Placemaking in Transient Space" bersama juri-juri sayembara sekaligus pembicara Baskoro Tedjo selaku prinsipal arsitek dari Hepta Desain dan Stephanie Larassati selaku prinsipal arsitek dari At-Lars.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago

Roca Menghadirkan Jumpthegap (talk) untuk Pertama Kalinya di Indonesia

Jakarta, November 2018 – ROCA, brand yang bergerak dalam desain dan produk untuk area kamar mandi, mengadakan jumpthegap®(talk) pada hari Selasa, 27 November 2018, di Hotel Fairmont bagi para arsitek dan desainer interior. Acara pertama bagi ROCA di Indonesia ini menghadirkan beberapa profesional terkemuka di industri arsitektur dan desain, antara lain Nuria Ayala, arsitek dan project manager di OAB Office of Architecture di Barcelona; Ary Indra, arsitek dari Aboday Studio; serta Agatha Carolina, arsitek dari Bitte Design Studio.

ARCHITECTURE | By Bluprin - 1 month ago