Pada tanggal 14 Desember 2017, Yayasan Sayap Ibu (YSI) Cabang Provinsi Banten bersama Architects’ Life Ren+Riri mengadakan charity gathering untuk memaparkan program pembangunan rumah pendidikan anak penyandang disabilitas. Menurut Riset Kesehatan Dasar 2013, jumlah penduduk disabilitas usia di atas 15 tahun di Indonesia adalah sebanyak 11%. Dari jumlah tersebut serta belum adanya fasilitas yang dapat menampung mereka menjadi latar belakang YSI Cabang Banten untuk mendirikan rumah bagi mereka.

YSI Membangun Rumah Pendidikan Ramah Disabilitas Bersama Architects’ Life

Foto: Ibu Renowati Hardjosubroto selaku Ketua Umum Yayasan Sayap Ibu Cabang Provinsi Banten menjelaskan tentang latar belakang program ekspansi bangunan rumah pendidikan yang akan dikerjakan.

Saat ini, YSI Cabang Banten yang berlokasi di Tangerang Selatan dapat menampung 35 anak penyandang disabilitas majemuk. Namun, yang menjadi permasalahan adalah belum adanya standar keamanan dan kenyamanan serta ruang yang cukup untuk menampung jumlah penyandang disabilitas di daerah tersebut. Maka itu, YSI berencana untuk melakukan ekspansi pada lahan yang sama dan memperhatikan keamanan dan kenyamanan bagi anak-anak penyandang disabilitas tersebut.

Untuk memenuhi keamanan dan kenyamanan penyandang disabilitas majemuk yang belum memiliki standar, Ren Katili dan Riri Yakub secara sukarela merancang ekspansi yang menjadi program YSI. Ren dan Riri kemudian merujuk pada beberapa standar rumah sakit, standar aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, serta merancang beberapa detail desain yang dapat meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi mereka.

YSI Membangun Rumah Pendidikan Ramah Disabilitas Bersama Architects’ Life

Foto: Ren Katili menceritakan latar belakang tentang bagaimana mereka memutuskan untuk membantu merancang rumah pendidikan ramah anak penyandang disabilitas untuk YSI Cabang Banten.

Rumah pendidikan dirancang secara modular sehingga dapat dibangun dan terus dikembangkan sesuai dengan kesediaan dana dan lahan. Rumah ini juga dirancang untuk memenuhi kebutuhan tinggal anak-anak penyandang disabilitas sekaligus menjadi tempat pembinaan bagi mereka agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik.

YSI Membangun Rumah Pendidikan Ramah Disabilitas Bersama Architects’ Life

Foto: Riri Yakub menjelaskan konsep desain rumah pendidikan yang dirancang untuk mengutamakan keamanan dan kenyamanan anak-anak penyandang disabilitas majemuk.

Rancangan ini diharapkan dapat terus dikembangkan dengan adanya kolaborasi dari profesi yang bersinggungan dengan kondisi penyandang disabilitas majemuk seperti dokter, psikolog, dan lainnya. Pengembangan rancangan, bila selesai nantinya, juga diharapkan menjadi pilot dan percontohan untuk rumah-rumah yang menampung anak-anak penyandang disabilitas majemuk di daerah lain di Indonesia. Bahkan, bila memungkinkan dapat menjadi acuan atau kajian lanjutan untuk penyusunan standar keamanan dan kenyamanan bangunan bagi penyandang disabilitas majemuk.

#tanyabluprin tanpa biaya!

You May Also Like

Architect’s Life Talk-Series 2018 ke 10 kota di Indonesia

Jakarta, 15 Maret 2018 – Setelah sukses dalam Architect’s Life Video Series, kini Architect’s Life kembali hadir dengan program baru, yakni Architect’s Life Talk Series. Jika dalam Video Series, para penonton hanya dapat melihat melalui layar kaca, maka dalam Talk Series, para penonton akan diajak untuk melihat dan berdiskusi secara langsung dengan duo arsitek, yaitu Ren Katili dari Studio ArsitektropiS dan Riri Yakub dari Atelier Riri.

15 March 2018 / NEWS / By Bluprin

Press Release - Kerjasama HOMEDEC & HDII Membuahkan Inovasi Terbaru di Industri Home Design & Interior

Jakarta, 06 Maret 2018 – Menapaki langkah ke-4 tahun-nya, HOMEDEC pionir pameran Home Show kini akan kembali diselenggarakan di bulan dan venue yang sama pada tanggal 6-9 September 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City - Tangerang. 

6 March 2018 / NEWS / By Bluprin

PRESS RELEASE - Public Expose 8.24 Universitas Tarumanagara 2018

JAKARTA, 12 Februari 2018 – Setelah beberapa periode berjalan dalam ranah internal, tahun ini mahasiswa arsitektur dengan Jurusan Arsitektur Universitas Tarumanagara membawa pameran PE (Public Expose) 8.24 dengan cara baru yaitu menghadirkannya ke ranah publik. Pameran PE yang diselinggarakan di Jakarta Creative Hub ini berjalan dalam tema “What Happens in Space: Architecture and Multi Programmes”. 

13 February 2018 / NEWS / By Bluprin

PRESS RELEASE - AFAIR (Architecture Afair) Universitas Indonesia 2018

DEPOK, 27 Januari 2018 - Setelah satu tahun hiatus, mahasiswa arsitektur dan arsitektur interior berkolaborasi dengan Departemen Arsitektur Universitas Indonesia kembali menyelenggarakan acara tahunan prestisius, AFAIR (Architecture Fair) UI 2018. AFAIR yang diselenggarakan ketujuh kalinya di Gedung UI Art Center ini mengusung tema “Architecture as Catalist”.

31 January 2018 / NEWS / By Bluprin