Logo Bluprin Blog

ZHUMA Senayan City - Einstein & Associates

INTERIOR - PROJECTS / 7 months ago / By Bluprin
INTERIOR - PROJECTS / By Bluprin / 7 months ago

ZHUMA Senayan City - Einstein & Associates


Nama Proyek
:Zhuma Senayan City
Biro Arsitek
:Einstein & Associates
Team Arsitek
:Leo Einstein Franciscus


Valentine Kurniawan


Irene Rustanto
Lokasi Proyek
:Senayan City, Jakarta
Luas
:200 m²
Fotografer
:Mario Wibowo


Deskripsi oleh Einstein & Associates


Ide dan konsep di balik Zhuma adalah restoran tradisional Jepang yang sangat kental dengan budaya dan filosofi Jepang. Restoran ini menggunakan lambang tradisional Jepang atau yang oleh orang Jepang disebut ‘Kamon’ sebagai salah satu elemen tradisional utama di seluruh restoran. Budaya unik yang hanya dapat ditemukan di Jepang ini digunakan untuk mewakili identitas unik dari sebuah keluarga dan dapat diterapkan pada pakaian, senjata, dan bahkan mebel.


Sebuah Taman Zen di Jepang dan konsep Yin&Yang adalah inspirasi untuk desain interiornya. Sang desainer ingin melukiskan kesan tradisional Jepang dengan desain interior sebagai ‘kuas’nya, memberikan orang-orang di dalamnya nuansa ketenangan dan kedamaian. Tiga elemen yang mendominasi dalam desain adalah (1) kayu berwarna gelap yang melambangkan sisi hangat, (2) batu keabu-abuan yang mewakili sisi dingin dari alam, menciptakan keseimbangan dan harmoni, serta (3) tanaman yang melambangkan kehidupan yang hidup di alam.


Zhuma dibagi menjadi tiga area, yaitu sushi bar, ruang makan utama, dan area makan outdoor. Pelanggan dapat memasuki restoran melalui dua pintu masuk, yaitu melalui sushi bar dan area makan outdoor. Simbol "Kamon" sudah dapat dilihat dari luar restoran, digunakan sebagai background menyala untuk sushi bar dan juga sebagai partisi yang memisahkan ruang makan utama dan area makan outdoor.

Kimono di belakang ruang makan utama menggambarkan musim semi yang menyebar ke area lainnya, seperti pohon sakura saat bunganya bermekaran dan kemudian kelopaknya mulai berguguran. Angin bertiup, menciptakan riak dan menyebarkan kelopak bunga ke area lain. Langit-langit kayu mewakili air beriak dan prints sakura di atas meja menggambarkan kelopak yang gugur, seperti pemandangan indah dari kolam yang tenang di tengah musim semi di Jepang dengan hembusan angin sejuk. Sushi bar digambarkan sebagai taman di sisi kolam, dengan batu besar di meja kasir dan bonsai di dekat ruang makan utama. Area makan outdoor melambangkan taman sakura dan kolam koi.

Sakura dari kimono merah menyebar ke arah luar, area yang lebih gelap dan tenang dari ruang makan utama bergeser ke area outdoor di mana suasana lebih cerah dan ceria, mewakili perubahan musim dari musim semi ke musim panas yang lebih hangat. Transisi dibuat sangat halus, menggunakan beberapa bukaan sehingga perubahannya tidak terlalu drastis. Ujung kelopak sakura dari kolam dan kebun berada pada ruang makan VIP di ujung area makan outdoor. Meja ini dihiasi dengan prints koi dan kelopak sakura, melambangkan kolam koi kecil.


Ketiga daerah tersebut melukiskan taman zen yang indah dengan kelopak sakura jatuh dan mengalir bebas mengikuti riak air. Sakura dan ikan koi digunakan untuk menonjolkan nilai budaya Jepang di mana sakura adalah simbol kebahagiaan, ketenangan dan ketentraman. Sementara ikan koi mewakili sisi gelap dan terang kehidupan, sama seperti Yin&Yang.

Lihat foto proyek selengkapnya:
https://www.bluprin.com/project/zhuma-senayan-city

Liha profil Einstein & Associates:
https://www.bluprin.com/einstein-associates


Artikel Menarik Lainnya

Rooms Inc, Hotel Instagramable Bergaya Industrial di Semarang

Dibuka pada tanggal 9 September 2017 lalu, Rooms Inc. adalah hotel gaya hidup bintang tiga yang terletak di atas DP Mall, Semarang. Hotel ini ditujukan untuk kaum milenial dan wisatawan bisnis muda. Bekerja sama dengan konsultan branding berbasis di Jakarta, kami mengembangkan konsep “smart urban” yang menawarkan suasana muda dan santai. Kami menerapkan konsep "Day and Night", dua variabel waktu dan ruang yang dekat dengan kehidupan wisatawan bisnis muda. Sebagai konsultan desain interior, kami mencoba menggabungkan kontinum dari dua waktu dan ruang yang berbeda dalam bentuk elemen interior dan tata letak dari hotel bisnis ini.

INTERIOR | By Bluprin - 1 month ago

Calibrate Coffee - Desain Cafe Bergaya Eklektik Kontemporer

Berlokasi di daerah Puri Kembangan, Jakarta Barat, proyek desain cafe bergaya eklektik kontemporer ini dirancang oleh Mile Atelier dengan luas area 140 meter persegi dan diberi nama Calibrate Coffee oleh sang pemilik.

INTERIOR | By Ratna Puspa Dewi - 1 year ago

Desain Apartemen Cerah & Hangat Bergaya Scandinavian Interior

Mengusung konsep simplicity, unit apartemen yang terletak di daerah Jakarta Pusat ini menganut gaya Scandinavian Interior yang dipadukan dengan elemen dan filosofi budaya Jepang. Tentunya konsep ini bukan semata-mata mengikuti tren, namun lebih kepada esensi dari karakteristik penghuni yang dituangkan ke dalam ruang kosong (bare space).

INTERIOR | By Bluprin - 1 year ago

Komunikasi Bagian Lama dan Baru: Renovasi Rumah El Cabanal

Rumah loft yang unik ini berlokasi di dekat Pantai Malvarrosa, Kota Valencia. Awalnya, rumah ini berada di lantai atas townhouse biasa yang dibatasi dinding bersama. Akses dari jalan harus melalui tangga yang sempit. Letaknya yang menjorok membutuhkan ruang-ruang penghubung yang mendapat pencahayaan dan sirkulasi udara dari sebuah taman kecil.

INTERIOR | By Bluprin - 1 year ago